Tes Jenis Kulit Wajah Sendiri di Rumah, Kenapa Tidak?

Konten [Tampil]

Tes Jenis Kulit Wajah Sendiri di Rumah, Kenapa Tidak?

Tes jenis kulit wajah bisa dilakukan sendiri di rumah, tentunnya dengan metode sederhana. Kenapa sih kita harus tau kulit kita termasuk ke dalam jenis apa? tes ini sebagai langkah awal menentukan langkah yang tepat dalam proses perawatan kulit.

Hal ini bertujuan agar perawatan yang dilakukan akan memberikan hasil yang maksimal. Nggak mau kan ya perawatan yang selama ini rutin dilakukan sia-sia? Nah, disinilah pentingnya mengetahui skin type yang dimiliki.

3 Tes Jenis Kulit Wajah dengan Metode yang Sederhana

Selain bertujuan untuk menentukan langkah perawatan seperti apa yang akan diambil, tes jenis kulit wajah juga bermaksud untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat produk yang diapaki tidak sesuai dengan jenis kulit wajah, seperti breakout. Nah, apa saja sih 3 tes sederhana tersebut?

1.     Memakai Kertas Minyak/ Blotting Paper

Blotting paper atau kertas minyak adalah salah satu alat yang biasa digunakan untuk menyerap minyak berlebih yang ada di wajah.kertas ini khusus untuk wajah, ya bukan kertas minyak pembungkus nasi yang biasa kita pakai, hehe.

Siapa sangka, benda yang juga bisa menjaga make up ini bisa loh digunakan untuk melakukan tes kulit wajah. Caranya pun cukup mudah, bagaimana caranya?

  • Cuci muka sebelum tidur, atau 3 jam sebelum penggunaan blotting paper.
  • Jangan memakai skincare apapun selama tidur atau selama 3 jam tersebut.
  • Siapkan 5 lembar blotting paper.
  • Setelah bangun atau setelah 3 jam, tempelkan blotting paper pada pipi kanan dan kiri, dagu, hidung dan dahi.
  • Diamkan beberapa menit dan lihat hasilnya.

Lalu,bagaimana sih kita bisa mengetahui jenis kulit kita? Ini dia patokannya.

  • Kulit normal, kertas hanya menyerap sedikit minyak di seluruh wajah.
  • Kulit kering atau sensitif, tidak ada minyak yang diserap oleh blotting paper.
  • Kulit kombinasi, blotting paper hanya menyerap minyak pada T-zone atau dahi, hidung dan dagu.
  • Kulit berminyak, kertas menyerap minyak di seluruh permukaan wajah.

2.     Memakai Tisu

Tisu sudah seperti barang wajib yang harus ada di rumah. Bahkan saat bepergian pun, tisu wajib ada di dalam tas. Kalau kalian tidak punya blooting paper, tisu pun bisa dijadikan alat tes sederhana ini.

Caranya kurang lebih sama dengan tes menggunakan blooting paper. Ini dia step by step nya!

  • Cuci wajah dengan sabun yang biasa kalian pakai dan air dengan suhu ruang.
  • Keringkan wajah dengan menggunakan handuk dan diamkan hingga 30 menit.
  • Jangan memekai skincare apapun selama waktu 30 menit tersebut.
  • Setelahnya, tempel dan tekan tisu di seluruh area wajah. Mulai dari pipi, dagu, hidung, dahi dan area bawah mata.

Bagaimana untuk mengetahui hasilnya?

  • Kulit berminyak, tisu akan menempel di seluruh permukaan wajah dan ditemukan minyak pada tisu yang dipakai.
  • Kulit kering, tisu akan langsung jatuh setelah ditempel karena tidak ditemukannya minyak pada kulit wajah.
  • Kulit kombinasi, tisu hanya menempel pada T-zone atau area yang berminyak saja.

3.     Memperhatikan Tekstur Kulit

Cara ketiga melakukan tes jenis kulit wajah di rumah adalah dengan memperhatikan tekstur kulit. Cara ini tidak membutuhkan alat apapun, cukup mata yang jeli saja, hehe.

Langkah awalnya sama seperti kedua es diatas. Cuci muka terlebih dahulu lalu keringkan. Selanjutnya, perhatikan kulit wajah sepanjang hari. Ingat ya, jangan pakai skincare apapun.

Kenapa sih harus libur skincare dulu pada saat tes? Hal ini dilakukan untuk melihat kulit kita yang ‘sebenarnya’. Siapa tau kulit kita kering dan memakai moisturizer maka kulit akan jadi lembab setelah pemakaian skincare tersebut. jadi kita tidak tau kondiis kulit kita yang sebenarnya saat tidakmemakai skincare.

Selanjutnya, perhatikan perubahan pada kulit wajah dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Kulit normal: Tidak kering, tidak berminyak, terasa lembut dan tidak ditemukan adanya gejala iritasi.
  • Kulit kombinasi: Berminyak di area dagu, dahi dan hidung. Namun, pada area pipi kering atau tidak ditemukan minyak sama sekali.
  • Kulit berminyak: Kulit akan terasa lengket dan basah, terlihat mengkilap dan berkilau, juga proi-pori yang terlihat besar dan jelas.
  • Kulit kering: Kulit terasa kencang, pori-pori terlihat jelas akibat kadar kelembaban yang rendah, kulit terasa kencang dan kasar jika disentuh.
  • Kulit sensitif: kulit terasa perih, gatal, kemerahan dan meradang.

Tips Menjaga Kulit Wajah

Kesehatan kulit dapat dijaga dengan melakukan beberapa hal. Salah satunya degan memakai skincare yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, ada beberapa lagi yang perlu dijaga agar kulit tetap sehat, terjaga dan terlihat glowing seperti orang Korea. Apa saja hal yang bisa dilakukan untuk menhaga kulit tetap glowing?

  • Memakai produk yang sesuai
  • Menerapkan pola hidup sehat
  • Minum air putih
  • Istirahat yang cukup
  • Hindari rokok dan alkohol
  • Kelola setres
  • Hindari paparan sinar matahari langsung

Kalian ada yang sudah menerapkan tes jenis kulit wajah dan gaya hidup diatas? Yuk, kita sama-sama menerapkan hidup sehat agar tetap cantik dan slay, wkwk. Sebagai refereni dalam memilih skincare, yuk baca juga tulisan tentang skincare Korea berdasarkan jenis-jenis kulit.

Sumber: halodoc.com

20 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Kukira kertas minyak itu kertas minyak yang buat masak, ternyata ada yg buat wajah ya😅

    BalasHapus
  2. Menggunakan kertas minyak jadi ingat masa saya kerja di rumah majikan. Ia yg mengajarkan saya bagaimana cara menggunakannya. Sekarang batu teringat lagi akan kertas minyak, setelah baca artikel ini

    BalasHapus
  3. Tingkat stress beneran sangat berpengaruh pada kulit kak, aku merasakan sendiri ketika pikiran lagi kalut, pasti kulit jadi kelihatan lebih kusem.

    BalasHapus
  4. wah aku baru tahu kalau tes jenis kulit wajah bisa dilakukan sendiri di rumah ya. biasanya cuma melototin cermin aja. nantinya gatel utik2 jerawat, jadi merah-merah deh, hahaha

    BalasHapus
  5. Saya awalnya berpikir kertas minyak yang warna warni itu yang kadang buat bikin hiasan bendera hehehe. ternyata yang khusus wajah.
    Dan memang lebih mudah pakai tissu, kerena pasti tersedia di rumah. Dan kalau saya kayaknya jenis kulitnya berminyak.

    BalasHapus
  6. Rupanya bisa ya tes kulit wajah menggunakan tisu. Jujur, saya baru tahu ini. Berarti tes jenis kulit wajah tidak harus menggunakan alat yang mahal.

    BalasHapus
  7. Perlu dicoba nih tes jenis kulit sendiri di rumah. Caranya sangat sederhana ya. Dan memastikan jenis kulit bisa menentukan jenis skincare yang akan dipakai.

    BalasHapus
  8. Daku pernah menempelkan tisu, dan hasilnya... Tsaaahhhh itu tisu terbang begitu saja, alias pertanda kering ya hehe. Mungkin normal to dry arahnya

    BalasHapus
  9. molly termasuk yg kulit kombinasi berarti. soalnya berminyak cuma di daerah T-zone mbak. wah baru tahu nih.

    BalasHapus
  10. Kulitku masih berminyak, tapi sudah mulai berkurang seiring usia. Dulu tuh kalau bangun tidur muka kayak abis diolesin minyak goreng. Hehehe....

    BalasHapus
  11. Sepertinya saya termasuk kulit kombinasi, karena kalau melihat ciri-cirinya berdasarkan tulisan ini suka ada berminyak pada daerah-daerah tertentu di wajah dan kering pada bagian-bagian lainnya

    BalasHapus
  12. Ohh aku beneran baru tahu lho caranya wkwkwk ternyata pake face paper gitu yaah, thanks kak insightnya, kadang soalnya aku kering terus kadang jg berminyaak hmm

    BalasHapus
  13. Aww.. Ternyata ada cara mudah buat tau jenis kulit wajah ya. Karena adanya tisu, coba test pake tisu, ah. Selama ini taunya kulit wajah berminyak, bakalan sama nggak ya? Xixixi..

    BalasHapus
  14. Wah iya kalau pake face paper minyak di wajah akoh memang bisa terserap sempurna sampe kertasnya kayak basah gitu.

    BalasHapus
  15. Cara paling gampang emang pake tisu ya kak. Praktis banget. Kita bs langsung tahu tuh hasilnya.

    Sekaligus kita bs tahu cara merawat kulit dgn baik. Tulisan yang sangat bermanfaat nih.

    BalasHapus
  16. Berarti sebenarnya tuh ya kalau mau periksa atau cek jenis kulit mah bisa saja kalau mau dilakukan sendiri di rumah. Cuma kadang kita lebih milih ke ahlinya sih ya.

    BalasHapus
  17. Wah wah, saya perlu nih mengetesnya. Meskipun kalau dilihat ciri-cirinya, jenis kulit saya kulit berminyak. Untuk ngetest dulu yang paling mudah, makai tisue. Cobain aah, gampang banget ini.

    BalasHapus
  18. Jadi kepikiran banget euuii.. selama ini kulitku jenisnya apa siih..
    Aku pikir awalnya kombinasi, karena berminyak di daerah T. Tapi kayanya kalau berdasarkan tes terakhir, memerhatikan tekstur kulit... aku fixed siih.. normal to dry.
    Soalnya aku paling demen gak pake skincare tus pegang pegang kulit wajah dan tau banget nih.. kondisi kulitku akhir akhir ini kalau dipegang aga kasar euuii.. di daerah pipi bagian bawah, deket area bibir, kening juga.

    Huhuhu.. cepet-cepet cari moisturizer yang cocok nih..

    BalasHapus
  19. Wah, tips yang bermanfaat banget, nih. Langsung praktek aja besok karena sepertinya aku mulai ragu entah kulitku jenis kombinasi atau berminyak. Soalnya kadang ya nggak ada minyaknya, padahal sudah melabeli bahwa kulitku tipe berminyak.

    BalasHapus

  20. Tipsnya keren kakak...Coba deh besok aku praktekin tuh. Karena aku juga galau antara kulitku kering atau normal.

    BalasHapus