Brand Skincare Korea di Indonesia Berdasarkan Jenis Kulit

Konten [Tampil]
Brand Skincare Korea di Indonesia Berdasarkan Jenis Kulit
Brand skincare Korea di Indonesia ada banyak sekali. Sadar atau tidak, Indonesia sudah seperti ‘pasar’ bagi mereka. Meski begitu, produk yang mereka tawarkan bukanlah produk kaleng-kaleng.

Dengan meledaknya brand asal negeri ginseng tersebut, banyak orang yang fomo atau ikut-ikutan pakai skincare viral atau sejenisnya.

Padahal, sebelum pemakaian skincare kita harus mengenal terlebih dahulu kulit kita termasuk jenis yang mana. Hal ini untuk memaksimalkan manfaat dari si produk perawatan tersebut. Juga agar tau mana produk yang cocok untuk kulit kita.

5 Jenis Kulit yang Harus Diketahui

Agar kita bisa dengan mudah menentukan brand skincare Korea di Indonesia yang akan kita gunakan, kita harus tau jenis kulit kita termasuk jenis yang gimana. Jadi, kulit manusia terbagi menjadi 5 jenis. Apa saja sih? Cekidot!

1. Kulit Normal

Tipe pertama adalah kulit normal, yang mana tipe ini adalah impian bagi semua orang, apalagi perempuan. Iya apa iya?

Kulit normal termasuk kulit yang hanya punya sedikit masalah. Tipe ini tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering.

Sebum minyak tersebar rata di seluruh permukaan kulit. Produksi nya pun tidak terlalu banyak sehingga kulit tidak terlihat mengkilap. Alhasil, kekenyalan dan kelembabannya pun terjaga.
Sebum adalah minyak alami tubuh yang memiliki fungsi untuk melindungi dan menjaga kelembutan kulit.
Kulit normal memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  • Kulit tidak terlihat kusam
  • Tidak mudah iritasi
  • Warna merata
  • Pori-pori tidak terlalu besar
  • Jarang mengalami masalah kulit, seperti jerawat dan komedo

2. Kulit Kering

Tipe yang kedua adalah kulit kering. Kondisi ini adalah kondisi dimana epidermis atau bagian teratas dari lapisan kulit tidak mendapatkan kelembaban yang cukup.

Penyebab dari kulit kering umumnya karena faktor luar. Seperti paparan kimia produk pembersih, udara yang terlalu kering dan memiliki kebiasaan mandi yang terlalu lama.

Orang yang mulai menua dan mengalami perubahan hormon biasanya rentan mengalami kondisi ini. Dry skin atau kulit kering jika tidak diatasi akan mengalami peradangan atau bahkan bisa berkembang menjadi eksim.
Brand Skincare Korea di Indonesia Berdasarkan Jenis Kulit
Kulit eksim
Source: freepik.com
Kulit kering memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  • Bercak kemerahan
  • Pori-pori kecil
  • Kulit kusam
  • Permukaan kulit kasar dan pecah-pecah
  • Mudah gatal dan iritasi

3. Kulit Berminyak

Jika kulit normal memiliki produksi sebum yang pas/tidak berlebihan, kulit berminyak adalah kebalikannya. Kulit ini memiliki produksi sebum yang berlebih, sehingga kulit tampak berminyak dan mengkilap.

Kulit berminyak dapat memicu berbagai masalah kulit. Seperti jerawat, komedo dan pori-pori besar. Pertambahan usia dan perubahan hormon bisa menjadi salah satu pemicu bertambah parahnya masalah ini.

Pemilik kulit jenis ini disarankan untuk menghindari sabun yang memiliki scrub, mencuci muka dua kali dan memilih produk berlabel non komedogenik. Ingat ya guys, non komedogenik.

Kulit berminyak memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  • Kulit terlihat mengkilap, lengket dan basah
  • Pori-pori tampak jelas dan besar
  • Banyak ditumbuhi komedo
  • Kelebihan minyak pada kulit kepala, menyebabkan rambut mudah lepek

4. Kulit Kombinasi

Tipe kulit selanjutnya adalah kulit kombinasi yang juga jenis kulit paling umum. Kulit kombinasi sendiri adalah gabungan dari beberapa jenis kulit.

Memiliki kulit kombinasi sama halnya dengan memiliki dua jenis kulit, yakni kulit berminyak dan kulit kering. Kulit berminyak biasanya pada T-zone atau pipi sedangkan daerah lain memiliki kulit yang kering, normal atau sensitif.

Karena kulit kombinasi juga sama dengan memiliki dua jenis kulit, maka perawatan yang dibutuhkan pun berbeda.

Apa saja sih ciri dari kulit kombinasi?
  • Kulit berminyak di T-zone (dahi, hidung, dagu) atau pipi
  • Kulit kering di daerah pipi, area mata dan mulut
  • Kadangkala memiliki pori-pori besar atau bahkan tidak terlihat sama sekali
  • Kulit tampak berminyak dan memiliki komedo, namin tidak separah oily skin

5. Kulit Sensitif

Terakhir adalah kulit sensitif. Kulit jenis ini bisa saja termasuk ke dalam salah satu dari keempat jenis kulit diatas, hanya saja mereka lebih mudah iritasi, pecah-pecah, gatal-gatal atau terbakar matahari (sunburn).

Merawat kulit sensitif membutuhkan perhatian ekstra daripada skin type lainnya. Karenanya, kalian harus selektif dalam memilih produk perawatan kulit maupun kosmetik.

Berikut ini adalah ciri-ciri kulit sensitif.
  • Mudah kering dan mengelupas
  • Memiliki ruam kemerahan
  • Mudah bereaksi terhadap berbagai produk
  • Lebih berisiko sunburn/terbakar matahari
  • Mudah tumbuh jerawat
  • Mudah gatal dan perih

Rekomendasi Brand Skincare Korea di Indonesia Berdasarkan Jenis Kulit

Brand Skincare Korea di Indonesia Berdasarkan Jenis Kulit
Gimana sudah bisa membedakan belum jenis-jenis kulit yang dimiliki oleh manusia? Sekarang saatnya memilih produk yang cocok. Berikut ini adalah rekomendasi brand skincare Korea di Indonesia untuk berbagai skin type.

Kulit Normal

Kulit normal tidak membutuhkan perawatan yang ‘ribet’ seperti kulit lainnya. Sebenarnya basic skincare saja sudah cukup.

Atau jika kalian ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa mengikuti step skincare ala Korea. Hasilnya, selain terawat kulit juga akan terlihat lebih glowing.

Beberapa skincare yang recommended untuk kulit normal adalah sebagai berikut.

1. Etude House Soon Jung Sheet Mask

Masker dari Etude House ini memiliki kandungan yang dapat melembabkan dan menenangkan kulit. Selain itu, masker ini mampu memperbaiki kondisi kulit, kulit pun akan selalu tampak sehat dan seimbang.

2. Neogen Real Cica Micellar Cleansing Oil

Membersihkan kulit adalah langkah penting dalam proses perawatan kulit. Bagian kalian pemilik kulit normal bisa memakai produk dari Neogen. Cleansing oil ini mengandung konsentrasi madecassoside dan centella asiatica yang berfungsi sebagai penenang dan pelembab.

3. Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel

Produk dengan kemasan warna hijau ini memiliki kandungan aloe vera dan ekstrak calendula flower. Bermanfaat untuk melembabkan, menenangkan dan menyegarkan kulit.

Kulit Kering

Dry skin atau kulit kering membutuhkan skincare dengan bahan yang melembabkan. Seperti glycerin atau hyaluronic acid.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi brand skincare Korea di Indonesia untuk kulit kering.

1. Laneige Water Bank Sleeping Mask

Skincare dengan kemasan warna biru ini memiliki kandungan yang pas untuk dry skin. Manfaat dari produk ini adalah melembabkan dan mencerahkan. Produk yang sudah dilengkapi dengan spatula ini bebas paraben dan mengandung antioksidan.

2. Benton Aloe BHA Skin Toner

Rekomendasi skincare selanjutnya untuk dry skin adalah produk dari Benton. Dengan formulasi khusus kulit kering, kalian akan mendapatkan berbagai manfaat.

Seperti mencegah iritasi, mengurangi rasa gatal, pori-pori lebih halus dan menyehatkan lapisan kulit. Produk ini dipakai untuk eksfoliasi pun aman.

3. COSRX Hydrium Moisture Power Enriched Cream

Pelembab adalah skincare wajib bagi pemilik kulit kering. Salah satu rekomendasinya adalah produk dari COSRX ini. Dengan formulasi yang tepat, produk ini mampu memberikan kelembaban yang optimal untuk kulit.

Kulit Berminyak

Ada yang pernah dengar retinol? Kandungan ini ternyata dirancang untuk kulit berminyak. Selain retinol, oily skin bisa dirawat dengan niacinamide, hyaluronic acid dan salicylic acid

Inilah beberapa rekomendasi Korean skincare untuk kulit berminyak. 

1. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Rekomendasi untuk kulit berminyak yang pertama adalah produk dari brand COSRX. Manfaat yang ditawarkan cukup menggiurkan. 

Diantaranya adalah mampu membersihkan minyak, kotoran dan sel kulit mati. Selain itu, kandungan tea tree oil nya dapat mengontrol minyak berlebih tapi tidak sampai menyebabkan kulit kering. 

2. Nacific Fresh Herb Origin Serum

Selanjutnya adalah Nacific. Salah satu produknya yakni Nacific Fresh Herb Origin Serum mampu mengembalikan ukuran pori-pori dan mengencangkan kulit. 

Manfaat lainnya adalah mampu memperkuat skin barrier, sebagai antiinflamasi, kulit lebih segar serta mampu mengontrol minyak berlebih. 

3. Innisfree Green Tea Fresh Cream

Skincare yang mengandung ekstrak daun teh hijau ini memiliki manfaat yaitu dapat mengembalikan kelembaban kulit, memberi lapisan instan dan membentuk lapisan agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Kulit Kombinasi

Pemilik kulit ini sama saja dengan merawat dua jenis kulit. Perawatannya pun harus ekstra. Bahan-bahan yang dianjurkan ada dalam skincare untuk jenis kulit ini adalah AHA, BHA, hyaluronic acid, ekstrak green tea, dll. 

Beberapa rekomendasi skincare Korea untuk kulit kombinasi adalah sebagai berikut. 

1. COSRX One Step Original Clear Pads

Produk dari COSRX ini adalah toner eksfoliasi yang memiliki bentuk unik. Isi dari produk ini berupa kapas yang telah dibasahi dengan toner, kalian hanya perlu mengambil satu lembar dan usapkan pada area yang butuh eksfoliasi. Praktis, bukan? 

Benefit nya adalah bakteri dan kotoran penyebab jerawat akan ditangkal. Selain itu, produk ini juga mampu mengontrol minyak dan dapat berperan sebagai eksfoliator alami yang memiliki kandungan BHA. 

2. Instree Hyaluronic Acid Toner Plus

Toner dari Instree ini adalah toner yang diciptakan untuk kulit normal dan berminyak. So, kulit kombinasi pun akan cocok dengan produk ini. 

Manfaat yang bisa didapatkan dari skincare ini adalah mengatasi kulit kering akut, memaksimalkan kelembaban kulit dan membantu penyerapan produk perawatan lainnya. 

3. So Natural Centel Tea Tree Face Oil

Meski produk ini memiliki nama “Face Oil”, tapi juga bisa dipakai as a moisturizer untuk berbagai jenis kulit. Selain itu, dengan memakai produk ini sebelum memakai sunscreen adalah make up akan menempel lebih baik.

5. Kulit Sensitif

Tidak sembarang produk bisa diaplikasikan pada kulit sensitif. Beberapa bahan sangat direkomendasikan untuk kulit ini. Seperti bunga sakura, green tea, aloe vera, niacinamide dan vitamin C.

Beberapa rekomendasi skincare untuk kulit sensitif adalah.

1. Nature Republic Good Skin Ampoule

Ampoule dari Nature Republic atau yang biasa disingkat Natrep ini memiliki manfaat untuk meredakan iritasi dan kulit kemerahan. Produk ini juga mengandung botanical extract yang mampu menjaga kelembaban juga mencerahkan kulit.

2. Dear Klairs Rich Moist Foaming Cleanser

Pembersih dadi Dear Klairs ini dirancang untuk kulit sensitif. Selain membersihkan, produk ini juga dapat menenangkan kulit. Pembersihannya pun sampai ke dalam pori-pori, jadi kalian tidak perlu khawatir.

3. Dear Klairs Midnight Blue Calming Sheet Mask

Masker ini sangat cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Manfaat dari masker ini adalah menenangkan dan menghilangkan stres pada kulit.

Akhirnya, sampailah kita di penghujung artikel ini. Gimana, sudah bisa menentukan mau pakai brand skincare Korea di Indonesia yang mana? Baca juga tulisan tentang skincare Korea untuk kulit kering dan kusam di artikel selanjutnya.
 
Sumber: hellosehat.com

16 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Setuju sekali.. sebelum memilih skincare kita harus mengerti betul tipe kulit kita ya..agar tepat dlm penggunaan skincare nya.. Terima kasih sharing info nya ya.. Untuk kulitku yg kering jadi tahu nih skincare korea apa yg tepat

    BalasHapus
  2. Kulit ku berminyak, jerawat sebesar batu dan sembuh nya lama. Sekarang sudah ga jerawatan lagi cuma pori pori besar.

    BalasHapus
  3. kulitku berminyak cenderung kering. nah itu perawatannya gimana mbak? apakah ada skincare korea yang bisa digunakan?

    BalasHapus
  4. IMO mostly K-skincare itu sensitive skin friendly sih kak. Hampir semua K-brand yang saya pakek aman di kulit sensi saya

    BalasHapus
  5. Note kak
    Dari brand yang disebutkan aku baru pernah make yang nature republik shooting aloe vera nya
    Enak banget di kulit

    BalasHapus
  6. Tipe kulit saya cenderung berminyak, jarang banget jerawatan tapi pori-pori besar. Mungkin k-skincare itu bisa jadi solusi ya untuk menyamarkan pori-pori yang besar. Makasih sharingnya, Kak

    BalasHapus
  7. Sungguh penting sekali untuk mengenal kondisi dan jenis kulit tubuh sendiri, jadi bila hendak membeli skincare bisa mengikuti rekomendasi yang sesuai untuk jenis kulit tubuh, dan bila cocok tentu akan memberi manfaat bagi kesehatan kulit

    BalasHapus
  8. kalau aku jenis kulitnya kombinasi, kadang merasa kulitnya normal, kadang kering, kadang berminyak dan kusam, paling susah kalau cari sunscreen, seringnya malah bikin kusam

    BalasHapus
  9. Artikelnya lengkap kak, informatiff.. Sepertinya tipe kulitku berminyak soalnya pori-porinya besar dan mudah aja timbul komedo, dan kalau jerawat pun agak susah hilangnya..

    BalasHapus
  10. Keknya daku ke arah kering. Walau ndak yang kering banget. Memang harus paham sih ya jenis kulitnya, biar tepat pakai skincare-nya

    BalasHapus
  11. Alhamdulllah saya masuk ke kulit normal, cenderung ga terlalu banyak perawatan. Untuk skincare cukup selektif, karna memang ga coba-coba merk. Cocoknya sama yang ringan-ringan. Makasih ulasannya Kak.

    BalasHapus
  12. Wahh jadi tahu skincare Korea apa saja yang cocok untuk kulit, kalo kulit saya sih normal cenderung berminyak.
    Yup, mulai stalking produk-produk skincare yang direkomendasikan Mbak Filza, semoga ada yang cocok.
    Makasih infonya, mbak.

    BalasHapus
  13. Nah, kalau udah jelas tentang jenis kulitnya jadi tahu nih perawatannya makai produk yg mana. Rupanya saya memiliki jenis kulit berminyak. Memang kelihatan "kinclong" banget kalau udah keringetan atau panas dikit.

    BalasHapus
  14. Mengetahui jenis kulit ini penting banget yaah..
    Aku sendiri jenis kulitnya kombinasi siih.. Tapi beberapa produk yang disebutkan, aku juga pakai, hihihi.. ketara banget kalo beli berdasarkan merk.

    Akhir-akhir ini aku penasaran banget, pingin cobain Beauty of Joseon.
    Namanya tuh.. se-classy ituuh.. gitu yaa..

    BalasHapus
  15. sepertinya untuk kulit wajah aku termasuk kulit kombinasi nih, penting lo tahu jenis kulit agar tidak salah pilih skincare, karena kan cocok-cocokan, apalagi kalau jenis kultnya beda, duh jadi tambah rusak nantinya ya

    BalasHapus
  16. produk skincare korea emang terkenal bagus ya, cuma tetap berhati-hati dengan kandungan kehalalnya, percaya dengan produk yang sudah tersertifikasi halal MUI agar terhindar dari zat yang diharamkan

    BalasHapus