Korean Stuff

Selami Tempat Wisata di Busan & Cicipi Kulinernya

Konten [Tampil]
Tempat wisata di Busan


Siapa yang tidak mengenal kota Busan. Kota ini menjadi judul sebuah film terkenal Korea Selatan yakni Train to Busan. Film favorit siapa ini? Namun, salah satu kota yang berada di Korsel ini tidak hanya terkenal berkat film bergenre thriller ini saja. Kekayaan alam dan budayanya menjadikan kota ini terkenal. Oleh sebab itu, tempat wisata di Busan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke negeri ginseng.

Tidak hanya memiliki deretan wisata yang menarik, kota tempat kelahiran Winter aespa ini juga terkenal dengan kulinernya, loh! Apa saja wisata yang ada di sana dan kuliner apa saja yang wajib dicicipi saat bertandang ke kota dengan kekayaan lautnya ini?

Tempat Wisata di Busan Apa Saja Sih?

Sebelum kita berbicara mengenai kuliner yang dimiliki oleh kota tempat diadakannya BIFF (Busan International Film Festival) ini, terlebih dahulu kita berbicara mengenai tempat wisata di Busan. Penasaran? Cuss, langsung aja!

1. Busan Haeundae X The Sky

Haeundae X The Sky
Cr. Pinterest

Wisata pertama ada Busan Haeundae X The Sky. Dari namanya saja sudah kebayang ya destinasi apa ini? Tempat ini diperuntukkan bagi kalian yang ingin melihat keindahan kota Busan dari ketinggian.

Busan Haeundae X The Sky terletak di gedung tertinggi di Busan sekaligus tertinggi kedua di Korea Selatan yaitu Haeundae LCT The Sharp Landmark Tower. Tepatnya berada di lantai ke 98, 99 dan 100 dari 101 lantai yang dimiliki gedung ini. Wow, nggak kebayang tingginya.

Waktu yang paling pas untuk mengunjungi tempat ini adalah sore menjelang malam. Dengan begitu, kalian bisa menikmati keindahan senja dan keindahan kota di malam hari dari ketinggian. Tidak hanya itu, wisata yang menantang adrenalin ini juga dilengkapi dengan restauran dan kedai kopi.

2. Lotte World Adventure Busan

Lotte world adventure busan
Cr. Pinterest

Korea Selatan punya Lotte World Seoul sebagai wahana indoor terbesar di dunia. Namun kini, mereka juga punya wahana outdoor yang memiliki tema magic forest yakni Lotte World Adventure Busan. Taman bermain yang baru dibuka pada April 2022 ini terletak di Osiria Tourism Complex.

Wahana petualangan ini memiliki luas empat kali lebih besar dari Lotte World yang ada di Seoul. Wah, daebak! Taman bermain ini memiliki enam tema zona permainan dengan tujuh belas wahana. Dua diantaranya merupakan permainan ekstrim yang sangat ditunggu yaitu Giant Digger (semacam roller coaster) dan Giant Swing (semacam kapal bajak laut). Oh iya, jangan lewatkan juga setiap hari pukul 14.00 akan diadakan parade klasik di taman hiburan ini.

3. Cabinet de Poisson

Cabinet de Poisson
Cr. Ananti.kr

Ingin punya foto yang instagramable saat berkunjung ke Busan? Tempat wisata di Busan yang menyediakan spot foto instagramable tersebut adalah Cabinet de Poisson. Wisata ini menawarkan sebuah galeri yang dipenuhi dengan media digital dan berbagai lampu warna-warni.

Ada beberapa pertunjukan media art yang bisa kalian nikmati saat berkunjung ke sini. Diantaranya adalah light river, time elevator, alive nature, timeless cocoon, paradise hill dan message room. Tidak hanya menawarkan berbagai pertunjukan saja, tempat ini pun menawarkan cafe and bakery juga grocery zone yang menghadap ke laut. Bayangkan kalian menikmati secangkir kopi dan roti bakar dengan pemandangan laut yang sangat indah.

4. Busan Air Cruise Cable Car

Busan air cruise Cable car
Cr. Pinterest

Menikmati pemandangan laut dari atas adalah hal yang sangat menakjubkan. Kalian bisa menikmatinya dengan menaiki Busan Air Cruise Cable Car yang berada di Songdo Sky Park.

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan, disarankan memilih kabin kristal yaitu kereta dengan lantai kaca. Kalian akan melihat pemandangan laut secara langsung dari atas kereta gantung. Wih, seru banget!

5. Busan Diamond Tower

Busan Diamond Tower
Cr. Pinterest

Tidak hanya memiliki Haeundae X The Sky yang menjadi observatorium tertinggi, Busan juga memiliki observatorium yang tidak kalah menarik loh. Adalah Busan Diamond Tower yang memiliki tinggi 120 meter dan terletak di Taman Yongdusan.

Kalian bisa pergi ke sana di malam hari untuk mendapatkan pemandangan malam yang indah. Selain itu, tempat ini juga memiliki kafe, galeri seni dan toko suvenir. Mereka juga memiliki fasilitas photobhooth loh.

6. Poo Poo Land Busan

Poo Poo Land
Cr. Klook.com

Wisata edukasi akhir-akhir ini ramai di kalangan wisatawan. Umumnya, wisata edukasi menghadirkan pengetahuan tentang zaman purba, kehidupan angkasa, seni dan sastra. Nah, di Busan terdapat tempat wisata edukasi yang menyajikan pengetahuan mengenai sistem pencernaan. Namanya adalah Poo Poo Land.

Destinasi satu ini terletak di Jungang-daero, Busanjin-gu, Busan. Tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa banget loh berkunjung ke tempat ini. Mengingat pencernaan sangatlah penting dijaga kesehatannya.

Di sini, kalian akan mempelajari tentang sistem pencernaan dengan permainan yang interaktif dan stimulatif. Terdengar menyenangkan, bukan? Selain itu, di perjalanan dari lantai 4 menuju lantai 2 disimulasikan sebagai proses keluarnya limbah hasil pencernaan. Kunjungi playpoop.com kalo penasaran, ya!

Selain beberapa tempat diatas, masih ada destinasi wisata di Busan lainnya yang bisa kalian kunjungi. Kalian bisa melihatnya disini.

Kuliner Apa Saja yang Wajib Dicicipi Saat di Busan?

Membahas tempat wisata di Busan, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas kulinernya. Apalagi jika sudah belajar tentang sistem pencernaan di Poo Poo Land. Pasti sudah tau dong apa yang terjadi jika perut tidak diisi? Apa saja sih kuliner yang wajib banget dicicipi saat berkunjung ke kota yang terkenal dengan pantainya ini?

Makanan khas busan

1. Milmyeon

Jika biasanya kita menyantap mie saat masih panas, di Busan ada nih mie dingin. Yup, kalian nggak salah baca. Mie dingin atau yang biasa disebut milmyeon disajikan pada saat musim panas.

Salah satu mie khas Korea ini terbuat dari ubi jalar dan memiliki tekstur yang kenyal serta bentuk yang tipis. Kuah dari mie ini terbuat dari kaldu daging dingin dan memiliki rasa herbal yang khas. Paduan ini memiliki cita rasa yang unik namun tetap menggugah selera penikmatnya.

Fyi guys, mie ini sudah ada sejak zaman peperangan. Dimana mie dingin ini dibawa oleh pengungsi dari Korea Utara seperti Pyongyang dan Hamheung. Makan mie tak lengkap jika tak ada minum. Minuman segar yang biasa disajikan dengan mie ini adalah es serut. Perpaduan dari mie dingin dan es serut akan menyegarkan tubuh kalian dari ganasnya musim panas.

2. Ssiat Hotteok

Ada yang tau jajanan favorit dari Lee Seung Gi? Sini, biar aku kasih tau ya. Jajanan favoritnya Lee Seung Gi adalah ssiat hotteok yang terbuat dari adonan tepung panggang dan diisi dengan kacang-kacangan atau biji-bijian.

Jika milmyeon disajikan pada saat musim panas, jajanan satu ini biasa disajikan pada musim semi hingga musim dingin. Makanan ini dipercaya dapat melawan suhu musim dingin. Tentunya, makanan ini juga menyehatkan loh.

3. Gomjangeo

Busan dikenal sebagai daerah pantai. Tidak heran jika kota ini memiliki banyak makanan yang terbuat dari seafood. Salah satu yang harus kalian cicipi saat mengunjungi tempat wisata di Busan adalah gomjangeo.

Gomjangeo merupakan belut laut yang dilumuri bumbu khas Korea kemudian dipanggang dengan bermacam-macam sayuran. Sehat bukan? Makanan ini biasanya disajikan di atas api briket dan ditemani dengan soju.

4. Hoe (Ikan Mentah)

Jika Jepang memiliki sajian ikan mentah yakni sashimi, Korea Selatan juga punya dengan nama Hoe. Sashimi dan hoe sama-sama terbuat dari ikan mentah yang kemudian diiris tipis-tipis. Hoe disajikan dengan saus cabai merah dan juga cuka.

Akhirnya, kita sampai di penghujung tulisan ini. Jika kalian berkunjung tempat wisata di Busan, wisata apa yang akan kalian kunjungi? Kuliner apa yang akan kalian cicipi?

Sumber: klook.com, m.kumparan.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.