koreanstuff.my.id

Mau Jalan-jalan ke Busan? Ini Daftar Wisata yang Wajib Dikunjungi

Posting Komentar
Konten [Tampil]

 

Mau Jalan-jalan ke Busan? Ini Daftar Wisata yang Wajib Dikunjungi

Busan menjadi salah satu kota tujuan saat berlibur ke Korea Selatan. Bagi pecinta pantai, jalan-jalan ke Busan menjadi pilihan yang tepat saat berkunjung ke Korea Selatan. Karena kota ini adalah kota yang terkenal dengan keindahan pantainya. 

Setiap kota memiliki ciri khas masing-masing, Busan pun demikian. Terkenal dengan garis pantai nya, Busan juga terkenal dengan seafood nya yang sayang untuk tidak dicicipi. Masih banyak lagi fakta unik kota Busan yang harus kalian tau. Apa saja? Check it out!

Fakta Unik Kota Busan

Mau Jalan-jalan ke Busan? Ini Daftar Wisata yang Wajib Dikunjungi

Tidak hanya terkenal dengan deretan wisatanya yang menarik, Busan yang merupakan tempat kelahiran salah satu idol SM Entertainment yakni Winter ini memiliki beberapa fakta unik, lho. Sebelum jalan-jalan ke Busan, intip dulu yuk apa saja sih fakta unik dari kota metropolitan ini?

1.     Kota dengan Pelabuhan Tersibuk dan Terbesar

Fakta unik pertama dari kota Busan adalah sebagai kota dengan pelabuhan terbesar di Korea Selatan. Bahkan pelabuhan di kota ini termasuk pelabuhan tersibuk di dunia! Pelabuhan Busan atau Port of Busan ini termasuk pelabuhan tertua di Korea Selatan yang dibangun pada tahun 1407.

Dolansir dari liputan6.com, hingga saat ini, pelabuhan tersebut mampu menghubungkan 500 pelabuhan dari 100 negara. Volume kargo di Port of BUsan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Tidak heran jika pelabuhan ini juga menjadi salah satu penghubung berbagai negara di kawasan Asia dan Eropa.

2.     Tuan Rumah Piala Dunia FIFA 2002

Ada yang tahu kota di Asia yang pertama kali menjadi tuan rumah piala dunia FIFA? Yup, Busan adalah kota di Asia yang menjadi tuan rumah piala dunia FIFA untuk pertama kali, tepatnya pada tahun 2002.

Turnamen olahraga sepak bola bergengsi ini berlangsung pada 31 Mei hingga 30 Juni 2002. Tidak hanya permnah menjadi tuan rumah FIFA, kota terluas kedua di Korea Selatan ini pernah menjadi tuan rumah pertandingan golf perempuan internasional, lho.

3.     Termasuk Kota Kreatif Versi UNESCO

Busan memperoleh julukan sebagai kota kreatif dari UNESCO. Bukan tanpa alasan, selain menjadi salah satu pusat ekonomi Korea Selatan, kota yang terkenal dengan seafood segarnya ini juga sering menjadi tempat pagelaran film, sejarah dan kebudayaan.

Festival film pertama di Korea Selatan yakni BIFF diselenggarakan di Busan setiap tahunnya. Selain festival film, kota ini juga sering mengadakan festival lain. Seperti Festival Laut Busan di Haeundae, Festival Pelabuhan Busan, Festival Musik KPop Global, Festival Kembang Api Busan, dan Festival Rock Internasional Busan. 

4.     ‘Ibukota’ Musim Panas

Busan dikenal sebagai ‘ibukota’ musim panas di Korea Selatan. Kenapa? Saat musim ini tiba, banyak masyarakat Korsel yang menyempatkan diri untuk jalan-jalan ke Busan. Banyak objek wisata musim panas di kota ini.

Yang terbesar adalah Haeundae Beach yang terletak di Distrik Haeundae. Selain Haeundae Beach, ada berbagai pilihan pantai lainnya. Seperti Pantai Gwangalli, Pantai Dadaepo, Pantai Songdo, dan masih banyak lagi. Bahkan ada Haedong Yeongugsa yang merupakan kuil Buddha yang terletak di pinggir pantai.

5.     Menjadi Ibukota Sementara

Sudah menjadi rahasia umum jika Korea Selatan dan Korea Utara pernah perang saudara. Dan Busan pernah menjadi ibukota sementara dari Korea Selatan selama perang tersebut berlangsung.

Pada Perang Korea di tahun 1950 hingga tahun 1953, kota ini menjadi tempat pengungsian. Setelah perang berhenti, pemerintah Sokor menata kembali kota ini.

6.     Langganan Angin Topan

Fakta terakhir ini bukanlah fakta unik, namun fakta menyedihkan. Dibalik gemerlapnya kota Busan, kota ini sering dilanda bencana alam angin topan. Hal ini dikarenakan kota ini terletak di ujung semenanjung dan berbatasan langsung dengan laut.

Angin topan terparah yag pernah melanda Busan adalah Topan Maemi yang terjadi pada 12 September 2003. Kecepatan angin topan tersebut sekitar 100 mil per jam (mph). Akibatnya, kota ini mengalami kerusakan parah. Korea Selatan mengalai kerugian besar akibat bencana ini. Kegoatan perdagangan pun dihentikan sementara waktu.

Deretan Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Jalan-jalan ke Busan

Busan adalah kota pelabuhan terbesar di Korea Selatan. Salah satu pantai terkenal di Busan adalah Haeundae Beach. Selain pantai, kota industri ini juga memiliki beragam wisata yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi saat jalan-jalan ke Busan

Mau Jalan-jalan ke Busan? Ini Daftar Wisata yang Wajib Dikunjungi

1.     Pulau Dongbaek

Pulau Dongbaek adalah sebuah pulau yang ada di Busan yang terletak di ujung pantai Haeundae. Pulau ini tidak boleh dilewatkan jika kalian berkunjung ke kota metropolitan ini. Di sini, kalian akan menemukan pemandangan menakjubkan dari kumpulan pohon pinus dan camelia yang tumbuh di pulau ini.

2.     Pusat Sinema Busan

Seperti yang sudah disebutkan diatas jika Busan sering menjadi tempat pagelaran seni, salah satunya adalah film. Tidak heran jika kota ini memiliki pusat sinema yang menampilkan “Atap Besar” yang sangat ikonik. Pusat sinema ini beroperasi saat matahari mulai terbenam. Setiap bulan Oktober, tempat ini menjadi rumah bagi BIFF atau Busan International Film Festival.

3.     BIFF Square

Jika Pusat Sinema Busan menjadi tempat diselenggarakannya BIFF, lain halnya dengan BIFF Square. Di sini, kalian akan merasakan kentalnya perfilman di Busan. BIFF Square terletak di Nampo-gil, Jung-gu, Busan. Kalian akan menemukan bioskop, pusat perbelanjaan dan pusat rekreasi disini.

4.     Taejongdae

Taejongdae merupakan sebuah taman yang menghadap langsung ke laut terbuka. Taman ini terletak di ujung selatan Pulau Yeongdo-gu. Ada berbagai spot menarik yang tentunya instagramable. Bisa melengkapi kenangan kalian saat jalan-jalan ke Busan, nih. Perpaduan pemandangan yang bisa kalian nikmati adalah tebing, mercusuar dan kapal laut. Tempat ini sering dijadikan tempat syuting, lho.

5.     Gwangan Bridge

Busan tidak hanya punya pelabuhan terbesar, kota yang dulunya dikenal sebagai “Pusan” ini juga memiliki jembatan gantung terbesar di Korea Selatan yang dikenal dengan nama Gwangan Bridge atau Gwangandaegyo.

Jembatan ini menghubungkan Haeundae-gu dan Suyeong-gu. Gwangan Bridge memiiki panjang 7.420 meter. Ada banyak pemandangan yang bisa dinikmati dari jembatan ini, seperti Pulau Oryukdo, Gunung Hwangnyeongsan dan Pantai Gwangalli.

6.     Gukje Market

Pasar Gukje adalah pasar tradisional penuh dengan sejarah yang juga dikenal sebagai Pasar Internasional Nampodong. Pasar ini terletak di Shinchang-dong, Distrik Jung, Busan. Pasar ini terhubung dengan Pasar Kkangtong, Pasar Bupyeong dan pasar kecil lainnya. Disini, kalian akan menemukan berbagai makanan khas korea dan tentunya souvenir yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh.

7.     Gwangalli Beach

Gwangalli Beach adalah salah satu pantai di Busan yang wajib untuk dikunjungi. Salah satu pemandangan yang ditawarkan oleh pantai ini adalah Gwangan Bridge. Warna-warni lampu jembatan di malam hari akan menambah keindahannya. Pantai ini populer dikalangan anak muda. Ada berbagai pertunjukan jalanan yang disuguhkan disini. Pantai ini juga pernah menjadi tempat Chen EXO mengadakan street show, lho.

Itulah dia, beberapa fakta unik dan beberapa rekomendasi tempat yang harus dikunjuni saat kalian jalan-jalan di Busan. Kalau diberi kesempatan untuk pergi ke kota tersebut, kalian akan mengunjungi wisata yang mana nih?

Sumber: bobo.grid.id, visitkorea.or.id, wisatamuda.com

Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

Posting Komentar