Exfoliator untuk Kulit Kering: Manfaat & Rekomendasi Produk

Konten [Tampil]
Exfoliator untuk Kulit Kering: Manfaat & Rekomendasi Produk

Eksfoliasi adalah perawatan yang dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati juga kotoran yang ada pada kulit. Ada beberapa produk exfoliator untuk kulit kering yang bisa jadi pilihan untuk kalian nih. 

Emang kulit kering boleh eksfoliasi? Boleh dong. Metode ini bisa dilakukan oleh berbagai jenis kulit, termasuk juga kulit kering. 

Manfaat Eksfoliasi untuk Kulit Kering

Manfaat utama dari eksfoliasi adalah mengangkat sel kulit mati. Meskipun sudah melakukan double cleansing setiap hari, metode tersebut nyatanya tidak selalu efektif untuk mengangkat sel kulit mati. Masih ada saja kotoran atau sel kulit mati yang tertinggal.

Jika dibiarkan menumpuk, maka akan menyebabkan kulit jadi kusam dan kehilangan cahaya alaminya. Apalagi kulit kusam ini juga biasanya turut menyertai kulit kering. Gawat dong kalau nggak segera diatasi. 

Selain dapat mengembalikan cahaya kulit, eksfoliasi juga dapat memperbaiki struktur kulit, yang mana biasanya kulit kering memiliki tekstur yang kasar. Dengan melakukan metode ini, kulit akan kembali lembut. 

Penumpukan sel kulit mati juga akan menyebabkan terhalangnya proses peresapan skincare lainnya. Dengan eksfoliasi, skincare lain seperti serum dan moisturizer akan meresap dengan sempurna. 

Tips Eksfoliasi untuk Kulit Kering

Eksfoliasi memiliki dua jenis yakni chemical exfoliator dan physical exfoliator. Chemical exfoliator adalah eksfoliasi yang memakai bahan kimia dalam penggunaannya. Sedangkan physical exfoliator adalah proses eksfoliasi dengan cara menggosok permukaan wajah dan memakai produk yang memakai scrub dan microbeads

Untuk kulit kering dan sensitif, jenis yang paling banyak digunakan adalah chemical exfoliator. Physical exfoliator tidak disarankan untuk kulit ini karena akan berpotensi menyebabkan kulit lebih kering dan iritasi. 

Sedangkan untuk jangka waktunya, kulit kering disarankan melakukan metode ini satu minggu sekali. Karena jika melakukan eksfoliasi setiap hari, akan berpotensi mengalami over-exfoliating. 

Akibat dari over-exfoliating, kulit akan kekurangan kolagen alami yang mengakibatkan berkurangnya tingkat elastisitas kulit dan kelembabannya.

Rekomendasi Exfoliator untuk Kulit Kering dari Korea

Manfaat dari eksfoliasi ini nggak bisa diremehkan ya ternyata. Eksfoliasi juga termasuk ke dalam step skincare ala Korea loh. Jadi yang mau glowing seperti orang Korea jangan skip langkah ini, ya. 

So, apa saja rekomendasi brand exfoliator untuk kulit kering yang berasal dari Korea Selatan? 

1. Neogen Dermalogy Bio Peel Gauze Peeling Lemon

Jika biasanya eksfoliasi harus menyediakan kapas sebagai alat eksfoliasi, kalian yang akan memakai produk dari Neogen ini nggak perlu lagi repot-repot beli kapas. 

Karena produk ini berbentuk kapas yang memiliki sifat hypoallergenic. Kapas ini memiliki dua sisi, yakni sisi kasar dan lembut. Untuk pemakaian pakai sisi kasar terlebih dahulu, kemudian sisi lembutnya. 

Produk ini memiliki kandungan vitamin C dan AHA. Vitamin C dalam produk ini berfungsi untuk mencerahkan kulit kusam dan juga sebagai antioksidan. Sedangkan AHA akan membantu dalam proses pengelupasan kulit mati. 

2. Laneige Clear C-Peeling Mask

Rekomendasi kedua adalah Laneige. “Ah, mahal!” Memang produk dari Laneige ini lumayan bikin dompet syedih ya, tapi worth it lah dengan kualitas yang ditawarkan. 

Laneige Clear C-Peeling Mask ini mengandung malic acid, mannan serta biji stroberi. Malic acid sendiri berfungsi untuk melepaskan sel kulit mati. 

Sedangkan mannan dan biji stroberi memberikan efek eksfoliasi yang lembut pada kulit. Mengingat dry skin nih agak sensi ya, nggak boleh diperlakukan dengan kasar, huhu. 

Eksfoliator dari Laneige ini dikemas dengan bentuk wash off peeling mask. Sayangnya, produk ini merupakan perpaduan antara chemical exfoliator dan physical exfoliator

Bagi kalian yang ingin memakai produk ini, harus hati-hati ya. Mengingat jenis exfoliating toner yang lebih direkomendasikan untuk kulit kering adalah chemical exfoliator

3. COSRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner

COSRX adalah brand terkenal asal Korea Selatan. Salah satu produk exfoliator nya adalah COSRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner. 

Produk ini mengandung apple fruit water dan willow bark. Selain itu, seperti namanya produk ini juga mengandung AHA BHA. 

Manfaat dari produk ini adalah terangkatnya sel kulit mati dan pori-pori akan bersih hingga bagian terdalam. Manfaat ini didapat dari kandungan AHA BHA didalamnya. 

Selain mengeksfoliasi, produk ini juga mampir mengembalikan kelembaban kulit. Cocok banget ‘kan untuk kulit kering? 

4. The Ordinary Lactic Acid 5% + HA

Kalau mau cari produk eksfoliasi yang harganya lumayan miring, mungkin produk dari The Ordinary ini adalah jawaban yang kalian tunggu. 

Produk ini recommended untuk kulit kering dan mudah berjerawat. Seperti namanya, produk ini mengandung 5% lactic acid yang berfungsi sebagai mild exfoliator

Selain itu, produk ini juga mengandung 2% hyaluronic acid yang sudah terkenal dengan manfaatnya dalam menjaga kelembaban kulit. 

5. Avoskin Miraculous Refining Serum

Rekomendasi terakhir adalah produk dari brand Avoskin. Produk ini mengandung 10% AHA, 3% BHA juga niacinamide yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. 

Selain itu, produk dengan kemasan berwarna merah gelap ini mengandung hyaluronic acid, ceramide, carrot dan aloe vera. Fungsinya adalah untuk melembabkan kulit. Jadi, selain mengeksfoliasi, produk ini juga mampu melembabkan kulit. 

Manfaatnya nggak kaleng-kaleng ya eksfoliasi ini. Ada yang punya rekomendasi exfoliator untuk kulit kering dari brand lain? Yuk komen! Untuk melengkapi perawatan untuk dry skin, aku akan membahas hydrating water untuk kulit kering di artikel selanjutnya. 

Sumber: beautynesia.id, fimela.com, id.my-best.com, trinnylondon.com

16 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Ternyata pengamgkatan kulit mati bisa untuk kulit kusam ya. Apakah harus dengan pengawasan dokter kulit? Atau langsung aja pakai produk skincare ala korea ini mbak?

    BalasHapus
  2. Kulit kering memang membutuhkan perhatian ekstra, termasuk dalam hal eksfoliasi. Eksfoliasi yang tepat dapat membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan membuatnya tampak lebih halus. Perlu dipilih yang paling tepat sih supaya bikin kulit bagus

    BalasHapus
  3. Biasanya kulit kering juga suka sensitif ya, jadi harus pilih produk yang tepat untuk perawatan wajah. Jangan sampai tambah kering malahan..

    BalasHapus
  4. Meski kulit kering ternyata perlu juga ya eksfoliasi, biar gak kusam, cuma perlu membatasi waktunya

    BalasHapus
  5. Oh, ternyata kulit kering tetap perlu eksfoliasi ya. Kirain nggak usah lagi biar nggak semakin kering. Produknya aja yang mesti tepat dengan jenis kulit, berarti.

    BalasHapus
  6. Aku dulu pernah pake exfoliator tapii terus keringg :(( akhirnya berhenti deh, apa karena brandnya ya kak? padahal penting sih itu yaa

    BalasHapus
  7. Oalah, aku kira eksfoliasi ini memang khusus buat kulit kering, ternyata bisa untuk semua jenis kulit ya.

    BalasHapus
  8. Agak susah sih mencari produk eksfoliasi. Apalagi buat kulit kering yang kadang sensitif. Kalau nggak dieksfo malah jadi kusam.

    BalasHapus
  9. Saya pengguna avoskin nih untuk eksfoliasi. Walaupun bahan aktifnya lumayan tinggi, tidak membuat kering di wajah.

    BalasHapus
  10. Kulit muka saya termasuk jenis yang cenderung kering. Dulu sempat takut pakai exfoliator karena takut lebih kering dan iritasi. Tapi ternyata bisa juga pakai exfoliator asalkan pakai yang chemical exfoliator, yaa...

    BalasHapus
  11. Kalau ada kulit mati di wajah kita khususnya, harus segera yaa diangkat, biar gak kusam wajahnya.

    Untuk eksfoliasi, bisa menggunakan produk yang sesuai dg kulit kita.

    BalasHapus
  12. Saya belum pernah nyobain pakai merk2 di atas kak, boleh juga nih ntar untuk belanja skincare bulan depan dimasukkan ke rencana belanja. Saat ini masih pakai peeling cream dari brand lokal Viva, kak. Murah meriah, tapi enaaak banget di wajah, terutama untuk kulit kering karena kandungan pelembabnya lumayan melimpah.

    BalasHapus
  13. dompetnya jadi nangis ya liat laneige ya kak wkwkwk tapi kalo aku pribadi jarang banget pake produk exfoliator, bisa nih jadi rekomendasi biar kulit tetep glowing hehe

    BalasHapus
  14. Banyak juga nih produk Korea yang direkomendasikan
    Semua pasti bagus hasilnya di wajah kita kalau cocok
    Hanya yg jadi masalah saya harganya nih. Kudu perlu budget khusus dulu atau ngumpulin uangnya dulu baru beli yang cocok

    BalasHapus
  15. Selain scrubbing, aku belum pernah peeling menggunakan metode menggunakan serum atau exfo toner. Penasaran sama si Avoskin sii.. Karena untuk beberapa produk seperti eye creamnya, banyak yang puas. Gimana dengan Miraculous Refining Serum? Patut dibuktikan ini hasilnyaa...

    BalasHapus
  16. Belum pernah menggunakan brand exfoliator untuk perawatan kulitku. Cuma pakai skincare dasar aja.. hehe... kadang aku masih takut-takut ya pakai jenis-jenis perawatan gitu, soalnya lagi menyusui. Setiap kali hamil 3 anak ku, aku stop pakai produk perawatan dari klinik kecantikan. Langsung auto buluk, bertahan sampai masa menyusui berakhir.. Pakai Exfoliator ini aman gak sih buat busui mbak? aku jadi penasaran nyoba..hehe

    BalasHapus