3 Moisturizer untuk Kulit Kering Asal Korea, Recommended!

Konten [Tampil]

3 Moisturizer untuk Kulit Kering Asal Korea, Recommended!

Memakai moisturizer untuk kulit kering adalah hal wajib. Pelembab atau moisturizer ibarat minuman bagi kulit. Kebayang ‘kan gimana hausnya saat kita kurang minum atau saat menjalani ibadah puasa?

Produk pelembab juga termasuk ke dalam 3 basic skincare yang harus dipenuhi. Tapi sayang, ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh pemilik kulit kering dalam hal pemakaian pelembab. Apa saja kesalahan tersebut? Ikuti artikel ini sampai selesai, ya!

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Moisturizer

Yang namanya manusia itu tidak luput dari salah dan dosa, eh. Begitu pula saat memakai moisturizer untuk kulit kering, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan.

1.  Memilih Moisturizer yang Tidak Sesuai Jenis Kulit

Dilansir dari beautyhaul.com, pelembab atau moisturizer dibagi menjadi 3 jenis. Yakni emollient, humektan dan occlusive. Jenis moisturizer yang cocok untuk kulit kering adalah emollient dan occlusive. Sedangkan humektan cocok untuk kulit berminyak, kombinasi dan berjerawat.

Emollient sendiri berbasis minyak atau oil based yang mana minyak memang dibutuhkan oleh kulit kering. Sedangkan jenis occlusive biasanya memiliki bentuk seperti balm yang tebal, grasy dan lengket. Karenanya, pelembab occlusive digunakan di area tertentu yang sangat kering, seperti bibir, siku dan lutut.

Untuk kulit kering, pilih pelembab yang tidak memiliki tekstur cair. Untuk mengetahuinya, caranya adalah dengan mengoleskan sedikit di telapak tangan lalu balik telapak tangan tersebut. Jika menetes, pelembab tersebut tidak cukup kental untuk kulit yang kering.

2.  Tidak Membersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Step skincare pertama yang wajib dan harus dilakukan adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Jika wajah tidak dibersihkan, kotoran dan sisa make up masih menempel dan akan menghalangi skincare yang akan kita aplikasikan terhalang.

Percuma dong ya cape-cape pakai skincare tapi nggak bisa diserap kulit. Nah, tidak memberihkan wajah terlebih dahulu adalah kesalahan yang umum dilakukan. Biasanya, kita merasa kulit sudah bersih padahal tidak. Yang namanya kotoran apalagi jika sudah masuk ke pori-pori tidak akan terlihat oleh mata telanjang.

3.  Waktu Pemakaian Kurang Tepat

Kesalahan selanjutnya adalah salah dalam pemilihan waktu penggunaan moisturizer. Biasanya, pelembab hanya diaplikasikan pada saat kulit dalam kondisi yang kering saja. Padahal, meskipun kulit sudah lembab, moisturizer harus tetap dipakai.

Saat moisturizer untuk kulit kering diaplikasikan saat kulit dalam kondisi yang lembab, akan memberikan manfaat yang optimal. Urutan penggunaannya pun harus tepat. Pelembab diaplikasikan sesudah serum atau toner. Jangan keliru, ya!

4.  Tidak Konsisten

Kesalahan terakhir adalah tidak konsisten. Kalau kalian memperhatikan artis Korea, rata-rata mereka memiliki wajah yang shining, shimmering, splendid. Itu adalah hasil dari konsistensi mereka dalam menggunakan skincare.

Nggak harus kayak orang Korea, deh. Yang penting kulit terlihat bersih dan cerah aja sebenarnya sudah cukup kok. Asalkan konsisten!

Dilansir dari beautynesia.id, waktu yang benar untuk memakai moisturizer adalah saat pagi, siang dan malam hari. Hal ini bertujuan untuk memberikan kelembab maksimal pada kulit. Kulit akan terhindar dari tekstur kasar dan bersisik.

Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Kering dari Brand Korea

Korea sudah dikenal luas memiliki produk kecantikan yang terokus pada peningkatan kelembaban kulit. Moisturizer untuk kulit kering pun nggak ketinggalan, dong. Ini dia beberapa rekomendasi moisturizer dari Korea yang ampuh dalam mengatasi dry skin dan tentunya sudah BPOM.

1.  COSRX Oil Free Ultra Moisturizing Lotion

Rekomendasi pertama adalah moisturizer dari COSRX yakni COSRX Oil Free Ultra Moisturizing Lotion. Produk ini emngandung netula platyphylla japonica juice sebanyak 70% dan juga bahan pelembab khusus yang berfungsi untuk menjaga air tidak menguap dari permukaan kulit.

Produk dari COSRX ini berkerja dengan cara memberi kelembaban sekaligus menjaganya. Pelembab ini memiliki tekstur yang ringan dan juga oil free, sehingga cocok juga untuk digunakan semua jenis kulit.

COSRX terkenal dengan harganya yang lumayan mahal. Untuk mendapatkan COSRX Oil Free Ultra Moisturizing Lotion ini, kalian harus merogoh kocek sebesar 300 ribu rupiah. 

Menurut salah seorang teman yang juga memakai produk dari COSRX, meskipun harganya mahal tapi worth it karena produknya memiliki isi yang cukup banyak jadi awet berbulan-bulan.

2.  SKIN1004 Madagascar Centella Shoothing Cream

Rekomendasi yang kedua adalah SKIN1004 Madagascar Centella Shoothing Cream. Moisturizer dengan kemasan warna abu-abu ini memiliki empat jenis botanical ceramides dan juga bahan pH6. Dengan kedua bahan tersebut, produk ini mampu memberikan hidrasi pada kulit dan menutrisi lapisan pengencang pada kulit.

Kalian yang memiliki kulit kering disertai kulit sensitif, pelembab ini diklaim tidak memiliki kandungan 26 bahan penyebab alergi dan juga 20 bahan yang harus dihindari menurut MFDS (Ministry of Food and Drug Safety) atau yang bisa disebut sebagai BPOM nya Korea Selatan.

Untuk mendapatkan SKIN1004 Madagascar Centella Shoothing Cream, agaknya dompet harus ditebalkan sedikit. Karena harga per botol nya dibanderol dengan harga 400 ribu sampai 500 ribu.

3.  Nature Republic Soothing Gel 92% Aloe Vera

Produk terakhir yang recommended adalah Nature Republic Soothing Gel 92% Aloe Vera. Sesuai dengan nama produknya, moisturizer ini terbuat dari 92% aloe vera. Sehingga aman dan tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit.

Beberapa tahun yang lalu, produk ini cukup meledak di pasaran. Siapa nih yang udah pernah coba? Produk ini memiliki manfaat untuk melembabkan kulit. Selain wajah, produk ini juga dapat diaplikasikan pada rambut dan bagian tubuh yang lain.

Produk yang memiliki efek menyejukkan ini dibanderol dengan harga sekitar 50 sampai 80 ribu rupiah. Cukup murah 'kan dibanding dua produk diatas? Isinya pun cukup banyak yaitu 300 ml.

Itu dia rekomendasi moisturizer untuk kulit kering yang bisa kalian pilih. Sebagai pelengkap dari serangkaian skincare yang telah dibahas, aku akan membahas tentang sunscreen untuk kulit kering di artikel selanjutnya.

Sumber: beautyhaul.com, beautynesia.id

21 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Nature Republik ternyata masih banyak yang suka ya, saking viralnya dulu aku sempat jualan dan alhamdulillah banyak yang suka juga...

    BalasHapus
  2. karena ibaratnya minuman, maka moisturizer ini memang sangat penting bagi kulit ya, Mbak. termasuk kulit Kering. Hanya agar hasilnya maksimal, perlu diperhatikan beberapa hal. Mulai dari memilih moisturizer yang tepat untuk jenis kulit, sampai dengan rutin pemakaian di waktu yang tepat.

    BalasHapus
  3. Penasaran sama kemasan atau bentuk dari COSRX Oil Free Ultra Moisturizing Lotion dan SKIN1004 Madagascar Centella Shoothing Cream. Kalau yang Nature Republic Shooting Gel pernah lihat dan nyobain punya temen.

    BalasHapus
  4. ini rekomendasi untuk kulit kering ya? kalau di musim kemarau di indonesia gini, mending tetap pakai yang untuk kulit berminyak atau kulit kering ya? soalnya kulit suka terasa kering banget

    BalasHapus
  5. Juara sih produk Nature Republic Soothing Gel 92% Aloe Vera.
    Aku jadi paham sekarang kalau meskipun kulit sudah terasa lembap, tapi penggunaan moisturizer ini tetap penting. Karena biasanya layering abis serum tuh kan butuh waktu lagi buat meresap, itutu kadang berasa "Uda cukup lembap" jadi kayak mengabaikan penggunaan moisturizer, udahannya.

    BalasHapus
  6. Saya sempat pakai nature republik juga dulu pas lagi rame-ramenya. Sampai khawatir dapat yang palsu.

    BalasHapus
  7. Nah ini kudu paham dulu kulitnya yang seperti apa, biar pas pemakaian moisturizer bisa mendapatkan hasil kelembaban yang tepat

    BalasHapus
  8. Tidak konsisten nih aku banget dah. Apalagi malam hari. Kadang udah keburu ngantuk jadi malas buat pake moisturizer. Tapi kadang pagi ke siang tuh juga aku ada malasnya.

    BalasHapus
  9. Jenis kulit yang kering memang wajib hukumnya untuk menggunakan moisturizer. Agar hasilnya maksimal tentang saja muka harus dalam keadaan bersih dan penggunaannya pun harus teratur.

    BalasHapus
  10. Moisturizer adalah jalan ninja untuk menjaga kulit tetap lembab
    Apalagi bagi yang memiliki jenis kulit kering

    BalasHapus
  11. Konsistensi adalah kunci. Kalau mau kulit lembap, harus konsisten menggunakan moisturizer. Jangan angin-anginan, ya. Udah gitu wajib banget pilih produk yang sesuai/cocok di kulit kita.

    BalasHapus
  12. Wah pas banget aku juga lagi rutin pakai moisturizer mbaa. Terasa banget emang enak kalau habis pakai moisturizer itu wajah jadi lembut. Dulu aku skincare pakai Nature Republic Soothing Gel 92% Aloe Vera. Lidah buaya bikin kulit seger.

    BalasHapus
  13. Nah iyaa ....nggak harus kayak orang Korea. Yang penting kulit terlihat bersih dan cerah aja sebenarnya sudah cukup, ya. Tetep kuncinya harus konsisten.

    BalasHapus
  14. Wah asli keren sih, aku sendiri selalu takjub sama produk Korea ini, light dan ringan tapi efeknya itu lhoo bikin flawless mesti

    BalasHapus
  15. Tertohok nih rasanya, aku ga konsisten menggunakan skincare nih, pantas saja hasilnya ga optimal

    BalasHapus
  16. Sepakat! Jangan harap dapet wajah yg shining, shimmering, splendid, kek artis Korea, kalo nggak konsisten skin care-an. Kak, kulit wajahku berminyak nih, mau dong rekomendasi produk Koreanya, hehe..

    BalasHapus
  17. ternyata gak bisa sembarang juga pilih skincare terlebih moist untuk kulit kering. saya gak merhatiin kadang, lebih ke kandungannya aja. bagus ya, SKIN1004 Madagascar Centella Shoothing Cream bisa untuk kering sekaligus sensitif

    BalasHapus
  18. Andalanku sih Natrep. Bs utk muka. Bs jg utk tubuh. Lgsg bs menyerap dan ga bikin kulit keset/lembab bgt. Baunya jg wangi. Ga mencolok meski dipake cowok.Dan yg penting, harganya murah meriah dan isinya berlimpah. Hehe.

    BalasHapus
  19. Memang deh, kalau pakai skincare saja nggak konsisten, akan makin banyak momen perjuangan supaya bisa memiliki kulit yang lembab sehat terawat seperti para bintang di korea sana. Hmm ... ketiga brand di atas banyak nih yang pakai. Paling sering kutemui itu yang keluaran corsx sama natrep nih.

    BalasHapus
  20. Ternyata tidak konsisten dan salah urutan pemakaian bisa percuma ya pakai skincare.

    BalasHapus
  21. Aku suka banget sama brand korea, soalnya produknya mantul banget di kulitku. Walau brand lokal juga gak kalah bagusnya yaa, cuma terkadang harganya mahal tapi dapat sedikit, beda sama brand korea yang bisa dapat ukuran gentong.

    BalasHapus