Wujudkan Livable City Bersama Sinarmas Land

Konten [Tampil]
Wujudkan Livable City Bersama Sinarmas Land

Indonesia sudah menjadi negara yang merdeka. Namun, masih banyak permasalahan yang harus segera ditangani. Contohnya adalah polusi di Jakarta menjadi permasalahan yang sedang ramai dibicarakan. Bagaimana tidak, saat ini kota yang merupakan ibukota dari negara kita tercinta ini memiliki kualitas udara yang dapat dikatakan sudah tidak sehat lagi. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Kalau sudah seperti ini, apakah Jakarta masih bisa dianggap sebagai kawasan livable city? Lalu, apa hubungannya dengan Sinarmas Land? 

Apa Itu Konsep Livable City yang Dikembangkan Oleh Sinarmas Land?

Tinggal di lingkungan yang nyaman adalah impian banyak orang. Pada kasus Kota Jakarta tersebut, dengan udara yang jauh dari kata bersih akan menghambat aktivitas sehari-hari. Setiap akan pergi sekolah maupun bekerja selalu dilanda rasa khawatir akan dampak dari polusi tersebut. Hal ini tentunya bertentangan dengan konsep livable city atau kota layak huni yang digunakan oleh Sinarmas Land dalam membangun proyek-proyeknya. 

Menurut Hahlweg dan Haryanto, kota layak huni adalah kota yang dapat menampung seluruh kegiatan masyarakat kota dan aman bagi seluruh masyarakat. Konsep kota layak huni ini adalah jalan untuk mewujudkan gagasan pembangunan sebagai peningkatan kualitas hidup, yang dalam hal ini membutuhkan fisik maupun habitat sosial dalam realisasinya.

Konsep pembangunan kota layak huni yang dikembangkan oleh Sinarmas Land mengacu pada empat pilar, yaitu

  1.  Live, sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat.
  2.  Learn, sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat.
  3.  Work, sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja.
  4.  Play, sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat.

Bagaimana Konsep Pembangunan Livable City di Indonesia?

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak daerah dan di tiap-tiap daerah tersebut memiliki berbagai permasalahannya sendiri. Berbagai permasalahan tersebut membuatnya menjadi kota yang bisa dikatakan belum layak huni, atau mungkin 'kurang' layak huni. Ada yang mengeluhkan polusi, kemacetan, kebutuhan air yang belum tercukupi, akses pendidikan cukup jauh dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai permasalahan tersebut, apakah Indonesia bisa mewujudkan mimpi menjadi negara dengan konsep livable city? Tentu bisa! Asalkan kita bisa saling bahu membahu dalam mewujudkannya.

Pemerintah Indonesia memasukkan konsep livable city dalam kriteria kota masa depan, yang mana beberapa kriteria tersebut adalah,

  1. Kota layak huni yang aman dan nyaman.
  2. Kota hijau yang berketahanan iklim dan bencana.
  3. Kota cerdas berdaya saing dan berbasis teknologi.
  4. Identitas perkotaan Indonesia berbasis karakter fisik, keunggulan ekonomi dan budaya lokal.
  5. Keterkaitan dan manfaat antar kota dan desa-kota dalam sistem perkotaan nasional berbasis kewilayahan.

Indonesia telah memiliki beberapa kota yang memperoleh Top Tier City atau kota dengan index livability diatas rata-rata berdasarkan Most Livable City Index 2022 oleh IAP (Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia). Diantara kota-kota tersebut adalah Solo, Yogyakarta, Cirebon, Magelang, Semarang, Kediri, Mataram, Jakarta dan Pangkal Pinang.

Dari beberapa kota tersebut dapat dilihat jika mereka telah hampir sampai pada kriteria kota layak huni dan memberikan kenyamanan pada warganya. Di Solo misalnya, 5 indeks tertinggi kota ini dicapai pada kemudahan fasilitas kesehatan, fasilitas peribadatan, ketahanan pangan, kemudahan mendapatkan energi (bahan bakar) dan jaringan telekomunikasi.

Fasilitas-fasilitas yang menjadi empat pilar livable city pun memperoleh indeks yang tinggi. Seperti perumahan, fasilitas pendidikan, fasilitas taman kota, fasilitas olahraga, fasilitas rekreasi dan fasilitas ekonomi.

Peran Sinar Mas Land dalam Membantu Mewujudkan Livable City di Indonesia

Mewujudkan cita-cita untuk menjadi negara dengan kriteria kota layak huni bukan hanya pemerintah saja yang mengupayakan tanpa dibantu oleh pihak-pihak lain. Salah satu pihak yang membantu dalam mewujudkannya adalah Sinarmas Land.

Sinarmas Land merupakan salah satu perusahaan di bidang real estate terbesar di Indonesia. Perusahaan ini telah berhasil membangun berbagai macam proyek, mulai dari kota mandiri, kawasan komersial dan industri, perumahan, hotel hingga destinasi wisata.

Sebagai pengembang properti terbesar di Indonesia, hingga saat ini Sinarmas Land telah berhasil mengumpulkan berbagai macam penghargaan, yaitu,

  1. 290 Best Property Awards
  2. 30 APAC Property Awards
  3. 30 Best Developer Awards
  4. 219 Best Developer Project Awards
  5. 30 Best CSR Awards
  6. 30 Best Marketing Awards

Terbaru, perusahaan ini memperoleh penghargaan dalam ajang ASEAN Energy Awards (AEA) 2023 Kategori ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1987 ini berhasil meraih penghargaan tersebut melalui salah satu proyek yang dimilikinya yakni QBig BSD City.


Wujudkan Livable City Bersama Sinarmas Land
Sumber: sinarmasland.com

Kalian tentu sudah tidak asing dengan BSD City ‘kan? BSD City atau Bumi Serpong Damai merupakan salah satu kota terencana yang ada di Indonesia dan terletak di Serpong, Tangerang Selatan, Banten. BSD City adalah salah satu proyek yang dimiliki oleh Sinarmas Land.

Dalam membangun kawasan ini, pengembang tetap berpegang teguh pada konsep livable city atau kota layak huni. Kawasan BSD City adalah kota mandiri yang memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari perkantoran, kawasan industri, pendidikan, wisata, perdagangan, perumahan, hingga fasilitas kesehatan.

Selain BSD City, perusahaan properti ini juga mengembangkan proyek perkotaan lain di beberapa wilayah di Indonesia. Seperti Kota Deltamas di Cikarang Pusat, Kota Wisata di Cibubur, Grand Wisata di Bekasi dan Grand City Balikpapan.

Wujudkan Livable City Bersama Sinarmas Land
Sumber: ecatalog.sinarmasland.com

Sinarmas Land berhasil mendirikan berbagai proyek yang tentunya mengacu pada empat pilar livable city dalam konsep pembangunannya. Proyek perkotaan yang telah disebutkan diatas adalah salah satunya. Proyek-proyek lain yang telah dikembangkan oleh Sinarmas Land berdasarkan empat pilar tersebut adalah sebagai berikut, 

1.     Live (Pendukung kebutuhan hidup masyarakat), yang meliputi

  • Proyek perkotaan dan perumahan (Balikpapan Baru, Banjar Wijaya, Li Shui Jin Di Tiongkok, Taman Duta Mas Batam, Telaga Golf Sawangan, Wisata Bukit Mas Surabaya, dll)
  • Apartemen di BSD City
  • Rumah sakit di BSD City (Eka Hospital dan Rumah Sakit Medika BSD)
  • Pusat perdagangan (ITC Mangga Dua, ITC Surabaya, ITC Depok, Harco Mas Mangga Dua, Plaza Indonesia, fX Sudirman, ÆON Mall BSD City, QBig BSD City, dll)

2.     Learn (Pendukung kebutuhan pendidikan masyarakat), yang meliputi

  • EduTown
  • German School Jakarta
  • BINUS School Serpong
  • Prasetiya Mulya Business School
  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Universitas Prasetiya Mulya
  • SDN Rawabuntu 1, 2 dan 3
  • Sinar Mas Academy
  • dll. 

3.    Work (Pendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja), yang meliputi

  • BSD Techno Park
  • Karawang International Industrial City
  • Greenland International Industrial City
  • Sinar Mas Land Plaza
  • Sinar Mas MSIG Tower
  • Gedung MyRepublic
  • Graha Telkom,
  • The Plaza (hasil kerjasama anatara PT Indonesian Paraside Property Tbk dengan Sinarmas Land)
  • dll

4.     Play (Pendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat), yang meliputi

  • Hotel, resort & golf  (Damai Indah Golf PIK, Damai Indah Golf BSD, La Grandeur Balikpapan, La Grandeur Jakarta, Palm Resort Johor Malaysia, Palm Spring Golf Batam, Go!Wet Waterpark Grand Wisata Bekasi, The Plaza Hotel, dll)
  • Taman di BSD City (Einstein Park at EduTown, Taman Kota 1 BSD, Taman Kota 2 BSD dan Taman Kota 3 BSD)
  • Ocean Park Water Adventure
  • Dll

Upaya Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city telah membantu beberapa kota di Indonesia dalam menyediakan fasilitas untuk masyarakatnya. Apa di kota kalian sudah ada salah satu proyek livable city dari Sinarmas Land? Sudahkah kota kalian masuk dalam daftar kota layak huni menurut IAP? 

Sumber: disdukcapil.pontianak.go.id, sinarmasland.com, Wikipedia

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.