koreanstuff.my.id

Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa Pecinta KPop

2 komentar
Konten [Tampil]
Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa Pecinta KPop

Sebagai fresh graduate, aku pernah merasakan bagaimana pengeluaran terus mengalir pada saat kuliah. Mau minta terus pun malu sama orang tua. Jika kalian adalah seorang mahasiswa dan sedang ada di posisi itu, kalian bisa membuka usaha modal 1 juta untuk mahasiswa. Nominal tersebut terbilang lumayan ringan untuk kalangan mahasiswa, terlebih jika join dengan bestie.

Agar tidak terlalu berat, kalian bisa membangun bisnis sesuai passion. Apalagi jika bisnis tersebut sesuai dengan hobi. Karena konon katanya, pekerjaan yang menyenangkan adalah berasal dari hobi. Begitu pula hobi yang menyenangkan adalah hobi yang bisa menghasilkan. Ibarat menyelam sambil minum air, bisa have fun dengan menjalani pekerjaan sekaligus hobi. 

Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa

Hobi yang aku maksud disini adalah fangirling atau fanboying KPop. Selama ini, KPopers dianggap sebagai orang-orang yang hobinya menghabiskan uang. Entah itu untuk konseran, beli album, atau merchandise lain yang harganya tentu tidak murah.

Tapi, pernahkah kalian berpikir kalau hobi kita ini bisa dijadikan sebagai sebuah bisnis? Apa saja usaha modal 1 juta untuk mahasiswa? Ini dia. 

1.     Jual Merchandise KPop

Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa Pecinta KPop

Bisnis untuk mahasiswa KPopers pertama yang bisa kalian pilih adalah menjual merchandise KPop. Banyak yang menganggap jika merchandise ini hanya album dan lightstick yang harganya lumayan untuk kalangan mahasiswa. Merchandise tidak hanya itu, guys

Kalender, gantungan kunci, binder, hand fan, totebag, phone case dan printilan-printilan lain juga disebut merchandise, lho. Bahkan ada yang bisa dipakai sebagai perlengkapan kuliah juga. Seperti binder dan totebag yang sudah disebutkan diatas. 

Untuk lightstick dan album, jangan dimasukkan ke list produk kalian dulu jika modal baru 1 juta. Kalau kalian sudah memiliki modal lebih, sangat diperbolehkan untuk menjual album dan lightstick.

Kenapa? Dua barang tersebut adalah barang official yang hanya dikeluarkan oleh agensi terkait. Dan tentu saja modal untuk menjual album dan lightstick official harus cukup tebal. Berbeda seperti printilan lainnya yang bisa saja diproduksi secara unofficial dan harganya jauh lebih murah dan prakteknya lebih mudah dibanding dengan kedua barang tersebut.

2.     Jual Makanan Korea

Selanjutnya, usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang bisa kalian lakukan adalah dengan menjual makanan khas Korea. Musik Korea membuka jalan bagi produk Korea lainnya, salah satunya adalah makanannya yang juga ikut eksis di kancah internasional. 

Mulai dari makanan berat seperti daging, hingga makanan ringan seperti bungeoppang. Kalian bisa mulai menjual makanan yang kos friendly untuk mahasiswa. Seperti kimchi yang bisa dijadikan sebagai lauk dan bisa disimpan untuk waktu yang lama.

Atau kalian bisa menjual camilan khas Korea seperti tteokbokki yang juga menjadi makanan ‘legend’ Sehun EXO. Mengingat tteokbokki sangat populer baik dikalangan fans maupun non fans.

Makanan-makanan tersebut bisa kalian buat sendiri. bagaimana jika tidak PD dengan masakan sendiri? Kalian bisa menjual brand asal Korea Selatan yang sudah ada atau yang masih jarang di Indonesia untuk memasuki peluang pasar.

3.     Menjual Jasa Translate Bakor

Kalian bisa bahasa Korea? Manfaatkan keahlian kalian dan dapatkan uang dari sana! Eaak. Kalian bisa menjadi freelance translator untuk mencari income tambahan. Jasa-jasa ini biasanya dibutuhkan untuk penerjemahan variety show, drakor, film atau dokumen dan surat-surat penting.

Kalian bisa menawarkan jasa penerjemah di situs-situs freelance. Tarif translator umumnya dihitung berdasarkan berapa banyak halaman yang diterjemahkan dan berapa karya yang diterjemahkan. Tarif ini juga bisa dipengaruhi oleh kemampuan dan jam terbang yang kalian miliki. 

4.     Open Commission Tulisan

Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa Pecinta KPop

Jika beberapa usaha diatas sasarannya adalah KPopers dan non KPopers, kali ini sasarannya pada umumnya adalah KPopers. Siapa yang tidak pernah mendengar Wattpad? Aplikasi oren ini sangat populer di kalangan KPopers sebagai tempat menuangkan ide-ide tulisan. Biasanya tulisan ini dalam bentuk fanfiction dengan visualisasi idol KPop.

Selain fanfiction, ada alternative universe di sosmed Twitter atau yang sekarang berubah menjadi X. Alternative universe atau AU kurang lebih sama dengan fanfiction. Bedanya, AU lebih banyak menggunakan gambar daripada narasi.

Untuk kalian para mahasiswa yang hobi menulis dan sudah memiliki beberapa karya, kalian bisa memonetisasi karya kalian melalui beberapa situs. Terlebih jika telah memiliki penggemar yang cukup banyak. Selain di beberapa situs, Wattpad juga menyediakan fitur paid story untuk beberapa karya.

Selain dari Wattpad dan situs monetisasi tulisan, kalian juga bisa menerbitkan karya kalian dalam bentuk novel. Tidak hanya fanfiction saja yang bisa diterbitkan, AU pun bisa! Salah satu novel favoritku adalah Tulisan Sastra yang terinspirasi dari NCT Dream.

5.     Menjual Jasa Ilustrasi/Desain

Selain menjual karya tulisan, kalian juga bisa memanfaatkan keahlian design yang kalian miliki. biasanya, design ini dimanfaatkan untuk berbagai merchandise yang diproduksi secara unofficial. Seperti hand banner, hand fan, keychain, phone case dan masih banyak lagi.

Untuk kalian yang memiliki usaha merchandise KPop dan bisa men-design sendiri, bisa banget nih dimanfaatkan. Pengeluaran usaha akan semakin berkurang dan lebih menghemat waktu sebba tidak perlu menunggu dari jasa ilustrator.

6.     Bisnis Pakaian Korean Style

Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa Pecinta KPop

Usaha modal 1 juta untuk mahasiswa selanjutnya adalah berbisnis pakaian Korean style. Selain bisa untuk hangout, pakaian dengan look Korean ini juga bisa dipakai sebagai outfit kuliah, lho. Dengan begitu, bisnis ini tidak hanya dapat menggaet hati fans KPop saja, tapi juga bisa menarik perhatian non fans.

Mengingat modal yang cukup terbatas, kalian bisa menjalankan sistem pre-order untuk bisnis ini, atau bisa juga dengan sistem dropship. Dengan begitu, kalian tidak perlu pusing memikirkan stok barang.

Nah, itulah beberapa pilihan usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang bisa menjadi pilihan bagi kalian para pejuang. Semangat dalam menuntut ilmu dan jangan putus asa dalam menjalankan bisnis iini, ya!

Sumber: girlsbeyond.com

Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

2 komentar

  1. Wah ternyata ada banyak peluang usaha ya buat pecinta Korea, jadi pengen nyoba salah satu bisnisnha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, peluang pasarnya luas banget. Hayu dicoba :)

      Hapus

Posting Komentar