KiriminAja, Aggregator Ekspedisi untuk UMKM Indonesia

Konten [Tampil]

KiriminAja, Aggregator Ekspedisi untuk UMKM Indonesia
Created by Canva

Jaman semakin berkembang, begitupun dengan teknologi. Berbelanja tidak hanya dari toko offline saja, melainkan juga dapat dilakukan secara online. Bahkan berbelanja di online shop sekarang menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat karena kemudahan yang ditawarkannya. Hal ini memunculkan berbagai jasa pengiriman barang atau yang biasa disebut dengan ekspedisi. 

Ekspedisi yang dulu kita kenal adalah kantor pos yang lebih dikenal sebagai tempat mengirim surat. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi tersebut, kantor pos juga bisa mengirim barang loh. Begitupun dengan ekspedisi-ekspedisi lainnya yang mulai eksis beberapa tahun kebelakang. 

Manfaat Adanya Platform Pemersatu Ekspedisi

Banyaknya ekspedisi yang bermunculan, memiliki manfaat untuk kita sebagai seorang penjual maupun pembeli. Kita bisa membandingkan mana yang lebih cocok untuk kebutuhan kita. Jika kalian berada di posisi pemilik sebuah UMKM dan telah memiliki banyak orderan dengan ekspedisi yang berbeda-beda, pasti kalian membutuhkan wadah untuk memantau progress pengiriman produk kalian. Agar tidak ribet! 

Memandang hal tersebut, muncullah berbagai aggregator jasa ekspedisi, baik dalam bentuk aplikasi maupun web yang bisa memantau perjalanan produk kalian yang menggunakan berbagai macam ekspedisi dalam satu tempat. Aplikasi ini memiliki berbagai manfaat, khususnya bagi pelaku UMKM di Indonesia. Apa saja manfaat tersebut? 

  1. Para pelanggan aggregator jasa pengiriman, yang dalam hal ini adalah seller, dapat memilih perusahaan ekspedisi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan secara cepat dan efisien. 
  2. Harga ongkir atau ongkos kirim dapat dinegosiasikan dengan harga terbaik juga memiliki hubungan dengan berbagai ekspedisi. 
  3. Penjual dapat memantau barang dengan mudah dalam satu aplikasi.
  4. Memiliki customer service yang dapat membantu seller jika mengalami kendala. 
  5. Agregator jasa biasanya memiliki beberapa metode pembayaran yang aman dan mudah, seperti menggunakan kartu kredit atau transfer bank.
  6. Dapat membandingkan berbagai perusahaan ekspedisi, mulai dari harga, waktu pengirimannya serta layanan lain sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Alasan Harus Memilih KiriminAja 

KiriminAja, Aggregator Ekspedisi untuk UMKM Indonesia
Created by Canva

Kenapa sih harus memilih KiriminAja? Bukan karena hal sepele yang akan kalian dapatkan di platform ini. Kalian akan mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan dengan memilih layanan ini. Apa saja sih kemudahan dan keuntungan tersebut? Check it out!

1. Penjemputan Paket Secara Gratis

KiriminAja menyediakan layanan penjemputan paket gratis di rumah atau gudang tanpa dipungut biaya. Tentunya tanpa minimum paket juga. Mau berapapun paket yang akan kalian kirim akan di-pick up oleh jasa ekspedisi. 

2. Dapat Memilih Beberapa Jenis Pengiriman

Mau COD atau reguler? Tenang, disini kalian bisa bebas memilih sesuai kebutuhan dan permintaan customer. Eits, tidak hanya COD dan reguler saja. Aplikasi ini menyediakan layanan sameday, next day, ekonomi, instan juga cargo

3. Pencairan No Ribet-ribet

Proses pencairan dana di KiriminAja terbilang mudah. Bahkan untuk paket COD, saldo bisa dicairkan setelah paket telah sampai di tangan pelanggan. Pencairan ini dilakukan setiap hari, lho, jadi kalian tidak perlu menunggu. 

4. Jaminan Paket Aman dan Cepat Sampai

Di KiriminAja, paket kalian terjamin aman dan cepat sampai di tempat tujuan. Jumlah kurir yang tersedia lebih dari 15 baik di area origin maupun destinasi. Origin sendiri adalah kota/kabupaten asal paket, sedangkan destinasi adalah kota/kabupaten tujuan paket. 

5. Pantau Tracking dengan Mudah

Tracking atau pelacakan paket biasa dipantau di website maupun aplikasi masing-masing ekspedisi. Tapi disini kalian bisa melacak paket kalian dalam satu tempat dengan mudah, meski beda ekspedisi sekalipun. Selain kemudahan pelacakan paket, kalian juga dapat mencetak nomor resi dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Kalian bisa lihat tutorialnya di laman website KiriminAja.

6. Dapatkan Layanan 24/7

Punya kendala di luar jam kerja? Tenang. KiriminAja selalu siap melayani setiap waktu. Bahkan di luar jam kerja sekalipun. 

KiriminAja memiliki beberapa layanan yang dapat kalian nikmati. Apa saja sih layanan tersebut?

1. Multi Warehouse

Fitur atau layanan pertama dari KiriminAja yang bisa kalian nikmati adalah multi warehouse. Fitur ini memungkinkan kalian untuk menyimpan serta mengelola beberapa gudang dalam satu akun. Multi warehouse ini berguna dalam mempermudah proses pengiriman dan menjadi lebih efisien.

2. Manajemen Inventory

Fitur kedua adalah manajemen inventory, dimana fitur ini dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah pengelolaan stok dan memastikannya cukup untuk memenuhi permintaan customer. Selain memantau stok, kalian dapat mencatat keluar masuknya stok dan dapat membuat laporan stok barang. Tentunya semua ini dapat dilakukan dengan mudah!

3. Manajemen CS dan User

Apa fungsi dari manajemen CS dan user? Disini, kalian dapat hal-hal yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan menggunakan fitur ini kalian dapat memantau semua pertanyaan dan keluhan sehingga kalian dapat memastikan jika pelanggan puas dengan layanan yang diberikan oleh toko kalian.

4. Cash Flow Monitoring

Memahami arus kas atau cash flow adalah hal penting yang harus dikuasai demi keberlangsungan suatu usaha. Di aplikasi KiriminAja, kalian dapat memahami arus kas dengan cepat dan mudah. Kalian dapat memastikan pengeluaran bisnis sudah dilakukan dengan baik dan benar. Dengan memahami arus kas, kalian dapat membuat keputusan yang bijak.

5. Support COD

Cash on Delivery menjadi salah satu pilihan jenis pengiriman yang banyak digunakan. Biasanya, customer memilih layanan ini saat tidak memiliki saldo e-money dan berhalangan untuk top up, atau bahkan mager untuk keluar rumah. Jangan khawatir, karena di KiriminAja kalian bisa memberikan opsi ini untuk customer kalian.

Kalian bisa mencairkan dana secara cepat dan tidak akan dipungut potongan biaya sama sekali. Bahkan dilansir dari laman Instagram KiriminAja, terdapat layanan COD Advance yakni 50% dana cair saat dibawa kurir.

KiriminAja, Aggregator Ekspedisi untuk UMKM Indonesia
Source: https://www.instagram.com/kiriminaja_official/

6. Integrasi API

Keunggulan lain dari aggregator ekspedisi ini adalah telah terintegrasi nya API di sistem kalian. Bagaimana kegunaannya? Kalian bisa mengecek ongkir terbaru, dapat memilih pilihan pick up dan drop off. Bagaimana dengan resi pengiriman? Kalian bisa mendapatkannya dengan cepat.

Kontribusi KiriminAja untuk UMKM Indonesia

KiriminAja, Aggregator Ekspedisi untuk UMKM Indonesia
Dokumentasi KiriminAja

Dengan melihat berbagai keunggulan serta layanan yang dimiliki oleh KiriminAja, tidak heran jika aggregator ini memiliki kontribusi yang besar terhadap UMKM Indonesia. Dengan banyaknya fitur yang disuguhkan untuk seller, memberikan dampak yang baik untuk kemajuan online shop seller tersebut. Mereka dapat mengontrol banyak hal dalam satu aplikasi saja sehingga lebih menghemat waktu. Akibatnya, penjual dapat lebih fokus dalam mengelola operasional bisnis.

Aplikasi dengan ciri khas warna ungu ini tidak hanya gembar-gembor dalam menyerukan keunggulan yang dimilikinya. KiriminAja memberikan bukti nyata kontribusi mereka dalam memajukan UMKM Indonesia.

Salah satu bukti nyata tersebut adalah adanya kerjasama antara KiriminAja dengan Plugo pada bulan Agustus lalu. Plugo sendiri merupakan platform yang dapat membantu masyarakat awam dalam membuat toko online.

Adanya kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan bisnis lokal di Indonesia. Selain itu, kedua platform ini juga bertujuan untuk memberikan inovasi di bidang UMKM. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan visibilitas bisnis, menyediakan solusi pengiriman yang efektif dan memudahkan integrasi teknologi yang inovatif.

KiriminAja telah menjadi sistem yang mendukung banyak bisnis online di Indonesia selama tiga tahun terakhir. Hasil dari kontribusi aplikasi ini dapat dilihat dari banyaknya ekspedisi yang tersedia di aggregator ini dan tentunya dapat diakses oleh pelaku online shop.

Aku berharap dengan kontribusi KiriminAja semoga UMKM Indonesia semakin maju dan semakin inovatif. Harapan kalian untuk UMKM Indonesia apa saja nih? Yuk, para seller, gunakan KiriminAja sebagai platform pengiriman paket-paket kalian!

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.