Korean Stuff

Rekomendasi Makanan Korea Halal untuk Buka Puasa

Konten [Tampil]

Rekomendasi Makanan Korea Halal untuk Buka Puasa

Bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu. Rasa-rasanya baru kemarin kita melewati bulan yang penuh berkah ini. banyak hal menarik yang dinantikan saat memasuki bulan ini. Berburu takjil salah satunya. Banyak makanan yang masuk ke dalam daftar perburuan, mulai dari makanan lokal, western, hingga makanan Korea halal.

Bagi kalian pecinta sesuatu yang berbau Korea-koreaan, busa banget nih berbuka dengan makanan ala Korea yang tentunya halal. Proses memasaknya pun terbilang cukup mudah dan sekarang sudah ada banyak Korean food instan yang beredar di pasaran.

DISCLAIMER!

Artikel ini tidak membahas resep makanan. Artikel ini berisi rangkuman makanan yang dapat dijadikan referensi buka puasa. Karena kalau lengkap beserta isinya panjang, shay.

Makanan Korea Halal

Meskipun Korea Selatan adalah negara dengan mayoritas non muslim, negeri ginseng tersebut memiliki banyak masakan yang muslim friendly. Bahkan makanan Korea halal bisa kita temukan di sepanjang jalanan yang menjadi surganya Korean street food. Tapi, sebagai muslim kita harus lebih aware terhadap komposisi yang digunakan.

Makanan Pembuka (Appetizer)

Appetizer atau dalam bahasa Indonesia berarti makanan pembuka adalah makanan yang disajikan sebelum main course atau makanan utama. Tujuan dari penyajian appetizer adalah untuk membangkitkan selera makan. Berikut ini adalah beberapa menu appetizer dari Korea Selatan.

Rekomendasi Makanan Korea Halal untuk Buka Puasa

1.     Korean Green Salad

Salah satu appetizer yang umum disajikan adalah salad. Nah, salah satu salad asal negeri ginseng yang bisa dicoba untuk menu buka puasa adalah korean green salad. Salad ini juga bisa disebut dengan korean lettuce salad karena bahan utama dari salad ini adalah selada.

Korean green salad cocok dijadikan sebagai teman BBQ. Selain itu, salad ini juga dapat dijadikan pendamping nasi putih dan bulgogi ayam. Sayangnya, salad ini tidak dapat disimpan untuk waktu yang lama.

2.     Cheonsachae Salad/Kelp Noodle Salad

Selain salad selada, Korea Selatan juga punya salad rumput  laut, lho. Hidangan ini cocok sekali disajikan sebagai makanan pembuka. Sama seperti korean green salad, appetizer ini juga cocok disajikan sebagai teman BBQ.

Bagi kalian yang sedang diet gluten, mengkonsumsi mie rumput laut dapat menjadi solusi karena mie ini terkenal tanpa gluten dan dibuat tanpa tambahan gandum atau pati. Mie ini dapat disajikan mentah maupun matang.

3.     Gwail Saelleodeu

Buah-buahan dan salad biasanya dijadikan salah satu pilihan appetizer. Bagaimana jika keduanya digabungkan? Salah satu makanan Korea halal yakni Gwail Saelleodeu menyuguhkan buah dan salad dalam satu hidangan. 

Makanan ini dapat berisi buah, kacang-kacangan dan protein. Biasanya, isian dari makanan yang memiliki nama Inggris creamy fruit salad ini adalah apel, jeruk mandarin, kesemek, kacang tanah, mentimun, kismis dan telur rebus. 

4.     Korean Squid Pancakes

Ojingeo buchimgae atau yang bisa disebut korean squid pancakes adalah salah satu hidangan yang sangat populer saat musim hujan. Sebenarnya, pancake di Korea punya banyak varian. Dan salah satunya adalah pancake dengan isian cumi-cumi ini.

Makanan Utama/Berat (Main Course)

Main course adalah makanan utama atau makanan pokok. Biasanya, hidangan ini disajikan pada saat makan malam atau makan siang. Porsi dari main course lebih besar daripada makanan pembuka atau appetizer. Berikut ini adalah beberapa menu main course dari Korea Selatan.

Rekomendasi Makanan Korea Halal untuk Buka Puasa

1.     Korean Chicken Wings

Hidangan utama pertama yang cocok untuk momen buka puasa adalah korean chicken wings. Sebenarnya, dalam beberapa kesempatan, chicken wings atau sayap ayam di Korea Selatan disajikan sebagai snack. Tapi, ayam dan semua bagiannya di Indonesia umumnya dijadikan sebagai lauk pendamping nasi.

Ada dua saus yang biasa dipakai untuk masakan ini. Pertama adalah soy garlic sauce yang berbahan dasar kecap. Dan kedua adalah sweet and spicy sauce yang berbahan dasar kecap dan saus gochujang. Sayap ayam khas Korea biasanya disajikan dengan acar lobak, acar mentimun, corn cheese dan Korean macaroni salad.

2.     Nasi Goreng Kimchi

Siapa yang tidak kenal dengan kimchi? Side dish asal Korea ini sudah terkenal dan sering disebut-sebut dimana-mana baik oleh idol KPop maupun di dunia perdrakoran. Makanan fermentasi ini bisa dipadukan dengan nasi goreng, lho. 

Makanan dengan nama Korea kimchi-bokkeumbap ini adalah salah satu hidangan populer di negara tersebut. Alasannya karena proses pembuatannya yang mudah dan harganya murah. Biasanya, nasi goreng kimchi dapat ditambahkan bahan-bahan lain didalamnya. Seperti sayuran, daging atau ikan. 

3.     Bibimbap

Bibimbap adalah nasi hangat dengan sayur rebus atau tumis sayur dengan saus gochujang dan dimakan dengan cara diaduk terlebih dahulu. Karena Indonesia adalah negara dengan makanan pokok nasi, hidangan ini akan cocok untuk buka puasa. 

Tidak hanya berisi sayuran, irisan daging sapi dan telur biasanya ditambahkan ke dalamnya untuk menambahkan cita rasa. Ada beberapa varian bibimbap yang terkenal, yakni jeonju-bibimbap, dolsot-bibimbap, jinju-bibimbap dan tongyeong-bibimbap. 

4.     Jjampong

Pecinta mie berkuah dan memiliki cita rasa pedas bisa banget membuat masakan ini untuk berbuka. Namanya adalah jjampong atau sup mie pedas ala Korea yang disajikan dengan isian seafood segar. Mungkin kalau di Indonesia kurang lebih mirip dengan seblak, ya.

Ada beberapa versi jjampong yang bisa kalian coba. Yang pertama ada jjampong versi tidak pedas, yang kedua ada haemul jjampong atau mie seafood bercita rasa pedas. Dan yang terakhir ada jjampong bap atau jjampong tanpa mie, sebagai penggantinya sup ini disajikan bersama dengan nasi. Indonesia banget, ‘kan?

Makanan Pendamping (Side Dish)

Side dish atau dalam bahasa Korea biasa disebut dengan banchan merupakan makanan pendamping  untuk makanan utama atau main course. Banchan dalam tradisi adalah makanan wajib yang harus dihidangkan di meja makan. Semakin formal, maka semakin banyak banchan yang disajikan. Berikut ini adalah beberapa banchan yang bisa kalian recook untuk buka puasa.

Makanan aja ada pendampingnya, kamu mana nih? Eh.
Rekomendasi Makanan Korea Halal untuk Buka Puasa

1.     Kimchi

Ngomong-ngomong soal makanan Korea halal apalagi banchan pasti tidak bisa jauh dari yang namanya kimchi. Makanan yang umumnya menggunakan bahan dasar sawi putih ini sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia karena sering di-mention di berbagai program, seperti drakor dan variety show.

Meski umumnya kimchi memakai sawi putih, kalian bisa membuat kimchi dari jenis sayur dan buah lainnya, lho. Seperti lobak, mentimun, sawi hijau, akar selada, tanaman kkaenip atau perilla. Ada jenis kimchi yang tidak pedas bagi kalian yang tidak suka pedas yaitu baek kimchi.

2.     Korean Egg Roll

Gyeran mari atau korean egg roll merupakan salah satu banchan yang biasa disajikan di meja makan. Korean egg roll ini memiliki bentuk yang mirip dengan tamagoyaki atau telur gulung asal Jepang.

Selain menjadi makanan pendamping, gyeran mari juga sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan karena proses memasaknya yang relatif cepat. Sangat cocok bagi kalian yang tidak punya waktu banyak di pagi hari. Menu ini juga bisa nih dijadikan sebagai menu sahur.

3.     Oi Bokkeum/Sauteed Korean Cucumber Side Dish

Oi bokkeum merupakan tumis mentimun Korea. Gimana rasanya tuh? Tumis mentimun ini memiliki rasa yang mild atau tidak terlalu kuat. Side dish ini memiliki tekstur yang renyah.

Proses pembuatannya adalah dengan diolah menjadi acar untuk diperas airnya kemudian digoreng dengan minyak wijen dan taburan biji wijen. Pecinta acar wajib coba, nih.

4.     Pickled Onions

Ternyata acar memiliki banyak macam, ya. Setelah tumis acar mentimun, kali ini ada acar bawang. Side dish ini sangat recommended bagi pecinta bawang-bawangan. korean pickled onions ini atau yang memiliki nama Korea yangpa jangajji ini terbuat dari bawang bombay cincang yang dimasukkan ke dalam toples dan diberi larutan air garam yang mengandung cuka, kecap dan gula.

Acar bawang ini dapat disimpan berbulan-bulan dan biasa disajikan sebagai pelengkap BBQ. Bagi kalian yang tidak terlalu suka bawang juga bisa mencoba side dish ini. Asalkan acar ini telah melewati masa penyimpanan yang cukup lama. Karena semakin lama aroma bawangnya akan semakin hilang.

Makanan Ringan (Snack)

Snack/makanan pendamping/makanan ringan adalah istilah untuk penyebutan makanan yang bukan makanan utama. Snack umumnya dikonsumsi untuk menunda lapar seseorang untuk sementara waktu.

Rekomendasi Makanan Korea Halal untuk Buka Puasa

1.     Mini Kimbap

Kimbap adalah nasi yang digulung bersama dengan sayuran dan protein (umumnya telur dan daging) dan dilapisi dengan rumput laut kemudian diiris sama rata. Bagaimana dengan mini kimbap? Sama saja sebenarnya. Yang membedakan hanyalah ukurannya dan kimbap versi ini ini tidak diiris.

Kimbap mungil ini juga biasa disebut dengan ggoma kimbap. Dalam bahasa Korea, ggoma berarti anak kecil.

2.     Sotteok

Pasti sebagian besar dari kalian tidak asing dengan tteokbokki, ‘kan? Tidak tidak, kita tidak akan membahas tteokbokki, melainkan sotteok. Jika tteokbokki adalah kue beras yang dimasak dengan saus gochujang dan disajikan dalam mangkuk kecil, berbeda dengan snack satu ini.

Sotteok merupakan kue beras yang ditusuk bersama dengan sosis mini dan dipanggang atau digoreng sehingga memiliki rasa yang smoky. Sate ini dilengkapi dengan saus lumurannya yang memiliki rasa pedas manis.

3.     Dalgona Candy

Sebenarnya, dalgona pernah populer pada saat pandemi COVID-19 sekitar tahun 2020 lalu. Tidak terasa ternyata sudah 4 tahun yang lalu, ya. Dalgona tidak hanya dalam versi permen saja, akan tetapi hadir dalam versi kopi. Nah, dalgona coffee inilah yang kemudian mendunia dan di-recook banyak orang. Termasuk aku, walau tidak berhasil, haha.

Dalgona candy terbuat dari karamel dan soda kue. Dan ternyata, permen ini merupakan permen tradisional Korea, lho.

4.     Honey Butter Squid Jerky

Honey butter squid jerky adalah camilan berbahan dasar cumi-cumi. Biasanya, snack ini sebagai teman nonton di bioskop bersama dengan popcorn dan minuman. Makanan ringan ini memiliki rasa yang manis dan gurih yang berasal dari kombinasi saus madu, gula dan mentega.

Cumi yang biasa digunakan untuk membuat makanan ini adalah cumi suwir kering. Namun, ada beberapa orang yang menggunakan cumi setengah kering.

Makanan Penutup (Dessert)

Makanan penutup/pencuci mulut/dessert adalah makanan yang disajikan di akhir sesi makan. Dessert umumnya terdiri dari makanan atau minuman yang bercita rasa manis. Berikut ini adalah beberapa dessert ala Korea yang cocok untuk menemani buka puasa kalian.

Rekomendasi Makanan Korea Halal untuk Buka Puasa

1.     Bingsu

Saat berbuka puasa, makanan/minuman yang paling banyak dicari adalh makanan/minuman yang menyegarkan. Selain es teh dan es dawet, bingsu juga bisa menemani sesi buka puasa kalian, lho. Sebenarnya, hidangan ini adalah hidangan musim panas di Korea yang paling banyak dicari saat musim tersebut tiba.

Bingsu sendiri merupakan es serut Korea yang diberi berbagai topping di atasnya. Dengan perbedaan topping ini, bingsu melahirkan banyak varian. Diantaranya adalah milk bingsu, green tea bingsu, oreo bingsu dan mango bingsu.

2.     Hobakjuk/Korean Pumpkin Porridge

Jika bingsu adalah makanan musim panas. Kali ini ada sup labu yang merupakan ikon dari musim gugur atau musim dingin. Bubur labu ini biasa dimakan sebagai dessert, ada juga yang menjadikannya sebagai menu sarapan. Menariknya, Hobakjuk ini dijadikan sebagai hadiah penyembuhan yang paling populer. Karena bubur labu kuning ini dapat mengurangi pembengkakan pasca operasi.

Labu yang biasa dipakai untuk bubur ini adalah labu kabocha atau yang juga dikenal sebagai labu Jepang. Salah satu makanan Korea halal ini memiliki rasa manis dan pedas serta memiliki tekstur yang lembut.

3.     Bungeoppang

Pecinta drakor dan film Korea pasti tidak asing dengan camilan satu ini. yup, Bungeoppang adalah kue ikan khas Korea. kalian bisa mudah menemukannya selama musim dingin. Sekilas, kue ini mirip dengan kue ikan dari Jepang yaitu Taiyaki. Ali pernah membahas perbedannya di artikel ku ini.

Bungeoppang dulunya hanya berisi pasta kacang merah manis. Namun sekarang kau ini memiliki banyak isian. Seperti coklat, custard, ubi manis, chestnut dan masih banyak pilihan rasa lainnya.

4.     Korean Watermelon Punch

Rekomendasi terakhir adalah Korean Watermelon Punch. Dari namanya saja sudah terasa menyegarkan. Minuman ini adalah minuman tradisional yang populer saat musim panas.

Dahulu, orang Korea menggunakan madu atau larutan gula sebagai pemanis. Namun sekarang, susu bisa digunakan sebagai bahan pemanis. Bahkan, Sprite juga ditamabhkan agar rasa yang dihadilkan lebih komplkes. Buah yang dipakai adalah semangka, tentunya. Kalian juga bisa menambahkan melon, blueberry, potongan lemon dan daun mint untuk menambah cita rasa.

Nah, itulah daftar makanan Korea halal yang cocok untuk menemani buka puasa kalian. Kalian tertarik dengan menu yang mana nih?

Sumber: gramedia.com, IDN Times, mykoreankitchen.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.