Minuman kemasan cup
menjadi trend saat ini. Apalagi di kalangan anak muda. Mulai dari teh,
coklat, boba, hingga ice blend. Trend ini bisa dimanfaatkan
sebagai peluang usaha. Bagi kalian yang ingin memasuki pasar minuman tapi belum
punya resep yang mempunyai nilai jual dan memiliki modal yang pas-pasan, bisa
nih bergabung dengan franchise minuman dibawah 10 juta.
Kenapa harus ikut jadi
mitra franchise? Brand-brand tersebut sudah memiliki nama dan
pastinya sudah dikenal oleh masyarakat. Sehingga penjualan akan lebih mudah.
Tapi, meskipun begitu ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh franchisee.
Apa saja? Simak artikel ini sampai
habis, ya!
Franchise Minuman
Dibawah 10 Juta
Trend
minuman kemasan cup cukup meledak karena beberapa alasan yang
mengikutinya. Harga yang terjangkau misalnya, sehingga dapat dijangkau oleh
semua kalangan. Selain itu, iklim Indonesia yang tropis menjadikan negara ini
memiliki cuaca yang cukup terik membuat minuman dingin seakan menjadi kebutuhan
primer. Langsung saja, ini dia daftar franchise
minuman dibawah 10 juta.
1. Teh Poci
Diantara kalian pasti tidak
asing dengan brand
minuman berkafein satu ini. Gerainya ada dimana-mana. Bahkan di desa ku
dalam jarak yang berdekatan ada dua gerai. Brand yang identik dengan
warna kuning ini digemari karena harganya yang terjangkau, juga rasanya yang
cocok untuk lidah Indonesia.
Teh Poci berada dibawah
naungan PT Poci Kreasi Mandiri dan telah memiliki 8 ribu Juragan Teh Poci aktif
di seluruh Indonesia sejak tahun 2007. Hal menarik dari teh ini adalah
produknya dihasilkan dari kebun milik sendiri dan diolah oleh pabrik berstandar
Eropa yakni PT Gunung Slamat. Teh ini juga tidak mengandung pemanis buatan dan
pengawet. Lebih sehat, bukan?
Teh Poci berada dibawah payung yang sama dengan Teh Botol Sosro yaitu Rekso Group.
Kenapa Harus Memilih Teh Poci?
- Merupakan bisnis terpercaya
- Memiliki produk yang berkualitas
- Cepat balik modal (penghitungan dapat dilihat pada website Teh Poci)
- Memiliki SOP atau Standar Operasional Pelayanan
- Kantor layanan yang tersebar di seluruh Indonesia
Franchise
minuman dibawah 10 juta ini menyediakan dua paket yakni paket
reguler dan paket hemat. Apa saja yang akan didapatkan di masing-masing paket
dan berapa harganya? Sebenarnya, yang membedakan kedua paket ini adalah ukuran booth-nya.
Untuk paket reguler, Juragan (Sebutan untuk mitra Teh Poci) akan mendapatkan booth
dengan ukuran 120 x 65 x 200 cm. Sedangkan paket hemat akan mendapatkan booth
dengan ukuran 105 x 65 x 200 cm.
Selain booth,
Juragan juga akan mendapatkan peralatan dan bahan baku sebagai berikut.
- Meja counter
- Mesin seal
- Cooler box
- Tea barrel
- 500 cup + sedotan
- Flag Chain
- Apron
- Y – Banner
- Menu board
- Poci mix 30 pcs/varian
- Poci jumbo
Alamat dan Kontak
- Alamat: Jl. Agung Timur IV Blok 02 Kav. 18-19 Sunter, Jakarta Utara 14350
- Telp.: (021) 6512323
- TikTok: @estehpoci.asli
- Instagram: @estehpoci
Harga Paket Reguler |
Harga Paket Hemat |
Jawa Rp. 11.072.500 |
Jawa Rp. 9.206.500 |
Sulawesi, Sumatera, Kalimantan Rp. 12.032.500 |
Sulawesi, Sumatera, Kalimantan Rp. 9.226.500 |
Bali Rp. 11.632.500 |
Bali Rp. 9.226.500 |
2. King Coklat
Rekomendasi franchise
minuman dibawah 10 juta selanjutnya adalah King Coklat. Selain Teh Poci, di
desa ku juga ada gerai King Coklat. Bahkan sudah ada sejak sekitar tahun 2018
lalu. Wow, cukup lama, ya? Desa ku bukan desa yang dekat dengan kota, guys,
hingga bisa menemukan makanan/minuman yang trendy. Letaknya cukup jauh
dari pusat kota.
King Coklat atau yang juga dikenal sebagai Coklat King adalah minuman coklat blend yang terbuat dari 100% coklat asli yang berasal dari biji pilihan dan diolah oleh ahlinya. Waralaba satu ini sudah tersebar di seluruh Indonesia, lho. Brand ini berada dibawah naungan PT Bersatu Cipta Sukses Indonesia.
Tangkapan layar dari coklatking.com |
Kenapa Harus King Coklat?
- Harga bahan baku yang terbilang murah
- Kandungan coklat yang kaya akan vitamin
- Berasal dari coklat premium
- Cup/gelas
terbuat dari bahan yang aman
- Desain cup/gelas selalu up to date
Brand
dengan warna dominan oren ini menyediakan dua paket untuk mitranya. Yakni Paket
Ekonomis dan Ekonomis Tenda. Saat artikel ini ditulis, King Coklat sedang
mengadakan promo untuk calon mitranya, lho.
Paket Ekonomis |
Ekonomis Tenda |
|
|
Harga
4,4 juta dari 6,3 juta |
Harga
5,8 juta dari 7,8 juta |
Bagaimana cara mendaftar
menjadi mitra King Coklat? Kalian bisa lihat di website resmi mereka di
coklatking.com. Di website mereka juga ada simulasi perhitungan keuntungan yang
akan didapatkan.
3. Monster Ice Bland
Ice blend
adalah jenis minuman yang dicampur jadi satu dan dihaluskan dengan blender.
Salah satu brand ice bland yang membuka peluang franchise minuman dibawah 10 juta adalah Monster Ice Blend. Waralaba ini merupakan salah satu
yang paling laris di jajarannya.
Tangkapan layar dari monstericeblend.com |
Kenapa harus Monster Ice Blend?
- Bahan baku diproduksi sendiri, harga bahan baku pun terjangkau
- Booth
terbuat dari bahan yang terbaik dan pastinya eye catching
- Bahan baku menggunakan premiun packaging berkualitas tinggi
- Hak kepemilikan paket usaha beserta keuntungannya milik mitra tanpa bagi hasil
Berapa harga yang harus
dibayar untuk menjadi mitra Monster Ice Blend? Dilansir dari website resminya,
saat artikel ini ditulis mereka mengadakan promo paket ekonomis dari harga 6
juta menjadi 3 juta rupiah. Apa saja yang akan didapatkan?
- Booth portable
- Xbanner
- Menu A4
- Blender
merk Miyako
- Termos dan centong es batu
- Wadah bubuk dan wadah topping
- Parutan
- Topping
coklat serut dan chocochip
- Cup
printing, tutup cup dan sedotan
- Free
bubuk grape, bubuk coklat, bubuk cookies, bubuk coffee dan
bubuk vanilla
Kontak
- WhatsApp: 081326388693
- Website: monstericeblend.com
4. Passion of Chocolate
Passion of Chocolate adalah
salah satu brand minuman coklat pertama di Indonesia. Tanggal 21 Oktober
2010 menjadi awal berdirinya brand ini. Wah, berarti sudah 14 tahun ya
sekarang.
Brand ini
berada dibawah naungan PT Kreasi Anak Muda yang merupakan coorporate
dari Ansena Group. Hal yang sangat menarik yang dimiliki oleh Passion of
Chocolate adalah adanya Kompetisi Penjualan untuk mutranya.
Hadiahnya tidak
tanggung-tanggung. Pada kompetisi pertama pemenang memperoleh reward tour
ke Thailand. Kompetisi kedua pemenang memperoleh hadiah tour ke Hongkong
dan kompetisi ketiga pemenang memperoleh hadiah sebesar 30 juta rupiah. Daebak!
Berdasarkan informasi di
website resminya, untuk bergabung menjadi mitra Passion of Chocolate kalian
harus mengeluarkan modal sebesar 6,5 juta rupiah. Kalian akan mendapatkan booth
signature PASCO beserta perlatan lainnya. Yang terdiri dari blender,
wadah bubuk, pompa galon dan gratis 200 pcs bahan baku all variant.
Kontak
- WhatsApp: 082329410041
- Email: icepasco@gmail.com
5. So What Bubble Cheese Tea
So What Bubble Cheese Tea
adalah minuman dengan perpaduan antara bubble drink dan cheese cream.
Pecinta keju wajib merapat nih! Awal mula berdirinya So What adalah dimulainya
bisnis minuman berbagai rasa dengan topping bubble dan pink cheese.
Trend minuman pun berubah seiring berjalannya waktu.
Brand ini
berada dibawah atap yang sama dengan King Coklat yakni PT Bersatu Cipta Sukses
Indonesia. Franchise minuman dibawah 10 juta ini memiliki
beberapa minuman best seller yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Tangkapan layar dari sowhatbubblecheese.com |
Kenapa harus So What Bubble Tea?
- Free royalty,
manajemen tidak mengambil keuntungan dari mitra
- Kualitas bahan baku sangat diperhatikan
- Cup printing
dibuat dengan kualitas terbaik dan dipadukan dengan desain sealer
- Bahan baku terjaga dengan adanya packaging yang berkualitas
So What Bubble Cheese Tea
menghadirkan 3 pilihan booth yang dapat dipilih oleh mitra, tentunya
sesuai dengan budget.
- Paket ekonomis dengan harga 3,9 juta
- New paket
booth dengan harga 6,2 juta
- Paket booth dengan harga 9,2 juta
Kontak
- WhatsApp: 082134254995
- Instagram: @sowhatbubblecheese
Kesalahan Umum dalam Berbisnis Franchise
Menjadi mitra waralaba
memiliki banyak kemudahan yang ditawarkan oleh brand terkait. Meski
begitu, bisnis tetaplah bisnis! Ada hambatan yang harus dilalui. Terkadang,
hambatan tersebut berasal dari kesalahan yang kita perbuat selaku franchisee.
Apa saja kesalahan yang biasa dilakukan dalam menjalankan bisnis franchise?
1. Informasi Bisnis yang Akan Digeluti Kurang
Kesalahan paling umum yang
diabaikan oleh mitra waralaba adalah kurang mencari informasi dari bisnis yang
dijalankan. Kebanyakan franchisee atau mitra tidak mau tau atau
mengabaikan informasi yang ada. Kesalahan ini jika tidak diperbaiki akan
mengakibatkan kerugian bagi franchisee itu sendiri.
2. Kurang Menguasai Bidang yang Dipilih
Setiap pebisnis memiliki penguasaan
pada bidang tertentu, juga memiliki karakternya masing-masing. Pemilihan jenis franchise
harus disesuaikan dengan kemampuan dan karakter masing-masing mitra. Jika franchisee
tepat dalam memilih, maka franchisee akan lebih enjoy dalam
menjalaninya.
Sebaliknya, jika franchisee
salah dalam memilih, franchisee akan kesulitan dalam mengelolanya dan
mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan hanya karena melihat “Wah,
murah harganya. Franchise minuman dibawah 10 juta kapan lagi
ada?” jadi langsung dibeli.
3. Semua Tanggung Jawab Diserahkan pada Franchisor/Pemilik
Brand
Hingga saat ini, masih
banyak mitra yang salah kaprah, yang beranggapan jika mitra berada dibawah
tanggung jawab franchisor atau brand. Memang benar, bos franchise
atau franchisor memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan merek secara
keseluruhan, juga memiliki tanggung jawab untuk membimbing franchisee.
Namun, pengoperasian outlet setiap harinya tetaplah menjadi tanggung jawab
dari mitra itu sendiri.
4. Terlalu Mengedepankan Perasaan dan Emosi
Terjun ke dalam dunia
bisnis, diperlukan pemikiran yang rasional, bukan emosional. Perasaan dan emosi
adalah hal yang bisa berubah-ubah. Jika franchisee memutuskan untuk
membeli hak waralaba hanya karena mengikuti emosi, akan menimbulkan hal-hal
tidak diinginkan. Contohnya saja hilangnya semangat dalam menjalankan waralaba
tersebut.
Nah, itulah rekomendasi
franchise minuman dibawah 10 juta untuk kalian. Gimana nih, sudah dapat
gambaran akan bergabung dengan brand yang mana?
Sumber: lifepal.co.id, majalahfranchise.com, successbefore30.co.id
Posting Komentar