Skincare Korea Halal: Kandungan yang Digunakan dan Kelebihan

Konten [Tampil]
Skincare Korea Halal: Kandungan yang Digunakan dan Kelebihan

K-beauty kini menjadi trend dikalangan wanita dengan membawa kualitas yang oke. Tapi, ada beberapa pertanyaan mengenai produk dari Korea ini. Salah satunya adalah “Skincare Korea halal emangnya?”

Mengingat Korea Selatan adalah negara dengan mayoritas penduduk non muslim. Tapi tenang, ada banyak kok produk-produk dengan bahan dasar yang halal friendly

Kandungan yang Biasa Digunakan untuk Produk Skincare Korea Halal

Skincare Korea Halal: Kandungan yang Digunakan dan Kelebihan

Skincare Korea halal yang mengandung bahan-bahan muslim friendly akan menimbulkan kenyamanan dalam penggunaannya. Mengingat skincare adalah kebutuhan kulit yang harus dipenuhi, baik laki-laki maupun perempuan. 

Nah, kandungan apa saja sih yang biasa digunakan dalam skincare halal? Ini dia!

1. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang bisa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Contohnya jeruk dan beri-berian. Namun, vitamin ini juga dapat diproduksi secara sintetis dan dijadikan bahan dasar pembuatan produk kecantikan. 

Vitamin yang identik dengan warna oranye ini memiliki fungsi untuk memproduksi kolagen di dalam tubuh. Karenanya, vitamin C dapat membantu untuk meregenerasi sel kulit. 

Selain itu, vitamin C dapat meratakan warna kulit, memudarkan noda hitam, mengurangi kulit kusam dan membantu memperbaiki tekstur kulit yang kasar. Kandungan ini dapat ditemukan di beberapa produk, salah satunya adalah serum. 

2. Salicylic Acid

Dilansir dari halodoc.com, salicylic acid merupakan asam beta-hidroksi (BHA) yang masuk dalam jenis asam eksfoliasi. Eksfoliasi sendiri merupakan proses pengangkatan sel kulit mati.

Sama seperti vitamin C, salicylic acid ini berasal dari bahan alami dan juga dapat diproduksi secara sintetis. Adapun bahan alami tersebut bisa didapat dari pohon willow, buah-buahan dan sayur-sayuran. 

Asam salisilat memiliki fungsi utama membantu proses eksfoliasi, seperti yang sudah disebutkan diatas. Proses ini dapat membantu untuk membuka pori-pori yang tersumbat. 

Recommended nih untuk pemilik kulit jerawat. Pori-pori yang terbuka saat proses eksfoliasi akan membantu sel kulit bagian atas tetap bersih. 

Sayangnya, asam salisilat ini dapat menyebabkan kulit kering. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan pelembab setelah memakai produk yang mengandung salicylic acid

3. Glycolic Acid

Jika asam salisilat adalah asam BHA, maka asam glikolat adalah AHA-nya atau asam alfa hidroksi. Asam glikolat atau glycolic acid adalah turunan tebu dan diekstraksi dengan metode ekstraksi pelarut reaktif. 

Kandungan ini paling mudah menyerap dan memiliki efek yang lebih kuat. Hal ini dikarenakan dari semua AHA, asam glikolat memiliki molekul yang terkecil. 

Sama halnya dengan salicylic acid, glycolic acid juga memiliki kemampuan eksfoliasi. Skincare dengan kandungan ini biasanya ditujukan untuk kulit berjerawat. 

Kenapa? Asam glikolat memiliki kemampuan untuk merangsang pergantian sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. 

Selain itu, zat ini mampu merangsang produksi kolagen. Hasilnya, kulit akan bertambah ketebalannya dan mengurangi munculnya keriput. 

4. Acai Oil

Acai oil adalah minyak yang berasal dari buah palem acai yang tumbuh di hutan hujan Amazon. Buah ini kaya akan fenolik dan asam lemak palmitat yang bergizi. 

Fenolik adalah senyawa yang berperan sebagai antioksidan. Sedangkan asam lemak palmitat adalah zat yang berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit. 

Acai oil sendiri memiliki manfaat untuk mengembalikan elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Selain itu, acai oil juga memiliki kandungan emolien yang mampu menyembuhkan kulit pecah-pecah dan kulit kering

5. Rosehip Oil

Dari dulu, mawar sudah dikenal memiliki kandungan yang baik bagi kulit. Bahkan dulu saat kecil aku sering minum air rendaman mawar. Rasanya gimana? Seger polll! 

Dikutip dari laman halodoc.com, rosehip oil adalah minyak yang berasal dari buah mawar yang terletak di bawah kelopak bunganya. Minyak ini kaya akan kandungan vitamin C. 

Selain vitamin C, minyak dari bunga mawar ini juga mengandung vitamin E, provitamin A, antioksidan dan asam lemak esensial. 

Rosehip oil biasanya digunakan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus di wajah. Selain itu, minyak ini juga sangat ‘manjur’ sebagai antiinflamasi, juga mampu memperbaiki tampilan bekas luka. 

Kelebihan Skincare Berlabel Halal

Skincare Korea Halal: Kandungan yang Digunakan dan Kelebihan

Memakai skincare Korea halal selain dapat membuang keraguan, juga akan memperoleh manfaat lainnya. Apa saja sih manfaat yang didapat dari pemakaian produk perawatan kulit yang muslim friendly ini? 

1. Jaminan Produk Higienis

Semua produk skincare, terutama skincare Korea halal yang menjadi topik utama kita kali ini, haruslah melewati proses produksi yang mampu memenuhi standar halal. Area produksi harus jauh dari risiko kontaminasi bahan non halal. 

Selain area produksi, bahan hingga kemasan pun harus steril, higienis dan memenuhi standar halal. Hal ini untuk memastikan konsumen mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan, yakni produk skincare halal. 

2. Telah Melewati Prosedur yang Ketat

Karena produk skincare halal haruslah higienis, maka proses produksi pun tidak boleh sembarangan. Setiap prosesnya melewati prosedur yang ketat. 

3. Memakai Bahan yang Ringan untuk Kulit

Tidak semua skincare memakai bahan yang ringan. Ada beberapa produk yang dapat menimbulkan iritasi, terutama bagi kulit sensitif. 

Skincare halal tidak memakai bahan-bahan tersebut sehingga aman untuk kulit. Produsen biasanya menghindari alkohol dan bahan dasar dengan kandungan hewani untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. 

4. Ramah Lingkungan dan Tidak Memakai Animal Testing

Animal testing atau pengujian skincare terhadap hewan adalah hal yang menjadi permasalahan di dunia kecantikan. Uji ini kurang efektif dan hanya akan menyakiti si hewan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Mengingat gen manusia dan gen hewan tidaklah 100% mirip. Dan, skincare halal tidak melewati uji ini. Untuk itulah, banyak konsumen yang beralih ke produk ini. 

Ternyata selain manfaat, skincare halal menawarkan kelebihan lain yang tidak kalah dengan produk lainnya. Tapi, apa saja sih merk-merk yang memiliki cap halal ini? Baca di artikel selanjutnya tentang daftar merek skincare Korea halal, ya. 

Sumber: connect.in-cosmetics.com, isahalal.com

31 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Waah makasih kak, jadi nggak khawatir kalo mau beli skincare Korea Korea, otw glowing seperti oppa oppa🤗

    BalasHapus
  2. Wah ternyata sudah banyak skincare Korea yang halal ya karena terbuat dari bahan buah dan sayuran yang diolah secara higienis. Jadi aman ya kalau mau pake produk skincare Korea. Cuss ahhhh pake udah dijamin halal nih 😍

    BalasHapus
  3. Baru tahu sebutanya K-beauty, ngomongin skincare korea,, aku pernah bikin racikan dari tepung beras dan ragi hihihi, karena aku pernah baca-baca ingredient kosmetik korea dari bahan itu

    BalasHapus
  4. Woh ternyata ada banyak juga ya skincare dari korea. dan ternyata aman semua. Memang harus diuji secara baik sebelum diedarkan ke pasaran. Thanks infonya kak

    BalasHapus
  5. Aku biasa pake skincare lokal sih ya, eh tapi ada 1 lipbalm yg produk Korea. Emang kudu aware ama kehalalan skincare yaa.

    Syukurlah sekarang bisa ngecek kehalalannya via online.

    BalasHapus
  6. Skincare Korea halal umumnya menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan ramah bagi kulit. Hal ini menjadi daya tarik bagi konsumen yang ingin menghindari bahan-bahan kimia berbahaya yang berpotensi menimbulkan iritasi atau efek samping lainnya.

    BalasHapus
  7. Cocok nih bagi konsumen muslim. Biasanya ada konsumen tertentu yang memang pilih-pilih soal produk, termasuk skincare. Apalagi ini skincare Korea, jadi ngerasa seneng aja bacanya

    BalasHapus
  8. Wah sudah tenang ya kak kalau sudah ada skincare ala korea tapi halal..

    BalasHapus
  9. Bagi kita, apapun brand nya darimana pun asalnya, halah adalah yg terpenting ya, mb. Alhamdulillah banyak skincare korea yg halal, krn kiblat per skincare an kita kadang dari Korea ya

    BalasHapus
  10. Nah ini cukup penting diperhatikan. Nggak cuma makanan dan minuman aja yang mesti halal, tapi skincare juga perlu diperhatikan kehalalannya. Selain halal, kandungannya juga support untuk menjaga keehatan kulit wajah. Produk import pun tak mau kalah dengan produk lokal ya, sampai membuat produk skincare halal. Well, very nice article, saya jadi tau kalo ternyata ada juga produk skincare Korea halal yang bisa kita beli...

    BalasHapus
  11. Walau bahan bakunya halal tapi tetap harus memastikan lagi ya di setiap brand skincarenya. Skin care Korea sekarang banyak banget jenisnya, sampai bingung mau pakai yang merk apa hehe

    BalasHapus
  12. Tertarik banget buat mencoba skincare korea apalagi klo sudah ada label halalnya, btw skincare korea apa ya mba yang recomended Untuk kulit kering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nitip jawaban juga mbak, haha. Aku juga tertarik buat nyoba, secara sekarang paling terkenal itu skincare dari korea. Alhamdulillah halal ya mbak jadi makin pengen nyoba untuk kulit kering kaya aku gini.

      Hapus
  13. Kulit putih glowing seperti gadis-gadis Korea memang banyak diidam-idamkan ya.. Tidak salah kalau kemudian laku keras skincare Korea gini. Syukurlah rata-rata sudah berlabel halal.

    BalasHapus
  14. pernah baca tentang skincare korea yang memang aman dan halal tanpa uji testing animal dan bahan bakunya pun dari tumbuhan yg aman sehingga tanpa label halal pun skincare korea kebanyakan sudah aman

    BalasHapus
  15. Keren nih, Korea sangat memerhatikan konsumen Muslim yang harus hati-hati menggunakan produk yang bersentuhan dengan kulit, apalagi juga produk-produk yang dikonsumsi yah...
    Kalau gini kaan engga was-was beli skin care dari Korea.

    BalasHapus
  16. Skincare kalau ada Vitamin C udah jadi kuncian deh sebisa mungkin pakai skincare dengan kandungan itu, biar wajah cerah membahagiakan

    BalasHapus
  17. Korea emang kayaknya jadi tren centrenya skincare gitu ya. Secara kalau melihat kulitnya orang Korea tuh pada terjaga banget. Bagus sih kalau ada skincare Korea yang halal. Aku yo mau nyoba.

    BalasHapus
  18. Nah, gini dong seharusnya semua produk memberikan jaminan halal. Jadi umat muslim yang pakai aman dan nyaman.

    BalasHapus
  19. Bagus nih, jadi tambah pilihan skincare yang bisa dipakai. Korea memang terkenal dengan produk skincare yang berkualitas."

    BalasHapus
  20. Produk kecantikan korea memang sudah terkenal dan merajai pasar dunia ya, Mbak. Termasuk Indonesia. Pastinya mereka riset juga negara-negara tujuan pasar mereka. Misanya Indonesia penduduknya mayoritas muslim. Pastinya wajib memasarkan produk halal di Indonesia

    BalasHapus
  21. Nah keren nih, kalau mau pakai skincare, termasuk skincare Korea, wajib banget perhatiin ada jaminan halalnya apa gak. Terutama buat muslimah nih, kudu hati-hati soal kehalanan soalnya.

    BalasHapus
  22. Aku baru dengeri Acai Oil.
    Skincare Korea dengan merk yang aku suka kalau di kulitku alhamdulillah cocok-cocok aja.. Tapi bener, kudu paham juga sama ingredientsnya agar ketauan kalau pas breakout, misalnya.

    BalasHapus
  23. skincare dari korea ada juga ya yg muslim friendly alias halal, jadi gak ragu lagi kalo cewe2 muslim pengen produk skincare dari korea hehehe

    BalasHapus
  24. Korea selangkah lebih maju dgn bikin sertifikasi halal di skincare. Udh tahu skincare mereka tuh berkhasiat dan manjur sekali. Ditambah sertifikasi halal, bikin pengguna muslim mkn yakin deh menggunakannya.

    BalasHapus
  25. Yang pasti kalau kosmetik atau skincare yang halal itu lebih tenang, secara proses produksi nya lebih ketat

    BalasHapus
  26. Aku juga lagi oakai skincare ber AHA dan BHA. Lumayan vocok sih, ga terlalu kusam lagi wajahku..

    BalasHapus
  27. akupun kalau pilih skincare sebisa mungkin yang ramah lingkungan dan no animal testing biar nyaman dipakainya dan tidak merasa berdosa. hehe.

    BalasHapus
  28. Kehalalan skincare memang penting banget karena langsung diserap oleh kulit. Kadang yang bikin ragu mau pakai skincare luar (apalagi dari negara non-Muslim) tuh soal halal tidaknya.

    BalasHapus
  29. Cocok banget buat kita-kita yang muslim nih, dengan sertifikasi halal kita lebih tenang dalam menggunakan skincare ini ya mbak.

    BalasHapus
  30. Wah, jadipengen cobain skincare korea nih. Secara udah tersedia yang halal. Siapa tahu bisa jadi kayak oppa oppa. Hehe. Penting memang cari yang halal dan aman kandungannya

    BalasHapus