Punya Masalah Kulit Kering? Inilah Cara Merawatnya!

Konten [Tampil]

Punya Masalah Kulit Kering? Inilah Cara Merawatnya!

Kulit kering atau dry skin bisa menjadi masalah kulit yang cukup mengganggu. Permasalahan ini bisa menjadi pemicu masalah lain. Seperti kulit kusam, bersisik, hingga iritasi.

Untuk mengatasi permasalahan kulit yang kering, ada beberapa perawatan yang harus dilakukan. Apa saja? Langsung saja yuk, simak artikel ini sampai habis, ya!

Cara Merawat Kulit Kering

Punya Masalah Kulit Kering? Inilah Cara Merawatnya!

Setelah mengetahui penyebab, gejala hingga bahaya kulit kering yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, sekarang saatnya kita membicarakan bagaimana sih caranya merawat kulit yang kering ini? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi ini. Langsung aja, cuss!

1.     Hindari Cuci Muka dengan Air Panas

Hal yang pertama dan utama adalah hindari cuci muka dengan air panas. Kalau bagian tubuh yang kering bagaimana? Solusinya adalah jangan sering-sering mandi dengan air panas dan mandi dengan durasi sebentar. Sekitar 5 sampai 10 menit saja.

Kenapa? Dilansir dari halodoc.com, air panas dapat mengganggu fungsi dari kelenjar minyak yang ada di kulit. Yang mana fungsi dari kelenjar minyak ini adalah untuk melembabkan kulit. Lebih baik gunakan air dengan suhu yang normal-normal saja, alias air biasa.

2.     Pilih Produk Pembersih yang Tepat

Apakah pemilik dry skin tetap memakai metode double cleansing seperti dalam step perawatan kulit ala Korea untuk membersihkan wajah? Jawabannya adalah iya. Tapi, pilih pembersih/cleanser yang tepat.

Hindari produk yang mengandung pewangi untuk menghindari terjadinya iritasi kulit. Salah satu jenis cleanser yang direkomendasikan untuk kulit ini adalah micellar water.

Micellar water merupakan produk pembersih yang berbahan dasar air. Selain berfungsi untuk membersihkan, produk ini juga mampu menghidrasi kulit.

3.     Gunakan Moisturizer

Langkah ketiga dalam proses perawatan dry skin adalah dengan memakai pelembab atau moisturizer. Produk perawatan yang masuk ke dalam 3 basic skincare ini adalah kunci dari permasalahan kulit yang kering.

Pelembab memiliki tiga macam bentuk, yakni lotion, krim dan salep. Yang paling recommended untuk tipe kulit ini adalah krim dan salep. Jika dirasa belum optimal, kalian juga bisa memakai hydrating toner sebagai tambahan.

4.     Pilih Moisturizer Berbahan Dasar Minyak Alami serta Memiliki Tekstur Kental dan Berminyak

Pemilihan pelembab tidak sampai disitu saja. Untuk dry skin, pilih moisturizer dengan bahan dasar minyak alami. Seperti, minyak jojoba, minyak zaitun, ataupun shea butter.

Pilih juga pelembab yang mengandung bahan-bahan yang mampu menjaga kelembaban kulit. Seperti hyaluronic acid, gliserin, minyak mineral, lactic acid dan petrolatum.

Bagaimana cara memilih pelembab yang kental? Caranya adalah oleskan pada telapak tangan terlebih dahulu. Lalu, balikkan telapak tangan kalian. Jika menetes, berarti produk tersebut tidak cukup kental untuk kulit yang kering.  

5.     Hindari Produk Pemicu

Langkah terakhir adalah hindari produk yang dapat memicu kulit menjadi kering. Beberapa produk yang dapat menyebabkan kulit kering adalah produk dengan kandungan alkohol, pengharum, AHA (Alpha Hydroxy Acid), dan retinoid.

Hal-hal yang Harus Dihindari Oleh Pemilik Dry Skin

Punya Masalah Kulit Kering? Inilah Cara Merawatnya!


Selain merawatnya dengan beberapa langkah di atas, ada beberapa hal yang harus dihindari dalam proses perawatan kulit ini. Apa saja?

1.     Memilih Pelembab yang Salah

Pelembab atau moisturizer adalah salah satu ‘alat perang’ dalam kasus ini. Apalagi jika dipakai disaat yang tepat, misalnya setelah mandi atau cuci muka, fungsi moisturizer akan lebih maksimal.

Namun, salah dalam memilih produk ini akan menambah parah kulit yang telah kering. Bukannya sembuh malah tambah parah. 

2.     Mandi dengan Air Panas dan Durasi yang Lama

Ada beberapa orang yang suka sekali dengan mandi. Biasanya sambil main bisa atau bahkan sambil bawa mainan. Orang dewasa pun ada loh yang gini, hihi. 

Tapi, terlalu lama mandi dapat menyebabkan kekeringan kulit. Karena dapat menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit. Selain itu, hindari menggosok kulit secara berlebihan. Tepuk-tepuk dengan pelan untuk mengeringkan kulit.

3.     Terlalu Banyak Memakai Sabun

Selain air panas, sabun juga dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Apalagi yang mengandung detergen. Hindari penggunaan sabun yang terlalu banyak juga sabun yang mengandung pewangi tambahan.

4.     Udara yang Kering

Faktor lingkungan juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering, lho. Salah satunya adalah udara kering yang dapat menghilangkan kelembaban kulit. 

Selain udara alami, udara kering yang berasal dari AC atau pendingin ruangan juga dapat memicu permasalahan ini. Aku pernah mengalaminya. Saat seharian selama satu bulan lebih kulit ku terpapar AC, kulitku menjadi kering hingga bersisik.

5.     Paparan Sinar Matahari

Selain udara kering, faktor lingkungan lainnya yang dapat menghilangkan kelembaban kulit adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. 

Sinar matahari memang baik bagi tubuh, apalagi saat pagi hari. Tapi, terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat menyebabkan kelembaban kulit menurun. Untuk itu, gunakan sunscreen setiap dua jam sekali. 

Gimana nih, menurut kalian merawat dan menghindari penyebab dry skin ini sulit atau mudah? Selain kulit kering, ada juga yang namanya kulit dehidrasi. Simak perbedaan antara kulit yang kering dan kulit dehidrasi di artikel selanjutnya.

Sumber: alodokter.com

26 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Cuung aku punya wajah dry skin nih. Padahal waktu remaja berminyak banget loh...
    Udah dong menghindari AHA (Alpha Hydroxy Acid) & retinoid. Itu mau auto merah-merah kulitku. Trims remindernya

    BalasHapus
  2. Kalau punya dry skin emang butuh perawatan khusus yaa. Jika perlu ke dokter kulit biar dikasih pelembab yg bagus dan cocok.
    Plus kudu rajin minum air putih.

    BalasHapus
  3. Kulit aku sekarang berubah dari berminyak jadi kering. Udah mulai ganti skincare tapi masih tetap kering, sempat bingung. Tapi mungkin karena aku masih pakai AHA kali yaa seperi tulisan mbak diatas

    BalasHapus
  4. Wah baru tau nih, hindari cuci muka dengan air panas, karena ternyata berdampak pada fungsi kelenjar minyak. Kena lagi deh, saya juga mandinya lama, tapi nggak bawa mainan. Cuma emang enak aja guyur-guyur saat cuaca panas. Makasih infonya ya, jadi tau nih....

    BalasHapus
  5. Menurut aku moisturizer adalah koenci sih, terutama untuk yang punya kulit kering! Aku ngerasain sendiri perbedaannnya setelah rutin menggunakan moisturizer karena kulit jadi makin lembab, plumpy, dan terlihat lebih sehat

    BalasHapus
  6. Yang kulitnya kering, memang harus ekstra merawat kulitnya. Karena kalau sangat kering, malah kayak seperti pecah atau bersisik. Apalagi kalau sehari-hari beraktivitas di luar rumah. Jadi memang jurusnya menggunakan pelembab kulit.

    BalasHapus
  7. agak tricky sih emang kalau punya kulit kering

    Harus pakai moisturizer. Tapi nggak boleh asal pilih.

    Selain itu, cuci muka pake sabun itu bikin satisfy kalau bisanya melimpah.

    Sayangnya, malah nggak boleh ya. hehehe

    BalasHapus
  8. Saya juga memiliki masalah kulit kering, dan saya sudah mencoba beberapa tips dalam artikel ini. Hasilnya, kulit saya terasa lebih lembap dan sehat! Asal telaten dan terus mengupayakan yah....

    BalasHapus
  9. Kulit kering ini kudu cerdas ya dalam memilih moisturizer yang tepat. Karena tingkat kelembaban yang dibutuhkan tiap kulit masing² orang pastinya berbeda

    BalasHapus
  10. Wah aku juga kulitnya kering mbak dan emang senang pakai moisturizer. Tapi, nggak pernah lihat kandungannya, asal moisturizer aja. Ternyata harus lihat juga kandungannya ya seperti minyak jojoba, minyak zaitun, ataupun shea butter.

    BalasHapus
  11. Huwaaaa.... kalau cuci muka dengan air panas jelas tidak lah ya.. Tapi kalau dengan air hangat, iya, kadang-kadang. Tapi ternyata air hangat pun enggak boleh ya...

    BalasHapus
  12. Memiliki kulit kering memang sedikit menangtang ya
    Tapi selama dirawat dengan baik, kulit kering juga bisa terawat ya

    BalasHapus
  13. Wajah ibuku kering. Kapan lalu salah pilih pelembab. Jadinya apa ya kayak mengelupas gitu. Memang penting ya ternyata memperhatikan jenis kulit dan pelembab

    BalasHapus
  14. Ternyata produk skincare berkandungan alkohol, pengharum, AHA (Alpha Hydroxy Acid), dan retinoid itu ga baik ya kak. Itu malah bikin kulit makin kering.

    Nah tuh. Hrs cek bahan skincare kita tuh. Jgn sampe ada kandungan itu kalo ga mau kulit kalian akan smkn kering.

    BalasHapus
  15. Setiap kulit memang membutuhkan penanganan khusus ya untuk merawatnya termasuk untuk yang pemilik kulit kering, pastinya tips di atas sangat bermanfaat buat para pemilik kulit kering

    BalasHapus
  16. Ternyata terlalu banyak memakai sabun bisa bikin kulit jadi kering ya mbak? Baru tahu aku sih. Soalnya aku sering banget mandi dan cuci muka berkali2 biar puas aja gak berminyak.

    BalasHapus
  17. Setiap jenis kulit punya cara perawatannya juga berbeda-beda ya. Nah, buat yang kulitnya kering, jangan cuci wajah pakai air panas, ya. Soal ini, saya juga baru tahu ternyata.

    BalasHapus
  18. Saya bukan termasuk yang punya kulit kering tapi juga lumayan menghindari mandi dengan air panas. Kenapa? takut melepuh kulitnya, jadinya paling pake air hangat saja

    BalasHapus
  19. Mandi dengan air panas ... atau air hangat kali ya ... dalam durasi yang lama (bahkan cuci muka doang nih) memang nggak disarankan terutama buat si pemilik tipe kulit kering. Apalagi semakin usia menanjak, tipe kulit pun cenderung berubah jadi kering. Lebih baik memang pakai air bersuhu ruang atau dingin sih ya. Bikin segar juga jadinya.

    BalasHapus
  20. Kulitku kering nih, kok ya pas baca artikel ini, mau cobain tips yang diberikan
    Terima kasih sharingnya ya

    BalasHapus
  21. Mungkin pake penyegar dari air mawar bisa juga membantu ya mbak. Aku ini termasuk jenis kulit kering, bearti harus bener-bener detail untuk cek ingredient skincare sebelum membeli ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah soal kulit wajah memang ga boleh sembarangan sih ya. Kudu pilih perawatan yg tepat biar kulit ga cpt rusak.

      Hapus
  22. Aku termasuk yang punya kulit kering nih. Kadang jadi rentan gatal. Waktu itu ke dokter dan diminta untuk pakai losion pelembab yang non-parfume. Bener sih, kalau habis mandi air hangat aja langsung berasa keringnya.

    BalasHapus
  23. basic skincare harus banget digunakan mau kondisi dan jenis kulit kita apapun yaaa, apalagi kulit kering dan bener banget hindari cuci muka pakai air hangat

    BalasHapus
  24. Ternyata ngerawat dry skin juga sama aja ya kak, gak mudah. Gak boleh terlalu lama atau sering mandi air hangat juga ya. Terus produk skincare harus menghindari produk produk dengan kandungan alkohol, pengharum, AHA, dan retinoid.

    BalasHapus
  25. Sebagai mantan pemilik kulit kering aku bener-bener berharap bisa belajar tentang basic skincare ini lebih awal. Soalnya dulu ngasal banget skincare-annya berujung pada kulit jadi berjerawat.

    BalasHapus