Kandungan Skincare Korea untuk Kulit Kering dan Kusam

Konten [Tampil]
Kandungan Skincare Korea untuk Kulit Kering dan Kusam

Permasalahan dry and dull skin menjadi salah satu masalah dari sekian banyaknya permasalahan kulit. Skincare Korea untuk kulit kering dan kusam menjadi salah satu pilihan untuk mengentaskan masalah ini. 

Sebelum memilih produk perawatan untuk kulit kering dan kusam, alangkah baiknya kalian mengetahui apa saja bahan yang direkomendasikan untuk mengatasi permasalahan ini. Tujuannya agar tidak salah memilih produk. 

Kandungan yang Harus Ada di Skincare Korea untuk Kulit Kering dan Kusam

Kulit kering dan kusam disebabkan oleh beberapa hal. Seperti penumpukan sel kulit mati, proses penuaan, kulit dehidrasi dan paparan sinar matahari yang berlebih. Untuk mengatasinya, kalian bisa memakai skincare Korea untuk kulit kering dan kusam yang dirancang dengan menggunakan bahan-bahan yang tepat. 

Apa saja sih kandungan yang mampu mengatasi dua masalah tersebut?

1.     Vitamin C 

Kandungan yang pertama adalah vitamin C. Vitamin ini bersifat anti radang dan antioksidan yang mampu melembabkan dan mencerahkan kulit. 

Kandungan Skincare Korea untuk Kulit Kering dan Kusam

Fyi, aku juga punya masalah kulit kering dan kusam. Dan aku pake serum Vitamin C dan yaa seperti yang diharapkan, kelembaban kulit mulai kembali dan warna kulit terlihat lebih cerah berdasarkan pengamatan orang sekitarku. Lope-lope pokoknya sama vitamin ini.

Selain dua manfaat diatas, vitamin yang identik dengan warna oranye ini juga mampu menangkal radikal bebas dan menjaga kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari, lho. Keren! 

Vitamin C juga dipercaya dapat merangsang produksi kolagen. Kalian bisa mendapatkan vitamin ini dari beberapa produk skincare. Seperti moisturizer, serum, facial wash dan face oil

2.     Vitamin E

Yang kedua adalah vitamin E. Sama seperti sodaranya, yaitu vitamin C, kandungan ini memiliki sifat antioksidan yang mampu memperbaiki kerusakan pada jaringan kulit. 

Vitamin E juga dapat menjaga kelembaban kulit dan memperbaiki struktur kulit kering dan kusam, lho. Doi juga biasa dipakai sebagai skincare pencegah penuaan dini. 

3.     Niacinamide

Pejuang kulit kering kayaknya udah nggak asing ya sama kandungan satu ini. Niacinamide atau bentuk dari vitamin B3 ini adalah salah satu kandungan yang dapat membantu permasalahan dry skin

Manfaat yang bisa didapat dari pemakaian skincare yang mengandung niacinamide adalah mencerahkan, menghaluskan serta membantu pembentukan keratin. 

Vitamin B3 ini tentunya dapat melembabkan kulit dengan cara meningkatkan fungsi dari lapisan minyak dan air yang ada pada kulit. Niacinamide dapat kalian temukan pada beberapa produk. Seperti face wash, moisturizer dan serum.

4.     AHA (Asam Alfa Hidroksi)

Selanjutnya adalah asam alfa hidroksi atau yang dikenal luas sebagai AHA. Zat ini bisa didapatkan dari hewan atau tumbuhan. Misal, susu, tebu, apel dan jeruk. 

AHA bisa dipakai sebagai eksfoliator. Karena dia mampu pengelupasan kulit juga merangsang tumbuhnya jaringan kulit baru. 

5.     Asam Salisilat 

Siapa disini yang masih pakai sabun cuci muka dengan kandungan alkohol di dalamnya? Coba cek sekarang deh. 

“Sabun dengan kandungan alkohol adalah salah satu pemicu kulit kering.” 

Lebih baik gunakan sabun yang bebas alkohol. Sebagai gantinya, kalian bisa memilih produk dengan kandungan asam salisilat. 

Apa sih fungsinya? Asam ini mampu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak. Tentunya tanpa membuat kulit jadi kering. 

Selain sabun, kalian juga bisa mendapatkan manfaat kandungan ini dari produk obat oles. Obat ini juga berperan untuk membantu pengelupasan sel kulit mati. Dimana sel-sel ini menjadi salah satu pemicu kulit kusam. 

6.     Asam Hialuronat 

Selain niacinamide, hyaluronic acid atau asam hialuronat menjadi zat yang sering dikandung produk untuk kulit kering dan kusam. 

Sebenarnya, tubuh manusia sudah mengandung asam ini secara alami. Sayangnya karena beberapa faktor, produksinya dapat menurun. 

Fungsi dari hyaluronic acid tentunya adalah melembabkan kulit. Zat ini mampu mengikat molekul air yang membuat kulit tetap lembab. Kandungan ini juga dapat membantu kulit jadi lebih glowing dan sehat, lho.  

7.     Ceramide

Sama seperti hyaluronic acid, tubuh kita secara alami juga telah memiliki kandungan ceramide yang dihasilkan oleh jaringan kulit. Namun, jika kulit dalam kondisi kering dan kusam, kandungan ceramide dalam kulit akan berkurang. 

Jika kondisi tersebut sedang terjadi, salah satu solusinya adalah dengan memakai skincare yang memiliki kandungan ceramide. Manfaat yang akan didapat adalah kulit lebih lembab dan cerah. 

8.     Shea Butter 

Shea butter merupakan lemak yang berasal dari ekstraksi pohon shea. Kalian bisa memakai skincare Korea untuk kulit kering dan kusam yang memiliki kandungan lemak ini. 

Kandungan Skincare Korea untuk Kulit Kering dan Kusam

Lemak ini dipercaya mampu mengunci kelembaban pada kulit. Produk dengan kandungan shea butter biasa dijual dalam bentuk krim dan masker. Gunakan masker 1 sampai 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

9.     Ekstrak Beras Putih 

Beberapa penelitian mengatakan jika ekstrak beras putih memiliki kandungan resveratrol. Zat apakah itu? 

Resveratrol adalah senyawa yang biasa ditemukan di beberapa jenis buah dan kacang. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan anti radang yang dapat memproduksi kolagen.

Ekstrak beras putih memiliki manfaat untuk melembabkan kulit. Selain itu, kandungan ini juga dapat mencegah dan memperbaiki kulit yang telah mengalami penuaan. 

10. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya telah lama digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kulit dan rambut. Hal ini dikarenakan lidah buaya dapat digunakan sebagai pelembab alami. 

Selain pelembab, aloe vera juga memiliki zat yang dipercaya mampu mengurangi peradangan. Tanaman berduri ini juga dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam, lho. 

Menariknya lagi, lidah buaya juga dapat membantu perbaikan kulit yang rusak akibat sunburn atau terbakar sinar matahari. Berjasa banget ya si ijo ini. 

Wah, banyak juga ya bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit kering ini. Tentunya, bahan-bahan ini juga bisa kalian temukan dalam skincare Korea untuk kulit kering dan kusam. Tapi, gimana sih caranya kita bisa tau kulit kita termasuk kering atau tidak? Kalian bisa baca artikel ku tentang tes kulit wajah ini, ya!

Sumber: alodokter.com

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.