Skincare Korea untuk Kulit Kering Tuh yang Gimana Sih?

Konten [Tampil]

Skincare Korea untuk Kulit Kering Tuh yang Gimana Sih?

Produk K-beauty sudah terkenal akan keberhasilannya dalam mengatasi berbagai problem kesehatan kulit. Salah satunya skincare Korea untuk kulit kering.

Kenapa skincare asal negeri ginseng ini ampuh untuk mengatasi kulit kering? Usut punya usut, ternyata dunia per-skincare-an Korea memang fokus untuk menghidrasi kulit. Yang mana, hidrasi ini sangat dibutuhkan untuk pemilik kulit kering. 

Tips Memilih Skincare Korea untuk Kulit Kering

Dalam proses perawatan kulit ala Korea, dikenal step skincare routine dengan produk dan perlakuan yang berbeda. Tapi, produk skincare Korea untuk kulit kering itu yang gimana sih? Langsung aja yuk, cekidot

1.     Cleanser 

Double cleansing adalah kunci glowing nya orang Korea. Personil pertama dalam teknik ini adalah cleanser

Jenis cleanser yang umumnya dipakai untuk kulit kering adalah cleansing oil. Selain membersihkan, cleanser ini juga mampu melembabkan kulit. 

Bahan-bahan yang direkomendasikan dalam produk pembersih untuk kulit kering adalah hyaluronic acid dan ceramide. Terkadang, kulit kering juga dibarengi dengan kulit sensitif. Pilih cleanser yang bebas alkohol, pewarni juga yang tidak memiliki sifat hypoallergenic

2.     Face Wash

Face wash atau sabun cuci muka adalah produk kedua dalam step ini, juga sebagai salah satu personil double cleansing. Sabun yang cocok untuk kulit kering adalah sabun dengan bahan yang lembut dan terhindar dari produk tambahan yang keras. 

Contoh produk tambahan yang bersifat keras adalah alkohol, pewangi, pewarna dan lainnya. Kebetulan aku juga punya dry skin, dan sabun yang ku pilih juga bebas dari bahan-bahan tersebut. 

Hasilnya gimana? Mulussss, guys! Tidak seperti produk-produk sebelumnya yang aku coba. Tapi ingat, tidak hanya face wash saja yang dibutuhkan. Sampai saat ini aku masih terus mencari produk-produk lain yang cocok untuk kulit kering ku ini. 

Oh iya, ada beberapa bahan yang sebaiknya ada dalam produk face wash for dry skin. Diantaranya adalah aloe vera, hyaluronic acid, ceramide, glycerin dan niacinamide

Selain itu, ada beberapa bahan yang harus kalian hindari nih. Yaitu asam sulfat, salicylic acid dan paraben. 

Aku pernah beli face wash dengan kandungan minyak zaitun yang memang dikenal dapat melembabkan kulit. Tapi, udah habis dua botol kok nggak ada perubahan. Ternyata setelah ku cek ada asam sulfat nya. Langsung stop dan ganti produk yang sampe sekarang ku pake. 

3.     Exfoliator 

Skincare Korea untuk Kulit Kering Tuh yang Gimana Sih?

Sel-sel kulit akan terus mengalami regenerasi, yang mengakibatkan sel kulit mati akan menumpuk. Jika dibiarkan, akan membuat kulit tampak kusam, juga kering. 

Hal ini bisa diatasi dengan melakukan eksfoliasi. “Tapi, katanya kulit kering nggak boleh eksfoliasi?” Boleh, kok. Asal jangan berlebihan.

Eksfoliasi ada dua macam, yakni chemical exfoliator dan mechanical exfoliator. Dengan melakukan keduanya, akan meningkatkan tingkat elastisitas dan hidrasi kulit. 

Lakukan eksfoliasi 1 sampai 2 kali dalam seminggu dengan menggunakan produk yang dry skin friendly, alias produk yang memiliki tekstur lembut. 

4.     Hydrating Water 

Hydrating water yang biasa dipakai adalah toner. Produk ini penting digunakan oleh dry skin. Fungsinya adalah untuk melembabkan kulit. 

Dilansir dari IDN Times, salah satu bahan dasar yang direkomendasikan adalah aloe vera. Kandungan ini mampu menjaga kelembaban dan menenangkan kulit iritasi yang biasa terjadi pada kulit dengan tingkah kekeringan yang parah. 

Selain aloe vera, kandungan lain yang disarankan adalah vitamin E. Kandungan ini mampu mengembalikan kelembaban alami yang hilang. Selain itu, doi juga dapat membuat kulit tampak lebih segar. 

5.     Essence 

Selain toner, produk lain yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit adalah essence. Produk ini populer dikalangan wanita Korea karena diyakini mampu menghidrasi kulit dan membantu penyerapan skincare lainnya sehingga lebih optimal. 

Essence yang baik untuk kulit kering sebaiknya pilih yang dapat menghidrasi kulit setelah pemakaian pembersih. Bahan yang harus dihindari adalah alkohol. Apalagi jika alkohol yang terkandung dalam jumlah tinggi. 

Kandungan recommended untuk kulit kering adalah aloe vera, marigold, camomile, cucumber extract, green tea dan glycerin

6.     Serum

Skincare korea untuk kulit kering selanjutnya adalah serum. Selain toner dan essence, kulit kering juga direkomendasikan untuk memakai serum karena lebih mudah menyerap. Selain itu, serum juga dapat mengunci kelembaban kulit dan menjaganya dengan intens.

Bahan yang recommended untuk kulit kering adalah hyaluronic acid dan vitamin C. lagi-lagi hyaluronic acid! Memang kandungan ini ampuh banget untuk permasalahan kulit kering.

Fungsi dari asam hialuronat ini adalah untuk mengunci kelembaban dan dapat membuat kulit lebih halus. Sebenarnya, hyaluronic acid sudah ada dalam tubuh kita. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, jumlahnya mulai berkurang.

Aku sendiri memakai serum vitamin C. Selain dapat menjaga kelembaban, serum vitamin C juga mampu meratakan warna kulit.

7.     Mask

Selanjutnya adalah masker. Di Korea, jenis masker yang paling umum digunakan adalah sheet mask atau masker lembaran. Masker jenis ini adalah salah satu inovasi pengembangan produk perawatan kulit. Diciptakannya produk ini sejalan dengan prinsip K-beauty yang lebih mengutamakan menghidrsi kulit.

Lagi-lagi kalian dianjurkan untuk memilih sheet mask dengan kandungan hyaluronic acid. Selain itu, ceramide, glycerin dan peptide juga bisa jadi pilihan.

Kandungan-kandungan tersebut dipercaya mmapu menjaga kandungan air dalam kulit. Selain itu, mereka juga mampu menghidrasi dan menjaga kekenyalan kulit.

Gimana nih, buat kalian para pemilik kulit kering sudah tau kan skincare Korea untuk kulit kering itu yang gimana? Untuk selanjutnya, aku akan membahas rekomendasi cleanser yang cocok untuk kulit kering. Nantikan, ya!

Sumber: earthrythm.com, halodoc.com, IDN Times, klikdokter.com, kontan.co.id, skintypesolutions.com

18 komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.
  1. Kulitku tipikal kombinasi, jadi kadang bisa kering, tapi bisa basah banget. Terutama kalau cuacanya panas. Dari semua skincare itu, biasanya yang aku pakai essence sama serum aja

    BalasHapus
  2. Kalo aku tipe kulit berminyak. Gampang berjerawat tapi entah mungkin ada perubahan juga, atau pengaruh cuaca ya, kulitku jadi kering sekarang.

    BalasHapus
  3. Skincare korea ini memang lengkap sekali dan tahu kebutuhan ya, termasuk bagi yang memiliki kulit kering. Terus rangkaiannya pun lengkap. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

    BalasHapus
  4. Kalau kulitnya kering tetap harus double cleansing ya Kak? Yg penting memakai skincare yg tepat . Skincare Korea emang bagus2 kualitasnya.

    BalasHapus
  5. Aku lagi pingin banget cobain Beauty of Joseon.
    Recommended gak yaa.. buat kulit Normal to Oily Skin?
    Beneran kalau kulit kering tuh memilih bahan-bahan skincare yang tepat agar gak makin ketarik dan bikin kulit cepat menua.

    BalasHapus
  6. Kulit dengan tipe kering ini memang membutuhkan perawatan yang kontinue seperti kulitku yang memang cenderung lebih kering. Pemakaian penyegar dan pelembab ini juga sangat membantu sich.

    BalasHapus
  7. Kalau untuk kulit wajah, aku masuk kategori kombinasi, tapi kalau kulit badan, termasuk kulit kering jadinya aku pakai ekstra lotion agar kulit tidak kering dan gatal, kalau kulit wajah aku pakai krim siang dan masker malam, hidrasi kulit seperti penjelasan kakak nih bener banget, kulit jadi kerasa kenyal

    BalasHapus
  8. Eksfoliator ini nih yang gak bisa di skip.
    Memang perlu deh untuk menjadikan kulit lebih bersih. Cuma buat daku suka ke skip, padahal harusnya seminggu 2x sih ya

    BalasHapus
  9. Aku tuh nggak pasti dengan jenis kulitku sendiri. Kadang aku merasa kulitku kering banget. Tapi, saat pakai bedak, kulitku cepet banget mengkilapnya. Jadi, kupikir kulitku juga berminyak.

    Jadi, emang agak susah menentukan mau pakai skincare apa.

    BalasHapus
  10. Apapum tipe kulit double cleansing wajib dilakukan. Kulit yang bersih membuat skincare bekerja lebih optimal

    BalasHapus
  11. Ternyata kulit kering tetap harus eksfoliasi ya? Kirain kulitnya bisa iritasi dan lecet.

    BalasHapus
  12. Exfoliator memang harus sesuai anjuran sih pakenya. Tau sendiri kan kulit kering itu butuh dirawat pelan², biar nggak rusak.

    Next, boleh dong bikin artikel yg sama tapi buat kulit berminyak, hehe.. Plus rekomendasi produknya ya. Tengqyuh..

    BalasHapus
  13. dari semua jenis produknya, yang belum pernah kucoba exfoliator. gak tahu kenapa, belum berani nyobain. belum kebayang kalau kulitku diexfo. katanya sih emang jadi lebih sehat. tapi entahlah

    BalasHapus
  14. saya lakukan ragkaian di atas semuanya kalau pas lagi ga malas, tapi kalau sudah malas terlewat bahkan hampir semuanya kecuali cuci muka sudah pasti

    BalasHapus
  15. Treatmentnya secara general mirip sama beberapa jenis kulit ya. Aku paling pake face wash aja sama masker, padahal kulitku kering, wkwkwk.

    BalasHapus
  16. Saya tuh, suka terkagum-kagum dengan kulit wajah para pemeran drama Korea, mulus-muluus. Harus rajin merawat wajah biar jadi seperti mereka juga ya hehehe

    BalasHapus
  17. Saya juga terbiasa dengan double cleansing, rasanya jadi lebih nyaman di kulit. Toner dan serum, sudah biasa pakai. Yang belum tuh yang essence nih..

    BalasHapus
  18. iyaa ya pantesan banyak orang korea tuh kulitnya kek kenyal gitu loh, emang kandungan airnya terjaga ga sampe yang kuering banget

    BalasHapus