Korean Stuff

Webinar Zoom “Menjadi Wanita Bahagia” Bersama Blogspedia

Konten [Tampil]

 

Webinar Zoom “Menjadi Wanita Bahagia” Bersama Blogspedia

Menjadi bahagia adalah keinginan setiap insan manusia. Entah itu laki-laki maupun perempuan, dimanapun dan kapanpun berada. Namun, hidup tidak semulus kulitnya Baekhyun. Akan selalu ada rintangan yang akan dilalui dalam hidup. Tanggal 28 Juli 2023 kemarin aku mengikuti sebuah webinar zoom yang diadakan oleh komunitas Blogspedia.

Kegiatan zoom webinar sudah tidak asing dalam kehidupan kita beberapa tahun kebelakang. Pasalnya, kegiatan ini telah ada sejak virus COVID-19 melanda dunia. Pandemi ini mengakibatkan banyak pertemuan termasuk seminar dibatalkan akibat larangan interaksi secara langsung dengan sesama.

Karena hal tersebut, diadakanlah seminar online yang biasa disebut dengan webinar. Nah, salah satu aplikasi yang digunakan dalam penyelenggaraan webinar dalam Zoom Meeting. Kegiatan ini cukup mudah untuk diadakan. Sebab akan memangkas berbagai biaya yang diperlukan. Maka dari itu, setelah COVID-19 merajalela banyak sekali seminar online yang diadakan dan tak jarang pula tanpa memungut biaya sepeserpun.

Manfaat Webinar Zoom

Webinar zoom memiliki banyak manfaat, sama halnya seperti seminar offline pada umumnya. Apa saja sih manfaat yang diperoleh dari mengikuti kegiatan ini?

1.     Update Skill dan Pengetahuan

Seminar bukanlah kegiatan ‘say hi’ saja, tetapi kegiatan ini dapat menambah pengetahuan bagi pesertanya. Selain itu, ada beberapa seminar yang memungkinkan pesertanya untuk meng-update skill yang telah dimiliki. Biasanya pihak penyelenggara mengundang para ahli sesuai dengan tema yang diangkat.

Seperti webinar Zoom yang aku ikuti semalam. Temanya adalah “Menjadi Wanita Bahagia” dengan speaker Mbak Faizah, M.Psi. yang merupakan seorang psychologist dan HR recruitment. Banyak sekali insight yang didapat dari acara ini. Apa saja? baca sampai habis, ya!

2.     Mendapatkan E-certificate

Ada beberapa pihak penyelenggara yang menyediakan sertifikat untuk peserta yang mengikuti kegiatan yang telah diadakan. Sertifikat memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa dipakai untuk melamar pekerjaan sebagai bukti bahwa kalian memiliki pengalaman dan pengetahuan. Ada yang bilang “Ikuti saja semua kegiatan positif selagi kamu bisa, siapa tau dikemudian hari sertifikatnya berguna.”

Screening Test Kesehatan Mental

Acara ini tidak hanya diikuti oleh member Cupuers saja, lho. Kegiatan diawali dengan moderator yang membuka acara dan kemudian pengenalan Blogspedia oleh Coach Marita Ningtyas selaku Founder Tongkrongan Blogger Cupu ini.

Tidak berlama-lama acara kemudian diambil alih Mbak Faizah, M.Psi selaku pembicara pada acara ini. Ada yang menarik nih. Peserta tidak langsung diberi materi megenai mental health. Peserta diberi sebuah tes kesehatan mental terlebih dahulu. Apakah sejauh ini sudah bahagia dalam menjalani hidup atau belum.

Bagaimana tesnya? Peserta diberi 12 pertanyaan dengan tiga pilihan jawaban, yaitu a) Ya, b) Tidak, dan c) Kadang-kadang.pserta diminta untuk memilih salah satu jawaban. Ke-12 pertanyaan ini dijawab sejujur-jujurnya dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Daftar pertanyaannya adalah sebagai berikut.

  1. Apakah dalam satu bulan kamu merasa mampu melakukan hal bermanfaat dalam hidup?
  2. Dalam satu bulan terakhir seberapa sering kamu merasa bahagia?
  3. Dalam satu bulan terakhir, apakah kamu bisa menikmati kegiatan sehari-hari?
  4. Dalam satu bulan terakhir apakah kamu bisa menghadapi masalah-masalah yang ada?
  5. Dalam satu bulan terakhir apakah kamu bisa berkonsentrasi terhadap pekerjaan yang dikerjakan?
  6. Dalam satu bulan terakhir apakah kamu merasa tenang dan damai?
  7. Dalam satu bulan terakhir, adakah perasaan tidak sanggup atasi kesulitan?
  8. Dalam satu bulan terakhir, apakah sulit untuk ambil keputusan?
  9. Dalam satu bulan terakhir, apakah susah tidur karena khawatir?
  10. Dalam satu bulan terakhir, apakah anda merasa kehilangan kepercayaan diri?
  11. Dalam satu bulan terakhir, seberapa sering merasa tidak berguna?
  12. Dalam satu bulan terakhir, apakah kamu merasa tidak bahagia dan tertekan?

Setelah selesai menjawab semua pertanyaan yang ada, saatnya menghitung berapa nilai yang kita peroleh. Tenang, nggak sesulit ujian matematika kok. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Beri angka 1 untuk semua huruf c (dari nomor 1-12).
  2. Untuk nomor 1-6, berikan angka 0 untuk huruf a.
  3. Jika pada nomor 1-6 terdapat huruf b, beri angka 2.
  4. Pada nomor 7-12, berikan nilai 2 untuk jawaban a.
  5. Masih pada nomor 7-12, berikan angka 0 untuk huruf b.
  6. Setelah selesai, total semua angka yang ada.

Ketentuan:

  1. Jika total yang didapat dari rentang angka 0-6, maka kalian dalam kondisi bahagia, nyaman dengan kehidupan yang sekarang dan punya kontrol penuh dalam hidup.
  2. Jika total yang didapat dari rentang angka 7-12, maka bisa dibilang cukup bahagia. Meskipun ada masalah tapi masih bisa mengatasi. Tetap bisa berkegiatan sehari-hari dan masih punya kendali dalam diri. Jika dalam kondisi ini, saat ingin bercerita jangan ditahan, cari teman bercerita. 
  3. Jika total yang didapat 13-18, ada sesuatu yang mengganjal. Kebahagiaan tidak terlalu buruk namun terdapat hal-hal yang mengganjal di kehidupan sehari-hari.
  4. Jika 18-24, bisa dibilang sedang dalam kondisi dimana harus cari solusi. Kondisi kesehatan mental sedang tidak baik-baik saja. Segera minta bantuan pada orang-orang yang dipercaya dan harus tetap menghubungi pihak profesional.

“Tidak ada hubungannya psikis dengan iman. Karena psikis sama seperti fisik yang kondisinya bisa menurun.” – Faizah, M.Psi.

Bagaimana Definisi Bahagia Itu?

Definisi bahagia menurut kalian itu bagaimana sih? Apa karena gajian, bisa beli album idol KPop, mendapat kado, punya pasangan idaman, atau yang lain? Hal-hal tersebut bukanlah jaminan dari sebuah kebahagiaan.

Kebahagiaan dapat didefinisikan sebagai perasaan nyaman, aman dan puas. Kenyataanya, bahagia merupakan kondisi dalam diri kita dimana kita bisa menerima apa yang kita punya dan menikmatinya. Jika kita sudah memiliki semuanya namun tidak bahagia, bisa jadi mindset kita lah yang perlu diubah agar lebih mudah mencapai kebahagiaan.

Fakta Menarik Mengenai Wanita

  1. Menurut penelitian Homewood Health United Kingdom, 47% perempuan berisiko tinggi mengalami gangguan mental dibandingkan dengan 36% pria. Perempuan hampir dua kali lebih mungkin didiagnosisi depresi dibandingkan dengan pria.
  2. Perempuan lebih mengambil alih urusan domestik rumah. Termasuk jika ada anggota keluarga yang sakit maka akan menjadi tanggungjawab perempuan.
  3. Tuntutan yang tinggi terhadap perempuan, berbeda dengan pria.

Karena ketiga fakta diatas, mental health perempuan lebih rentan daripada pria. Apalagi jika sudah berumah tangga. Padahal, urusan pekerjaan rumah tidak hanya dibebankan kepada pihak perempuan saja, dan tidak semua laki-laki bisa memahami hal ini. Yuk, para laki-laki ayo lebih pahami kondisi perempuanmu!

Apa Saja yang Membuat Kebahagiaan Wanita Naik Turun?

Wanita itu kebahagiannya bisa up and down. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Apa saja sih?

1. Masalah Biologis

Ada sebuah istilah yaitu PMS yang merupakan singkatan dari pra menstruasi. Istilah ini biasa diartikan sebagai perempuan menjadi singa. Aku sebagai seorang perempuan mengakui hal ini. Bukan tanpa sebab, hal ini terjadi karena pada saat menjelang menstruasi hormon wanita menjadi tidak stabil. Akibat yang ditimbulkan umumnya mudah marah.

Tidak hanya PMS saja, hormon yang tidak seimbang ini juga terjadi pada ibu hamil. Pada kondisi ini, kimia otak sedang mengalami ketidakseimbangan. Selain itu, penyakit fisiologis juga dapat mempengaruhi naik turunnya kebahagiaan wanita.

2. Adanya Trauma Masa Lalu

Unfinished business atau trauma di masa lalu dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mental. Trauma di masa kecil, pernah mengalami kekerasan, kecelakaan, korban bullying, pelecehan, atau masalah di tempat kerja sebelumnya, dapat menjadi pemicu terganggunya kesehatan mental pada wanita.

3. Pola Hidup Buruk 

Pola hidup yang buruk seperti pola tidur yang berantakan, makan tidak teratur, minum tidak cukup dapat menyebabkan naik turunnya mood wanita. Hal ini bisa menyebabkan mellow sendiri, merasa sedih sendiri, padahal hidupnya sudah berkecukupan dari berbagai aspek.

4. Kurangnya Interaksi Sosial

Manusia hakikatnya adalah makhluk sosial yang memerlukan makhluk lain, dalam hal ini sesama manusia. Kurangnya interaksi sosial dapat mempengaruhi kesehatan mental kita nih, Keys.

Meskipun hasil tes MBTI kalian menunjukkan jika kalian berkepribadian introvert, hal ini tidak bisa menghalangi untuk berinteraksi di masyarakat. 

Kepribadian manusia itu bisa berubah-ubah. Dalam kurun waktu 3-6 bulan, manusia bisa berubah dari introvert ke extrovert.

5. Hubungan dengan Pasangan Cukup Buruk

Hubungan dengan pasangan yang tidak baik-baik saja dapat mempengaruhi up and down nya kebahagiaan perempuan. Selain dengan pasangan, memburuknya hubungan dengan orang sekitar juga menjadi salah satu penyebab naik turunnya kebahagiaan seseorang.

Akibat dari Berlarut dalam Kesedihan

Terlalu larut dalam kesedihan itu sangat tidak baik. Ada banyak akibat yang dapat ditimbulkan dari kebiasan ini, apa sajakah itu?

  1. Kesedihan tanpa sebab.
  2. Khawatir selalu.
  3. Suasana hati cepat berubah.
  4. Gangguan pola tidur yang dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes, jantung, stroke, dll.
  5. Depresi, adalah setres atau tekanan yang terus menerus terakumulasi selama 6 bulan dan yang dapat mendiagnosa seseorang mengalami depresi adalah psikiater atau psikolog dengan observasi selama 6 bulan.
  6. Gangguan kecemasan.
  7. Gangguan makan.

Menumbuhkan Kebiasaan Baik untuk Lebih Bahagia

Akhirnya kita sampai pada puncak acara webinar zoom ini yaitu tips agar lebih bahagia. Materi ini adalah yang ditunggu-tunggu. Tidak perlu berlama-lama langsung saja ini dia tips agar lebih bahagia.

1. Relakan Masa Lalu

Jika punya masa lalu yang kurang membahagiakan kita harus mulai menyadari bahwa masa lalu tersebut tidak bisa diubah. Akui kesalahan dan minta maaflah, hal ini akan membuat kita lebih bahagia. Kalau bahasa Jawa nya adalah legowo.

2. Kelilingi Diri dengan Orang-orang Positive Vibes

Cari orang yang memiliki energi positif. Jika sudah menemukannya lebih dekatkan diri dengan mereka agar kita juga ikut memiliki energi positif. Jika kalian merasa berada di sekitar orang dengan energi negatif, mulai jauhi pelan-pelan namun tetap harus menjaga baik tali silaturahmi.

3. Me Time

Luangkan waktu untuk diri sendiri adalah tips yang ketiga. Tidak perlu dengan hal-hal besar. Cukup dengarkan isi hati kita ingin apa. Misal beli cimol atau sesekali ingin beli jajanan Korea, yang penting bisa mmebuat kita lebih bahagia. Memperhatikan diri sendiri dan membuat diri sendiri bahagia juga sangat perlu.

4. Menyadari Bahwa Kita Tidak Sempurna dan Tidak Bisa Menjadi yang Sempurna

Kita harus sadar bahwa kita tidak bisa menjadi sempurna. Tidak bisa masak dan tidak bisa dandan bukan berarti bahwa kita tidak sempurna. Ingat bahwa dibalik kekurangan pasti ada kelebihan.

5. Dengarkan Suara Tubuh

Tubuh kita itu canggih, tubuh kita tau saat untuk beristirahat. Jika kalian merasa capek beristirahatlah. Tidur adalah investasi tubuh. Dan jangan pernah abaikan pesan dari dalam tubuh. Pesannya bagaimana? Mata berkantung, punggung terasa sakit, mudah mengantuk serta rambut yang rontok adalah pesan dari tubuh saat tubuh butuh istirahat.

6. Positive Talk

Berbaiklah pada diri sendiri. Kita tidak perlu pujian dari orang lain. Cukup puji diri sendiri akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Banyak tersenyum akan suasana hati meningkat.

7. Berdoa/ Meditasi

Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta juga akan memberikan kebahagiaan tersendiri untuk kita. Sholat lebih khusyuk, melaksankaan sholat malam, berdzikir akan memberikan ketentraman hati. Untuk kalian yang non Islam mungkin bisa dengan melakukan meditasi.

8. Kurangi Screen Time

Pencapaian orang sekitar akan menambah tekanan pada diri kita. Untuk itu, kurangi interaksi dengan orang-orang sekitar jika hal tersebut membuat kalian merasa kalian tidak bahagia. Jauhi sumber berita yang dapat membuat gangguan kecemasan. Unfollow akun-akun yang membuat pikiran bercabang kemana-mana.

9. Bergerak

Olahraga dan bergerak berdampak pada bertambahnya produksi hormon bahagia pada otak. Meskipun capek, olahraga dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan juga kebahagiaan kita. Terutama jika berolahraga di luar ruangan dan bertegur sapa dengan sinar matahari. Sinar matahari mengandung vitamin D yang dapat membunuh hormon setres.   

10. Lebih Banyak Bersyukur

Bersyukurlah untuk setiap halyang kita miliki. Bisa jadi hal yang telah kita punya adalah impian bagi beberapa orang. Jangan selalu melihat ke atas, sekali-kali kita harus melihat ke bawah agar kita tahu masih banyak orang yang kehidupannya tidak seenak kita.

11. Self Care

Merawat diri itu penting dan bagi sebagian orang kegiatan ini adalah bagian dari me time. Rawat diri sendiri, penuhi gizinya, penuhi tidurnya, penuhi vitaminnya terutama untuk kalian yang jarang terkena sinar matahari penting untuk mengkonsumsi vitamin D.

12. Lakukan Banyak Hobi

Lakukan apa yang membuat kalian lebih bahagia. Suka menulis, menulis lah. Suka memasak, memasak lah. Suka membaca buku, membaca lah.

13. Berpikir Positif

Selalu berpikir positif dan jangan selalu menyalahkan diri sendiri atas segala sesuatu yang terjadi. 

14. Keluar Rumah

Keluar rumah membuat kita lebih bahagia. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa vitamin D pada sinar matahari dapat membantu produksi hormon bahagia lebih banyak. Jalin silaturahmi dengan tetangga sekitar, dengan sanak saudara, dengan teman-teman. 

15. Menulis

Tulis apapun yang kalian rasakan. Tulis menggunakan pulpen dan buku. Menulis dengan tangan dapat mengaktifkan mata, tangan, indra penciuman. Apapun masalahnya tulislah, hal ini akan membuat hati menjadi lebih lega. 

Sampailah kita di penghujung tulisan tentang webinar zoom mental health wanita ini. Sudahkah kalian bahagia hari ini?

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.