koreanstuff.my.id

Bisnis Merchandise, Inspirasi Bisnis untuk KPopers

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Bisnis Merchandise, Inspirasi Bisnis untuk KPopers

Menjadi seorang pebisnis adalah impian bagi sebagian besar perempuan. Kenapa? Dari bisnis kita bisa bermanfaat untuk diri kita dan orang di sekitar kita. Banyak sekali pilihan bisnis. Salah satunya adalah dengan memulai bisnis merchandise. Terlebih jika kita adalah seorang KPopers! Bisa jadi peluang menjual printilan KPop. 

Sebagai seorang perempuan lajang yang belum menikah, aku kerap mendapat omongan gini “Jadi perempuan itu tidak harus punya pekerjaan yang mapan banget, toh nanti juga dibawa suami, hidup juga dibiayai suami.” Kalo menurut aku pribadi, opini dari mayoritas masyarakat kita ini benar dan salah.

Benar karena memang sebagai seorang perempuan kita adalah tanggung jawab dari seorang laki-laki. Namun, salah jika kita tidak dibebaskan dalam memilih pekerjaan sesuai passion kita. Apalagi jika kelak saat menikah, suami mengizinkan kita untuk bekerja. Namun dengan catatan kita tidak boleh meninggalkan kewajiban sebagai seorang istri. Nah, berbisnis merchandise yang bisa dilakukan dari rumah bisa jadi solusi.

Apa Itu Bisnis Merchandise?

Bisnis Merchandise, Inspirasi Bisnis untuk KPopers

Memulai bisnis merchandise KPop menjadi salah satu pilihan bisnis bagi ibu rumah tangga atau siapa saja yang ingin mencari pekerjaan sampingan. Pasar dari bisnis ini cukup menjanjikan dan tentunya bisa dilakukan dari rumah. Tapi, apa sih yang dimaksud dengan merchandise itu?

Merchandise adalah produk atau barang yang biasanya digunakan oleh suatu perusahaan atau pelaku bisnis untuk mempromosikan produk yang sedang ditawarkan. Contohnya saat menghadiri sebuah event atau saat membeli suatu produk, kita akan diberi merchandise sebagai hadiah gratis.

Merchandise dapat digunakan sebagai media promosi. Dan menariknya, merchandise dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran konsumen terhadap suatu merek. Contoh kecil, saat menghadiri event peluncuran produk A, kita diberi merchandise kipas tangan. Kita akan ingat sampai jangka waktu yang lumayan panjang atau bahkan akan ingat terus, jika kipas tersebut dari peluncuran produk A tersebut.

Apa Perbedaan Merchandise KPop dengan Merchandise Lain?

Bisnis Merchandise, Inspirasi Bisnis untuk KPopers

Merchandise KPop adalah pernak-pernik yang dijual kepada publik, khususnya fans, dengan tema yang biasanya disesuaikan dengan tema lagu. Biasanya dirilis bersamaan dengan lagu atau album baru. Ada juga merchandise yang dirilis tahunan tanpa harus menunggu comeback, seperti season greeting.

Tujuannya tetap sama dengan merchandise lain yakni sebagai salah satu media promosi. Apa yang dipromosikan? Nama grup juga lagu terbaru dari grup yang bersangkutan. Ada berbagai macam pernak-pernik KPop yang bisa kalian jadikan bisnis merchandise.

Merchandise KPop berbeda dengan merchandise-merchandise lain. Apa saja perbedaan tersebut?

1. Memiliki Beragam Versi

Hal pertama yang menjadi pembeda merchandise KPop dengan yang lain adalah memiliki banyak versi. Umumnya, agensi KPop merilis album dengan dua versi. Namun, sekarang banyak agensi yang merilis banyak versi untuk album artisnya.

Apa saja yang berbeda? Biasanya album artis Korea memakai setidaknya dua konsep, yaitu konsep cute dan dark. Umumnya, album terdiri dari CD dan album foto, namun sekarang kalian dapat memilih jenis lain. Ada Kihno, jewel case, digipack, dan lain-lain.

2. Memiliki Komposisi Album yang Beragam

CD dan album foto adalah dua dari berbagai komposisi album di dunia KPop. Masih ada banyak lagi komposisi album yang dimiliki oleh artis KPop. Ada photocard, postcard, lyrics card, bookmark dan masih banyak lagi. Padahal biasanya, musisi selain KPop hanya memberikan CD dan lyrics card saja. Merchandise lain dijual terpisah. 

Namun, kalian tidak bisa memiliki berbagai printilan tersebut jika membeli versi Kihno, digipack dan jewel case. Kenapa? Isi dari ketiga album ini sangatlah unik. Album versi Kihno adalah album yang ditujukan untuk kalian yang ingin mendengarkan lagu secara digital.

Sedangkan versi jewel case adalah versi ringkas dari versi photobook. Album jewel case hanya terdiri dari CD dan booklet mini. Sedangkan untuk digipack, isinya sama dengan jewel case. Namun, lebih murah karena dimensi nya lebih kecil dan packaging-nya menggunakan kertas tebal.

3. Dirilis Hampir Setiap Ada Event

Bisnis merchandise KPop bukan hanya sekedar bisnis musiman saja yang hanya sebentar setelah itu tidak ada peluang lagi. Industri KPop terhitung industri yang ramai. Setiap tahun akan diadakan konser, dan setiap bulannya akan ada saja idol yang comeback. Otomatis mereka akan mengeluarkan album terbaru, sehingga banyak bertebaran peluang-peluang bisnis.

Belum lagi saat akhir tahun, akan banyak idol yang merilis album spesial winter. Seperti NCT 127 yang akan merilis winter special album bertajuk “Be There for Me” yang rilis pada 22 Desember mendatang.

Tidak hanya album, menjelang tahun baru biasanya para agensi hiburan Korea merilis season greeting untuk para artisnya. Season greeting berbentuk seperti photobook yang berisi foto-foto dengan konsep yang sudah dirancang sedemikian rupa. Tidak hanya berisi photobook saja, umumnya season greeting juga dilengkapi dengan kalender, photocard, dan lain-lain.

Bisnis Merchandise, Inspirasi Bisnis untuk KPopers
Source: X @na_lily_soo

4. Out of The Box

Tidak hanya album, lightstick, poster, photocard dan lainnya. Merchandise KPop juga bisa out of the box, lho. Seperti sedotan aluminium, sapu, gelas, puzzle, stationary clip dan barang-barang lain yang tentunya berguna bagi nusa dan bangsa, eaak. Bahkan pernah ada yang menjual penghapus bertajuk artis dari agensi terkait, dan ini official!

Agensi yang biasanya mengeluarkan merchandise unik ini adalah SM Entertainment. Ternyata, selain agensi yang menaungi EXO, ada juga artis lain yang mengeluarkan printilan 'nyeleneh'. Adalah boy group SEVENTEEN. Mereka mengeluarkan sogo yang merupakan alat musik tradisional asal Korea yang dimainkan dengan cara dipukul. Sogo mempunyai bentuk yang mirip dengan gendang versi mini. 

5. Unique Design

Hal terakhir, yang membedakan antara merchandise KPop dengan merchandise lain adalah desain nya yang unik. Sehingga kita sebagai pembeli tidak merasa rugi jika meminangnya. 

Tidak hanya unik, desain dari pernak-pernik KPop juga tidak jauh dari kesan estetik. Konsep yang diangkat pun tidak selalu sama di setiap launching merchandise terbaru. 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Merchandise?

Bisnis Merchandise, Inspirasi Bisnis untuk KPopers

1. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar adalah hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis. Baik bisnis merchandise sampai berbisnis jajanan pun harus mempelajari pasar terlebih dahulu. Meskipun kalian adalah seorang KPopers, tidak ada salahnya untuk melakukan riset pasar lebih dalam lagi. Dari riset pasar ini nantinya akan didapatkan siapa target pasar yang akan dibidik.

2. Pilihlah Produk Best Seller

Setelah melakukan riset pasar, langkah selanjutnya adalah memilih produk best seller. Dari riset yang telah dilakukan sebelumnya, kita bisa mendapatkan data-data produk apa saja yang paling banyak diminati oleh konsumen. Dengan memilih produk best seller, kesempatan untuk berkembang akan semakin besar.

Namun, ingat ya yang namanya persaingan bisnis itu nyata adanya.

3. Jangan Lupa Berinovasi

Seperti yang kita tau, bisnis KPop sudah menjamur dimana-mana. Jangan lupa untuk selalu berinovasi agar bisnis kalian tetap berdiri kokoh. Kalian bisa melakukan inovasi packaging yang lebih menarik, atau melakukan inovasi pelayanan.

4. Cari Trusted Supplier

Kita tidak mungkin bisa memproduksi semua produk yang kita jual, mengingat merchandise KPop memiliki banyak macam. Apalagi jika kita memutuskan untuk menjual beberapa jenis. Untuk itu carilah supplier yang dapat diandalkan dalam hal kerjasama.

Pastikan kualitas yang dimiliki baik dan ketersediaan stok dapat diandalkan. Oh iya, cari juga supplier yang bisa diajak bernego masalah harga supaya kalian tidak susah bersaing dengan seller lain.

5. Maksimalkan Promosi

Promosi adalah inti dari bisnis. Tanpa promosi kita tidak bisa dikenal. Blogger saja membutuhkan promosi agar dikenal. Manfaatkan semua platform baik online maupun offline untuk media promosi. Semakin gencar kita melakukan promosi, bisnis kita akan semakin dikenal.

6. Gabung dengan Komunitas

Memperluas networking juga menjadi salah satu kunci keberhasilan. Kalian bisa bergabung di komunitas-komunitas pecinta KPop. Dari sana, kalian bisa mempromosikan produk yang kalian punya.

7. Kelola Keuangan dengan Bijak

Mengelola keuangan juga menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu usaha. Catat semua pemasukan dan pengeluaran bisnis kalian. Dari catatan atau laporan keuangan tersebut, kalian bisa melakukan evaluasi terhadap bisnis yang kalian jalankan.

Wah, ternyata pernak-pernik KPop memiliki banyak macam, ya. Bagaimana, apa kalian tertarik untuk mendirikan bisnis merchandise yang punya peluang besar ini?

Sumber: filosoficantik.com, IDN Times, mediaini.com

Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

Posting Komentar