koreanstuff.my.id

Berapa Nominal Top Up DANA di Alfamart? Simak Disini!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Berapa Nominal Top Up Dana di Alfamart? Simak Disini!

Berbelanja menggunakan dompet digital sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat. Apalagi dengan banyak pilihan e-wallet yang ada di Indonesia, baik produk luar maupun dalam negeri. Salah satu dompet digital ciptaan anak bangsa yang sudah umum digunakan adalah DANA. Aku adalah salah satu penggunanya. Tapi, selama menggunakan aplikasi ini, aku punya satu pertanyaan “Berapa sih nominal top up Dana di Alfamart?” 

Selama ini aku top up dimana? Biasanya aku isi saldo pakai mobile banking. Lalu, kalau mau top up di Alfamart nominalnya berapa? Apa sama dengan transfer bank? Sebelum itu, kita kenalan dulu yuk dengan aplikasi biru ini. Check it out!

Berkenalan dengan Aplikasi DANA

Berapa Nominal Top Up Dana di Alfamart? Simak Disini!

Jangan buru-buru ngomongin nominal top up Dana di Alfamart dulu kalau belum kenal dengan e-wallet ini. “Tak kenal maka tak sayang”, begitulah kata pepatah. Kalau nggak kenal DANA, gimana mau pakai, ya ‘kan?

Dilansir dari website resmi DANA, aplikasi ini merupakan aplikasi dompet digital Indonesia yang didesain untuk menjadikan transaksi non tunai dan non kartu secara digital dapat berjalan cepat, praktis dan aman, baik online maupun offline.

DANA telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Bank Indonesia serta KOMINFO. Aplikasi biru ini juga memiliki empat lisensi, yaitu sebagai uang elektronik, kirim uang, dompet digital dan Likuiditas Keuangan Digital (LKD). Selain itu, DANA juga memiliki teknologi keamanan yang cukup canggih sehingga data dan transaksi kalian sebagai pengguna akan aman.

Keuntungan Memakai DANA

Tidak hanya sekedar aplikasi pembayaran saja, dengan menggunakan DANA kita bisa memperoleh banyak keuntungan, lho. Apa saja keuntungan dan manfaat yang bisa didapat dari memakai DANA?

Berapa Nominal Top Up DANA di Alfamart? Simak Disini!

1.     Jaminan Keamanan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, DANA telah diawasi langsung oleh BI dan KOMINFO. Selain itu, dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, DANA juga diawasi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, lho. Keamanan data dan transaksi pengguna juga terjamin berkat beberapa keamanan yang dimiliki oleh aplikasi yang didirikan pada tahun 2018 ini.

DANA memiliki teknologi DANA Protection, Risk Engine atau Fraud Detection Engine berbasis AI dan FACE Verification yang akan menjamin keamanan transaksi kalian. Teknologi ini telah memiliki Sertifikat ISO 27001 dan Sertifikat PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard). Dana juga menerapkan prinsip kebijakan zero-data sharing. Kebijakan ini berkaitan dengan Personal Identifiable Information (PII).

Namun, DANA tidak berada di bawah pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan beberapa keamanan diatas, rasanya kurang lengkap jika sebuah dompet digital tidak berada di bawah pengawasan OJK secara langsung. Apa akibatnya? Risiko kebobolan akan lebih tinggi. Seperti kasus yang ramai dibicarakan di sosial media X beberapa waktu lalu.

2.     Gratis Biaya Pendaftaran

Mendaftar sebagai pengguna DANA tidak dibutuhkan biaya sepeserpun, lho. Selain itu, DANA juga tidak menetapkan jumlah saldo minimum yang harus dimiliki oleh pengguna layaknya membuka rekening di bank.

Setelah mendaftar, kalian sudah memiliki akun reguler yang bisa dipakai untuk berbagai transaksi. Bahkan, tanpa upgrade ke DANA Premium pun tetap kalian tetap bisa melakukan transaksi disini .

3.     Kemudahan Pembayaran

Dengan memakai DANA, kalian akan diberikan berbagai kemudahan pembayaran. Syaratnya hanya satu, asalkan kalian punya saldo, hehe. Kalian bisa melakukan transaksi apapun disini. Mulai dari beli pulsa, listrik, air hingga bayar BPJS pun bisa. 

DANA juga telah bekerjasama dengan berbagai merchant. Seperti Bukalapak, Lazada, Alfamart dan Vidio. Aku salah satu pengguna Lazada dan DANA. Enaknya tuh dua akun ini dihubungkan, jadi saat mau bayar tinggal bayar aja nggak perlu repot-repot keluar masuk aplikasi buat bayar.  

Jika kalian bertemu dengan QRIS, sangat bisa kalian membayarnya melalui DANA. Mudah, bukan? Selain itu, dompet digital ini juga dapat menyimpan kartu debit dan kartu kredit, lho. Saat kita sudah memasukkan kartu debit/kredit, pembayaran pun lebih mudah meskipun saldo DANA tidak mencukupi. 

4.     Promo Bertebaran

Meskipun DANA adalah aplikasi dompet digital, aplikasi ini juga menawarkan berbagai promo yang bisa kalian nikmati layaknya menggunakan marketplace, seperti Shopee. Promo tersebut mulai dari cashback, potongan harga, hingga diskon. 

Aku pernah dapat potongan untuk pembelian pulsa. Sayangnya aku lupa berapa, huhu. Tapi, jujur saja, aku tidak terlalu paham bagaimana cara menikmati berbagai promo yang ada di DANA. Aku pun sudah terlalu malas untuk menguliknya.  

5.     DANA Premium

Sebenarnya, antara DANA reguler dan DANA premium tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh. Perbedaan tersebut terletak pada limit transaksi dan yang masuk. DANA Premium memiliki limit transaksi sebesar 20.000.000 setiap bulannya, sedangkan DANA Reguler hanya 2.000.000 saja. 

Sedangkan limit uang masuk untuk DANA Premium adalah 40.000.000. Dan DANA Reguler memiliki limit uang masuk sebesar 20.000.000. Cocok untuk transaksi bisnis, nih. 

6.     Fitur Nearby Me

Ingin cari rumah makan atau tempat belanja di sekitar kalian? Tenang, dengan fitur Nearby Me yang ditawarkan oleh DANA kalian bisa memanfaatkannya untuk mencari tempat tersebut. Fitur ini terbilang akurat dan telah dilengkapi dengan peta. 

7.     Jangkauan Luas

Aplikasi keuangan ini memiliki jangkauan yang luas. Mereka telah terintegrasi dengan banyak outlet, baik online maupun offline. Kalian bisa menggunakannya dimana saja, bahkan di bioskop pun bisa. 

8.     Tidak Perlu Membawa Uang Tunai Saat Bepergian

Dengan adanya e-wallet dan seluruh kemudahan yang ditawarkannya, kalian tidak perlu membawa uang tunai saat akan bepergian. Tapi, saranku kalian tetap perlu membawa sedikit uang untuk jaga-jaga jika tidak bisa transaksi digital. Mengingat, digitalisasi di Indonesia belum merata. Tidak semua tempat belanja telah memiliki teknologi yang memadai untuk mendukung digitalisasi.

9. Gratis Biaya Tarik Saldo

Kalian dapat menarik saldo dari akun DANA kalian secara gratis sebanyak 10 kali. Jika kuota tersebut telah habis, kalian akan dikenakan biaya admin sebesar 4.500 per transaksi. 

Nominal Top Up DANA di Alfamart

Wah, banyak ya ternyata keuntungan memakai DANA sebagai dompet digital. Lalu, berapa sih nominal top up DANA di Alfamart? Kalian bisa melakukan pengisian saldo gerai merah ini dengan batas minimal 50.000 dan batas maksimal pengisian saldo di Alfamart adalah 1.000.000.

Jika isi saldo dengan nominal dibawah 500.000, maka pengisian dapat dilakukan dengan kelipatan 50.000. Jika di atas 500.000, isi saldo bisa dilakukan dengan kelipatan 100.000.

Berapa adminnya? Pengisian saldo DANA di Alfamart tidak dikenakan biaya admin. Dengan syarat kalian masih memiliki kuota promo transaksi top up saldo. Mulai tanggal 1 Juni 2023, kalian akan diberikan 6 kali kuota promo, dan akan diperbarui kembali setiap awal bulan. Jika kuota promo tersebut telah habis, maka akan dikenakan biaya admin sebesar 500 rupiah yang akan dipotong dari saldo DANA yang kalian miliki.

Tips Aman Menggunakan Dompet Digital

Selain dompet konvensional yang rawan pencopetan, dompet digital pun bisa dicopet, lho. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh oknum-oknum tersebut untuk ‘mencopet’ dompet digital. Entah mengaku sebagai pihak e-wallet yang bersangkutan, bank atau aplikasi pembayaran online lainnya.

Aku pernah beberapa kali bertemu dengan modus penipuan ini di beberapa akun platform keuangan yang aku miliki. Alhamdulillah, sampai sekarang aku tidak terjebak oleh tipu daya mereka. Untuk menghindari penipuan-penipuan ini, aku punya tipsnya nih agar transaksi digital lebih aman dan nyaman. Apa saja?

Berapa Nominal Top Up DANA di Alfamart? Simak Disini!

1.     Rajin Ganti PIN

Tips aman bertransaksi digital yang pertama adalah rajin mengganti PIN e-wallet yang digunakan untuk transaksi. Sama seperti ATM yang harus memasukkan PIN terlebih dahulu, dompet digital pun begitu. Sebisa mungkin setiap 1 atau 2 bulan sekali, PIN harus diganti untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. 

2.     Keep Secret OTP Code

Kode OTP atau yang memiliki kepanjangan On Time Password adalah kode satu waktu yang digunakan untuk memastikan keamanan dan hanya berlaku beberapa menit saja. Kode OTP hanya untuk pengguna, jadi jangan berikan kepada siapapun. Bahkan pihak pengembang aplikasi sekalipun!

3.     Selalu Update Sistem Smartphone dan Aplikasi

Rajin update sistem smartphone maupun aplikasi memang menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Namun, hal ini juga membawa kebaikan untuk pengguna, lho. Dengan rajin meng-update sistem, kalian akan mendapatkan layanan keamanan versi terbaru. 

4.     Rahasiakan Informasi Pribadi

Informasi pribadi adalah salah satu hal yang harus dijaga ketat kerahasiaannya. Jangan berikan pada siapapun, terlebih lagi di dunia maya. Sebisa mungkin jangan upload nomor telepon, alamat rumah dan data pribadi lain ke sosmed. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

5.     Hubungi Customer Care Jika Ada yang Mencurigakan

Jika ada hal yang mencurigakan dari dompet digital yang sedang digunakan, kalian bisa langsung menghubungi customer service terkait. Agar hal tersebut segera teratasi dan tidak menimbulkan masalah lain. 

Beberapa tips di atas memang dianggap lumayan dapat mencegah kebobolan aku. Namun, yang namanya maling itu pintar dan mencari celah kelalaian dari korban. Tetap hati-hati saat bertransaksi digital, ya! 

Gimana, sudah tau kan nominal top up DANA di Alfamart itu berapa? Ternyata cukup mudah ya penggunaan aplikasi ini, fiturnya pun oke! 

Sumber: dana.id, harapanrakyat.com, Wikipedia

Filza Halwa
Terus bergerak dan berkarya.

Related Posts

Posting Komentar