Korean Stuff

Membangun Bisnis Hijab Brand Sendiri Bersama iPrint

Konten [Tampil]

 

Membangun Bisnis Hijab Brand Sendiri Bersama iPrint
Foto dari iprint.id

Memulai bisnis hijab brand sendiri adalah salah satu bisnis pakaian muslim yang cukup menjanjikan. Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk yang memeluk agama Islam. Banyak sekali para pelaku usaha fashion yang memanfaatkan hal ini.

Selain tidak membutuhkan modal sebesar bisnis gamis, hijab juga merupakan kebutuhan sehari-hari bagi wanita muslim layaknya manusia yang membutuhkan makanan. Bahkan hijab sekarang bisa menjadi pelengkap OOTD. Satu baju bisa dipakai untuk dua atau tiga hijab. Apalagi kalau baju yang dipakai polosan, pilihan hijabnya biasanya jatuh ke hijab printing yang punya berbagai macam motif. Karenanya, membuat brand hijab sendiri bisa menjadi salah satu ide bisnis yang menguntungkan.

Langkah Memulai Bisnis Hijab Brand Sendiri

Bagaimana sih memulai bisnis hijab brand sendiri? Ada beberapa langkah yang harus kalian tempuh untuk berhasil membangun brand hijab kalian sendiri. Karena sejatinya tidak ada yang instan di dunia ini. Apa saja langkahnya? Check it out

Membangun Bisnis Hijab Brand Sendiri Bersama iPrint
Desain dengan Canva

1.  Menentukan Target Pasar Atau Pangsa Pasar

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan membangun sebuah brand adalah menentukan pangsa pasar atau target dari pasar kita. Siapa yang akan kita bidik untuk membeli produk kita, juga siapa yang akan kita jadikan target promosi. Biasanya, pangsa pasar dibagi menjadi beberapa target. Salah satu pembagiannya berdasarkan umur, mau menargetkan kalangan remaja atau dewasa. 

2.  Lakukan Riset Pasar

Setelah tau siapa target dari brand kalian, langkah selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Mulai dari motif dan warna yang sedang trend hingga kain yang disukai oleh si target. Jika kalian menargetkan anak muda, carilah motif yang sesuai dengan karakter mereka. Begitupun jika target pasar kalian adalah kalangan dewasa.  

3.  Buat Brand-mu Sendiri

Selanjutnya adalah membuat merek atau brand dari usaha yang akan kalian bangun. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat nama. Pilihlah nama yang mudah diingat. Usahakan juga membuat merek yang memiliki makna, hal ini akan menjadi daya tarik dari merek kalian.

Nama sudah dipilih saatnya membuat logo. Bagaimana jika tidak punya keahlian dalam hal design? Sekarang ada banyak sekali aplikasi atau website yang bisa membantu kalian membuat logo. Contohnya adalah Canva. Aplikasi ini friendly untuk pemula. Aku beberapa kali membuat logo di aplikasi ini.

4.  Membuat Desain Hijab

Step keempat yang harus kalian lakukan adalah membuat desain untuk bisnis hijab brand sendiri yang akan kalian bangun. Kuncinya adalah ikuti trend motif yang sedang berlangsung. Tapi, jangan lupa untuk memodifikasinya agar hijab kalian dilirik banyak konsumen.

Ikuti terus perkembangan trend yang ada, dan jangan berhenti untuk berinovasi. Jangan lupa juga untuk membuat banyak motif agar pembeli tidak bosan dengan motif yang itu-itu saja, pilihan motif pun lebih banyak. Untuk membuat desain hijab, kalian bisa memanfaatkan aplikasi baik di handphone maupun PC.

5.  Memilih Jenis Kain yang Akan Dipakai

Desain oke, saatnya memilih bahan untuk membuat hijab printing. “Ada harga ada kualitas”, kata-kata ini berlaku dalam hal pemilihan kain. Semakin bagus kualitasnya, semakin nyaman dipakai, tentu harganya semakin oke.

Ada beberapa jenis kain yang biasa digunakan dalam produksi hijab. Diantaranya adalah,

  1. Voal, bahan yang umumnya digunakan sebagai bahan dasar hijab yang terbuat dari katun atau kapas. Kain ini memiliki karakteristik adem, menyerap keringat dan tidak mudah kusut.
  2. Satin, bahan yang memberikan kesan mewah dan elegan ketika dipakai karena memiliki warna dan tekstur yang mengkilap di bagian luar.
  3. Ceruti, adalah kain yang memiliki permukaan mirip seperti kulit jeruk namun halus saat disentuh. Kain ini memiliki karakteristik yang lembut, ringan dan elastis. Kain jenis ini tidak membuat pemakainya mudah gerah karena cukup tipis namun awet jika sering digunakan.  
  4. Corn skin, seperti namanya, kain jenis ini adalah kain dengan tekstur seperti kulit jagung. Karakteristik dari bahan ini adalah mudah diatur, tidak mudah kusut dan dapat menyesuaikan bentuk wajah. Sayangnya, kain jenis ini mudah mengkerut jika tersangkut jarum.
  5. Polycotton, adalah perpaduan dari polyester dan cotton atau katun. Bahan ini memiliki tekstur yang halus, rapat, fleksibel juga jatuh saat dipakai. Polycotton juga tidak membuat pemakainya mudah gerah.

6.  Siapkan Modal

Hal yang paling penting disiapkan saat membuat sebuah usaha adalah modal. Tanpa modal kita tidak bisa apa-apa!

Salah seorang dosen ku pernah berkata “Modal tidak hanya berbentuk harta, tapi otak juga modal untuk kalian.”

Bagaimana jika tidak punya uang banyak yang bisa dipakai untuk modal? Kalian bisa memulai usaha ini dalam skala kecil dulu. Mulailah dengan memasarkan produk secara online. Manfaatkan sosial media dan marketplace terkenal yang biasa digunakan untuk proses jual beli. Memulai bisnis online tidak membutuhkan biaya yang cukup besar, bahkan ada beberapa platform yang tidak memungut biaya alias gratis.

Jika kalian punya banyak modal, kalian bisa membuka offline store di tempat yang strategis. Tapi, jangan lupa untuk membuka online store dan memaksimalkan keduanya. Karena di jaman yang serba mudah ini banyak orang yang lebih memilih untuk belanja online

7.  Mulai Produksi Hijab Mu

Setelah semuanya sudah siap, bisnis hijab brand sendiri akhirnya siap dimulai! Pastikan kalian sudah belanja kain dan desain hijab sudah siap. Carilah jasa printing hijab yang bisa diajak kerjasama.

Kalian bisa memulainya dengan membuat sampel hijab. Buat beberapa lalu tawarkan ke pembeli. Istilahnya tes ombak. Jika ‘ramai’, kalian bisa lanjut produksi motif tersebut dalam jumlah yang lebih besar.

Tips Memilih Jasa Print Hijab

Memilih jasa print hijab untuk bisnis hijab brand sendiri yang akan kalian rintis tidak bisa sembarangan. Karena hal ini nantinya akan mempengaruhi kualitas dari produk yang kalian jual. Nah, aku punya tips memilih layanan print kain atau print hijab yang bisa kalian ajak kerjasama.

Membangun Bisnis Hijab Brand Sendiri Bersama iPrint

1.  Lihat Harga yang Ditawarkan

Harga adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Hal ini nantinya juga akan berpengaruh pada harga jual produk. Pilihlah jasa print kain yang memiliki harga yang cocok dengan kalian.

2.  Perhatikan Kualitas

Selain harga, kualitas adalah hal penting lainnya yang harus diperhatikan. Jangan tergiur dengan harga yang murah. Kembali lagi, ada harga ada kualitas. Cari jasa print hijab yang menawarkan harga bersahabat dengan kualitas yang juga bersahabat.

3.  Tanyakan Jumlah Minimal Order

Poin ketiga yang harus diperhatikan adalah jumlah minimal order yang ditetapkan oleh penyedia jasa. Tanyakan kepada pihak terkait berapa jumlah minimal order jika ingin menggunakan jasa mereka. Sesuaikan dengan kebutuhan kalian, ya.

Jangan lupa juga cari tahu apakah mereka bisa menerima pesanan dalam jumlah yang sedikit atau tidak. Tanyakan juga apakah mereka memberi potongan jika customer order dalam jumlah banyak. Jika pihak jasa memiliki kebijakan potongan harga, tentu saja hal ini akan menguntungkan kalian sebagai pemilik brand.

4.  Perhatikan Jenis Kain yang Ditawarkan

Selain bisa belanja kain sendiri, kalian juga bisa memakai kain yang sudah disediakan oleh pihak jasa. Pastikan jenis kain yang digunakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian. Jika bisa, cari jasa print kain yang tidak hanya melayani cetak kain untuk hijab saja.

Cari jasa cetak yang juga melayani print kain untuk kebutuhan lain. Seperti pouch, tote bag, taplak meja, dan lain-lain. Karena ini akan memudahkan kalian yang memiliki produk selain hijab. Contohnya owner KPop stuff yang memiliki bisnis KPop stuff sendiri yang biasanya menyediakan banyak produk. 

5.  Tanyakan Estimasi Waktu Pengerjaan

Estimasi waktu pengerjaan adalah satu dari hal lain yang juga harus diperhatikan. Cari penyedia jasa yang jelas dalam memberikan tenggat waktu pengerjaan juga pengiriman barang. Dengan begitu, kalian bisa dengan mudah mengatur manajemen waktu.

6.  Cari yang Menyediakan Layanan Desain

Meski kalian telah memiliki desain sendiri, akan lebih baik jika memilih jasa cetak kain yang juga menyediakan layanan desain. Dengan begitu kalian bisa berkonsultasi mengenai desain produk yang akan naik cetak. Kalian juga bisa diskusi mengenai desain yang sedang trend.

iPrint, Jasa Print Hijab untuk Brand-mu

Membangun Bisnis Hijab Brand Sendiri Bersama iPrint
Logo dari iprint.id

Memilih jasa cetak kain untuk bisnis hijab kalian tidak bisa sembarangan. iPrint, salah satu jasa print kain yang bisa kalian andalkan untuk mendukung bisnis hijab brand sendiri yang kalian bangun.

Berdiri sejak tahun 2015, iPrint merupakan perusahaan digital printing sublim yang berlokasi Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tidak hanya melayani sekitar Jakarta saja, iPrint juga melayani customer dari seluruh Indonesia. Tidak hanya melayani print kain, iPrint juga melayani jasa jahit kain.

Kenapa harus memilih iPrint?

  1. Menyediakan lebih dari 20 jenis kain.
  2. Melayani cetak kain, hijab printing dan custom T-Shirt.
  3. Belum punya desain sendiri? iPrint siap membuat desain untuk kalian.
  4. Bisa cetak desain sendiri.
  5. Jumlah minimal order 10 meter dan akan memberikan harga terbaik untuk customer yang order dalam jumlah besar.
  6. Hasil printing yang berkualitas karena menggunakan mesin cetak kain berkualitas.
  7. Menggunakan tinta yang aman bahkan untuk bayi baru kahir sekalipun. Tinta yang digunakan telah memperoleh sertifikasi OekoTex 100 class 1.

iPrint telah dipercaya oleh customer dari berbagai kalangan, mulai dari brand yang baru merintis, brand ternama, butik, hingga kalangan artis. Mereka juga telah memproduksi puluhan ribu jenis produk. Mulai dari hijab, pakaian, scarf, tas, pouch, sajadah, hadiah korporat, dan masih banyak lagi.

Untuk kalian yang baru saja merintis bisnis hijab printing, customer service iPrint siap berdiskusi untuk mewujudkan produk impian kalian. Dan untuk event organizer atau marketing agency, iPrint siap untuk membantu mewujudkan ide-ide kreatif kalian.

Kontak

  1. Instagram: iprint.id
  2. TikTok: @iprint.id
  3. Facebook: iPrint.id
  4. X / Twitter: iPrint_id
  5. Website: iprint.id
  6. WhatsApp: +62 819-3817-7168

Ternyata membangun bisnis hijab brand sendiri cukup menarik, ya? Jangan lupa gunakan jasa dari iPrint untuk mewujudkan ide unik kalian!

Sumber: iprint.id

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Mohon jangan tinggalkan link hidup, ya! Jika meninggalkan link hidup mohon maaf komentar akan kami hapus.